Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan
ARDINTORO |dot| COM - Bawang Merah adalah sebuah tanaman yang biasa di gunakan untuk bumbu masakan. Bumbu yang satu ini memiliki rasa gurih, sedap dan membuat masakan menjadi lezat. Hampir semua jenis masakan di Indonesia menggunakan bawang merah sebagai bumbu pelengkap. Taukah Kalian bawang merah bisa di manfaatkan sebagai obat lo? Bawang merah mengandung banyak zat yang berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Kandungan Kimia

Seperti halnya tanaman obat lain, bawang merah juga mengandung bahan kimia alami yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, misalnya antibiotik (lebih kuat dari penisilin), aeromisin dan asid karbrid (bahan yang bisa menambah vitalitas seksual), jalokatein (yang berfungsi membatasi kadar gula dalam darah dan mengembangkan insulin).

Selain itu bawang merah mengandung fosfar, zat besi, kalsium, karbohidrat, vitamin A, vitamin C dan zat untuk melancarkaan buang air, baik buang air besar maupun kecil. Zat-zat yang terkandung dalam bawang merah sangat di butuhkan tubuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Manfaat Bawang Merah

Beberapa manfaat bawang merah yang perlu Kalian ketahui. Dengan banyaknya zat atau kimia alami yang terkandung dalam bawang merah maka, bawang merah dapat kita manfaatkan.

Umbinya bermanfaat untuk:

  • Menghilangkan vitiligo
  • Meredakan alopecia (kebotakan).
  • Mengobati penyakit sistim penghadangan (dyspepsia), masuk angin, sembelit, mencret-mencret dan cacingan.
  • Sistim peredaran darah misalnya radang limpa, tekanan darah dan angina pectoris.
  • Sistim pembuangan misalnya kencing manis, radang prostad, lemah sahwat, encok dan ginjal.
  • Mengatur sistim pernafasan, mengobati mata bengkak dan iritasi pada selaput putih mata.

Cara Pemakaian

Setelah Kalian mengenal kandungan dan manfaat bawang merah. Berikut ini beberapa contoh cara pemakaian bawang merah sebagai obat.

Alopecia (kebotakan): Sediakan 5 siung bawang merah, kupas dan blender sampai halus, oleskan bawang merah yang di haluskan ke area rambut yang botak, oles 2 kali sehari pagi dan malam.

Masuk angin: Sediakan perasan bawang merah dan halba (sejenis tumbuhan yang bijinya di buat obat atau rempah-rempah) rebus dengan setengah gelas air lalu tambahkan madu dan di minum sekali sehari.

Sembelit: Siapkan 10 siung bawang merah yang sudah di haluskan dan satu gelas susu kemudian larutkan. Minum setiap pagi sampai sembelit hilang.

Mencret-mencret: Siapkan 10 siung bawang merah yang sudah di haluskan, biji kopi yang sudah di tumbuk, madu setengah gelas kecil kemudian aduk jadi satu dan di minum sekali sehari.

Efek Samping

Taukah kalian bawang merah mengandung zat asid karbrid yang dapat memedihkan mata dan hidung meler. Bila hal itu terjadi, cucilah tangan dengan air hangat yang di campur garam (asid ammonia).

Bawang merah mengandung banyak air dan zat lain yang menyebabkan migraine atau sakit kepala, penumpukan gas di perut yang menyebabkan kentut-kentut, membuat mata jadi kabur, selain itu terlalu banyak makan bawang merah mengakibatkan kulupan, merusak akal dan bau mulut. Akan tetapi semua efek samping akan hilang bila penyajian bawang merah di masak terlebih dahulu.



Referensi dan Sumber Gambar
  • Sopandi. 2009. Tanaman Obat Tradisional (Jilid I). Jakarta: PT Sarana Panca Karya Nusa.
  • Dalimartha, Setiawan. Atlas Tumbuhan Obat Indonesia. Unggaran: Trubus Agriwidya.
  • www.sulselsatu.com

2 comments for "Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan"

  1. wow ternyata banyak juga ya manfaat dari bawang merah ini, maka dari itu kalo masak apapun bawang merahnya suka aku banyakin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiiii berarti sama Mbak masak gunakan bawang menjadi budaya masyarakat kita.

      Delete

Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi. Bila berkomentar nggak sesuai dengan kebijakan Blogger maka nggak di terbitkan!
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
4. Happy Blogging 🙂.