Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Beli Kacamata Online (Plus, Minus dan Silinder) yang Super Duper Murah Tapi Nggak Murahan

Beli Kacamata Minus Online

ARDINTORO |dot| COM - Siapa di antara Sobat yang pakai kacamata angkat tangan? Walah kok cuma saya sendiri yang angkat tangan wkwk. Kacamata adalah barang yang sangat penting khususnya bagi mereka yang matanya mengalami rabun, baik rabun jauh maupun dekat. Bahkan saking pentingnya setiap bangun tidur barang yang paling pertama di cari adalah kacamata 😅, benar nggak Sobat. Sedih ya, ternyata saya sudah berkacamata sejak di bangku SD, entah dulu awal mulaya gimana saya kurang begitu ingat, tapi tau-tau pas baca tulisan di papan tulis nggak terlalu jelas alias kabur.

Sejak saat itu saya mendapat panggilan tambahan “Profesor” sampai sekarang. Sebetulnya kurang nyaman sih dengan pangilan itu, tapi mau bagaimana sudah nasib untuk orang berkacamata hehe. Ini ceritanya kenapa saya sampai di pangil profesor “Jejak Profesor Cilik”, dari cerita itu mungkin bisa di ambil hikmah khususnya bagi para orang tua yang punya anak sekolah agar senantiasa memperhatikan tumbuh kembang anaknya.

Back to topic. Berawal dari beberapa waktu lalu ketika baru bangun tidur kacamata kesayangan terinjak dan frame nya patah sebelah. Entah lagi ngelamun apa, biasanya kacamata bila sudah nggak di pakai selalu saya taruh di meja, tapi kemaren lupa saya taruh di lantai dekat kaki al-hasil terinjak dan patah. Nyesek rasanya di tambah tanggal tua lagi hoho. Untuk mengakali itu, gagang framenya saya lem dengan Alteco. Tapi lama-kelamaan nggak nyaman di pakai karena bikin mata perih dan malu di lihat orang masak kacamata lem-leman.

Karena keterbatasan budget, saya mulai iseng cari frame kacamata yang bagus tapi murah secara online di Marketplace (Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan Lazada), di luar dugaan ternyata banyak sekali yang jual kacamata bermerek dengan harga yang lumayan murah. Sangat berbeda jauh dengan harga di optik-optik konvensional. Na di situ inti pembahasannya.

Akhirnya saya jatuh cinta dan memutuskan beli kacamata online di Marketplace. Just info: Frame kaca mata yang di jual secara online di Marketplace rata-rata KW alias tiruan super (Ada juga yang original), tapi tenag menurut saya masih cukup bagus kok. Bila Sobat ingin frame kacamata yang original tinggal di tambah sedikit duitnya.

Sebelum Sobat memutuskan beli kacamata online di Marketplace ada hal-hal yang perlu Sobat lakukan agar nggak salah, soalnya ini belinya online sekali salah susah untuk di kembalikan bila maksa di kembalikan pasti di tolak penjualnya, makanya simak tips berikut ini agar kacamata yang kita pesan bagus, nyaman dan ukuran lensanya sesuai dengan mata kita. 

Tips Pertama (Periksa Mata di Optik)

Beli Kacamata Minus Online
Agar nggak salah beli Sobat periksakan dulu matanya di optik terdekat agar tau ukuran lensanya. Pengalaman, saya kemaren melakukan pemeriksaan mata menyeluruh (Pakai komputer dan manual) di optik terdekat dan cukup bayar Rp 50.000, murah kan.

Sambil nunggu hasil pemeriksaan saya iseng nanya ke pekerjanya “Mas berapa sih harganya untuk ganti lensa Photochromic (lensa transisi adaptif bila kena sinar matahari lensa jadi hitam) mata kanan dan kiri minus 8?”. Ternyata cukup mahal harganya, untuk ganti lensanya saja sekitar Rp 700.000 an (dalam hati, duit segitu cukup untuk ganti frame dan lensa ini) maklum lah mungkin ini karena harga Papua jadi agak mahal, selain itu proses pengerjaannya juga nggak bisa cepat katanya, soalnya lensa harus di pesan dari Jawa, podo wae nek ngene.

Tips Kedua (Beli Kacamata Online di Marketplace)

Pilihlah optik atau toko di Marketplace yang terpercaya biasanya di tandai dengan ulasan pembeli yang positif dan banyak bintangnya. Kalau sudah di rasa cocok dengan frame yang akan kita beli jangan langsung melakukan pembayaran, tapi chat dulu dengan penjualnya tanya menyangkut ukuran lensa dan haraga lensa. Karena biasanya lensa minus, plus atau silinder ukuran di atas 5 biasanya memiliki harga tersendiri. Untuk menghindari penipuan jangan sekali-kali Sobat chat atau melakukan pembayaran di luar aplikasi Marketplace tersebut.

Lalu Mas Arif kemaren beli kacamata harganya berapa? Jadi kemaren saya beli kacamata di Shopee dengan rincian: Frame merek Tagheuer Rp 160.000, Lensa Photochromic (Minus 8 kanan kiri) Rp 250.000, Ongkir ke Timika Rp 164.000 jadi totalnya Rp 574.000 di tambah periksa mata minus di optik Rp 50.000 jadi bila di total semuanya Rp 624.000, cukup murah to Sobat dari pada beli di optik.

Saya termasuk orang yang semrono kalau urusan merawat kacamata, kalau membersihkan biasanya dengan kain sembarang, kadang tisu, kaos, taplak meja, horden atau apa saja, al-hasil baru beli beberapa bulan lensanya sudah banyak goresan. Makanya saya pakai kacamata yang harganya terjangkau saja, agar kalau sudah rusak banyak goresan tinggal buang dan beli yang baru hehe.
 
Tapi sekarang sudah berubah kok, saya sudah jadi anak yang rajin, selalu membersihkan kacamata wkwk. Tips merawat kacamata biar awet: (1). Harap simpan kacamata di tempatnya bila sudah nggak di pakai agar nggak terinjak, (2). Kalau membersihkan lensa gunakan lap bawaan dari toko atau optik bersangkutan (lap serat micro), (3). Basahi lensa saat mengelap mengunakan cairan pembersih lensa untuk membersihkan kotoran yang membandel dan menghilangkan jamur (4). Saat mengelap usahakan satu arah agar lensa nggak tergores.

Cukup sekian ya Sobat tips beli kacamata online dengan harga murah dari saya, kalau dari Sobat ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar, terimakasih.

8 comments for "Tips Beli Kacamata Online (Plus, Minus dan Silinder) yang Super Duper Murah Tapi Nggak Murahan"

  1. Saya juga pakai kacamata. Belum pernah sih patah gagangnya hehehe. Sekarang ini jadi punya dua kacamata karena tiga tahun sekali suami saya dapat jatah ganti kacamata dari kantor. Rugi kan alau cuma ganti lensa, skalian saja ganti baru. Nah frame dari kacamata lamanya saya pakai dengan diganti lensa. Mayan buat gonta-ganti :)
    Btw, markedplace apa marketplace ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantep Mbak berarti lebih irit klo gitu, nggak usah beli frame lagi

      Hio typo ternyata otw ganti hahah:)

      Delete
  2. aku tuh gak telaten pakai kacamata bacaku, sering patah, sering oecah kacanya. pernah pakai yang progresif ternyata gak bisa beradaptasi jadi pakai ayng konvensioanl, khusus baca saja. dan akhirnay beli yang murah jadi kalau patah atau pecah gak banyak buat gantinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hio kah BU,
      Sepertinya kurang lama pakainya, soalnya mata biasanya menentukan titik fokus, kalau saya biasanya seminggu baru nyaman hehe

      Delete
  3. Waaah tinggi juga yaa mas minusnya :O. Aku masih 3 sih kiri kanan, tambah silindris. tapi ini aja msh nakal makenya sesekali kacamata. Jujur memang ga suka pake, Krn aku ngerasa mukaku aneh kalo berkacamata hahahaha. Makanya itu kacamata cuma dipake kalo pas training kantor yg hrs melihat ke layar depan, ATO pas nonton bioskop, biar jelas liat muka pemainnya :D.

    Tp tetep aja aku ganti kacamata setahun sekali, jatah dr kantor suami :D. Sayang kalo ga dipake. Cuma sbnrnya aku LG nabung pengen LASIK mata aja, biar bebas kacamata .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hio sih Mbak, kadang bosan sekali pakai Kacamata apalagi kalau malam-malam pas hujan, tapi bagaimana lagi dari pada lihat nggak jelas hehe

      Kayaknya Lasik ya solusinya biar terbebas dari kacamata, tapi sepertinya lumayan biayanya.

      Delete

Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi. Bila berkomentar nggak sesuai dengan kebijakan Blogger maka nggak di terbitkan!
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
4. Happy Blogging 🙂.