Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ajaib! Inilah 5 Manfaat Jahe untuk Kesehatan | Salah Satunya untuk Mencegah Virus Corona

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

ARDINTORO |dot| COM - Di sekitar kita sebenarnya banyak sekali tanaman yang bisa di manfaatkan sebagai obat salah satunya adalah Jahe. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Zingiber officinale ini merupakan jenis tanaman herbal yang memiliki beragam manfaat, dengan ciri khas berbatang semu beralur dengan daun yang berwarna hijau dengan tinggi batang 40 sampai 50 cm. Jahe bisa Sobat manfaatkan sesuai dengan kebutuhan, misalnya: Daunnya untuk campuran sayur dan umbinya untuk menghangatkan badan, biasanya di buat wedang Jahe maupun saraba.

Di musim Pandemi Covid-19 ini Jahe bisa di manfaatkan sebagai imunomodulator yaitu berfungsi memperbaiki reaksi imunitas pada keadaan tubuh yang nggak seimbang. Kandungan pada Jahe (khususnya Jahe merah) adalah antiinflamasi yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh sehingga virus penyebab penyakit nggak bisa masuk ke dalam tubuh. Tapi perlu di ingat Jahe bukanlah obat Covid-19 tetapi lebih sebagai herbal yang bekerja meningkatkan kekebalan tubuh.

Dari hasil penelitian Latifah (1987) jurusan Farmasi UNPAD dapat di simpulkan bahwa, perasan rimpang Jahe memberikan efek yang nyata terhadap perpanjangan waktu efek reaksi. Semakin besar dosis yang di berikan maka semakin besar pula efek pengurangan sensitifikasi rasa sakit. Pemberian perasan rimpang Jahe (khususnya Jahe merah) antara 199,8 mg/kg dan 218,0 mg/kg bb mempunyai daya analgesik yang setara dengan daya analgesik asam salisilat 10 mg/kg bb. Jadi pantas bila rimpang Jahe biasa juga di sebut tumbuhan herbal ajaib.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan yang perlu Sobat ketahui, di ataranya:

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

(1). Untuk menyembuhkan Perut Mulas

Perut mulas biasanya di sebabkan dari makanan dan minuman yang nggak bersih. Selain itu makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi dengan bakteri dan virus bisa juga menyebabkan perut mules. Cara memgobati perus mulas dengan Jahe: Ambil 3 rimpang Jahe merah parut sampai halus dan peras ambil airnya. Air hasil perasan Jahe merah di minum 3 kali sehari dengan takaran 1 sendok makan. Ulangi langkah ini selama 3 hari atau sampai sembuh, sajikan dengan di campur madu lebih nikmat.

(2). Untuk melancarkan ASI

Beberapa penelitian menyebutkan Jahe adalah tanaman herbal yang mengandung senyawa laktogenik yang berfungsi meningkatkan dan menstimulasi produksi ASI. Jadi seorang ibu menyusui bila rutin mengkonsumsi Jahe maka produksi ASI akan meningkat. Cara mengunakan: Ambil 3 rimpang Jahe merah di parut sampai halus, di campur 1 gelas air, setelah itu rebus perasan Jahe sampai mendidih. Setelah dingin tambahkan 1 sendok madu dan minum 2 kali sehari pagi dan malam.

(3). Untuk meredakan nyeri Haid

Rutin mengkonsumsi perasan air Jahe bisa membantu mengurangi nyeri saat Menstruasi. Sebuah penelitian bahwa seorang wanita yang rutin mengkonsumsi Jahe dapat meredakan nyeri saat Haid, bahkan khasiat dari Jahe nggak berbeda jauh dengan obat ibuprofen dan asam mafenamat.

Untuk mendapatkan manfaat Jahe untuk meredakan nyeri Haid. Cobalah Sobat ambil 5 rimpang Jahe di parut sampai halus, parutan Jahe di campur 4 gelas air, Sobat rebus menjadi 3 gelas, selanjutnya biarkan sampai dingin dan minum 3 kali sehari. Minumlah selama 2 hari di masa awal masa menstruasi, efek Jahe pada perut di sebut mampu menenangkan dari nyeri.

(4). Obat Mual

Jahe merah sangat efektif untuk meredakan mual dan muntah khususnya untuk ibu hamil di pagi hari. Menurut sebuah penelitian yang melibatkan 1.278 wanita hamil, 1,1 sampai 1,5 gram mengkonsumsi Jahe dapat secara segnifikan mengurangi gejala mual. Meskipun jahe di anggap aman, sebaiknya bicarakan dengan dokter terlebih dahulu sebelum meminumnya bila dalam jumlah banyak.

Cara pengunaan: Ambil 5 rimpang Jahe merah dan memarkan. Selanjutnya campur dengan 1 buah jeruk nipis dan 2 gelas air, rebus kedua bahan tersebut menjadi 1 gelas. Biarkan sampai dingin dan campur dengan 2 sendok makan madu. Minumlah 2 kali sehari sampai mual dan muntah reda.

(5). Menurunkan Barat Badan

Bagi Sobat yang mengalami kegemukan atau obesitas nggak ada salahnya mengunakan Jahe untuk pelengkap diet. Sebuah laporan pada 2019 mengemukakan bahwa, seseorang yang rutin mengkonsumsi ekstak Jahe dapat mengecilkan lingkar pinggang pada penderita obesitas atau kegemukan.

Temuan selanjutnya hampir senada. Pada seorang wanita yang menderita obesitas bila rutin mengkonsumsi Jahe dapat menurunkan berat body mass index (BMI) dan level insulin darah pada level tertinginya yang biasanya sering di kaitkan dengan penyebab obesitas atau kegemukan.

Cara pengunaan: Ambil 4 rimpang Jahe dan tumbuk sampai memar, selanjutnya tambahkan 1 jari asam jawa. Campur kedua bahan tersebut dengan 2 gelas air, silahkan Sobat rebus sampai mendidih. Cara penyajian: Setelah dingin, saring air rebusan Jahe dan asam jawa tersebut dan di campur 2 sendok makan madu. Silakan minum 3 kali sehari, di minum dalam keadaan dingin lebih nikmat.
Referensi dan Sumber Gambar
  • Budi Setyo Wicaksono. 2007. Budi Daya Tanaman Obat. Jakarta: CV Karya mandiri Nusantara.
  • https://www.halodoc.com/
  • http://news.unair.ac.id/
  • https://metrosemarang.com/

3 comments for "Ajaib! Inilah 5 Manfaat Jahe untuk Kesehatan | Salah Satunya untuk Mencegah Virus Corona"

  1. Kalo buatku sendiri ,jahe itu paling ampuh utk ngurangin mules dan mual mas. Lgs anget berasa. Ntah lah dia beneran bisa atau ga utk ningkatin imun, tp Krn aku tahu khasiatnya baik, JD aku tetep minum utk anget2 di sore hari :D. Paling enak kalo udh dijadiin bandrek :D.

    ReplyDelete
  2. Wahhh nomer 5 ini idaman banget. Sepertinya perlu minum wedang jahe rutin sebagai bagian diet ni ya :D

    ReplyDelete
  3. Enak nih minum jahe hangat apalagi pas cuaca dingin. Tak cuma enak tapi berkhasiat juga

    ReplyDelete

Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi. Bila berkomentar nggak sesuai dengan kebijakan Blogger maka nggak di terbitkan!
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
4. Happy Blogging 🙂.