Produktif VS Nonton Siapa yang Menjadi Juara?

Produktif VS Nonton Siapa yang Menjadi Juara?
Nggak terasa sudah sekitar 6 bulan kita hidup di tengah Pandemi, yang biasanya sehari-hari di isi dengan hal produktif seperti rutinitas kerja, namun belakangan ini berubah total sejak pasukan Covid-19 menyerang, itu yang saya rasakan! mungkin beberapa Sobat juga merasakannya.

Sekarang kita berada pada jaman dimana pagi-pagi sudah rebahan, ngopi sambil nonton hehe, na mau bikin apa? kerja juga belum berjalan normal. Keadaan ini yang membuat saya kalau jalan terasa berat, sepertinya ini sebuah indikasi bahwa berat badan kayaknya bertambah huhu, tambah kayak apem ini muka 😀, selain itu pembelian kuota internet pun membengkak nggak seperti biasanya.

Terus-terusan begini berbahaya, kita bisa terserang kangker alias kantong kering, untung masih ada kerja sampingan walau cuma rebahan masih ada penghasilan walaupun sedikit. Heeem nggak kebayang bagi Sobat yang sudah kena PHK atau di rumahkan karena Pandemi pasti lebih susah lagi, semoga pandemi ini cepat berlalu biar bisa hidup normal.

Ngomong-ngomong belakangan ini selama di rumah_aja saya merasa sedih, karena nggak bisa lagi fokus seperti dulu, dalam mengeluarkan unek-unek kadang terasa hambar bagai sayur tanpa garam #sedikit lebay 😅, yang biasanya bisa nulis seminggu satu kali, tapi belakangan ini kebiasaan itu mulai meredup kalah bersaing dengan yang namanya nonton.

Seperti beberapa waktu lalu pernah bertekat untuk nulis, sudah mempersiapkan semua peralatan, kebetulan ide nulis juga sudah ada di kepala, tinggal menuangkan ke tulisan, tapi tiba-tiba saya kembali tergoda untuk nonton dan akhirnya membuka youtube lagi haha. Entah sudah berapa puluh film yang pernah saya tonton di musim pandemi ini, dari Mandarin, Barat, Horror sampai film Percintaan yang bikin angota badan tegang 😂 huhu.

Selama di rumah_aja kita juga gampang mengalami stres dengan hal-hal sederhana yang mestinya itu suatu hal biasa misalnya: Saat mati lampu, Toilet mampet, Penanak nasi error dan masih banyak lagi. Seperti beberapa waktu lalu saat saya mau makan tiba-tiba nasi berbau kurang sedap. Lo lo lo lapo iki Magic com kok nggak seperti biasanya? Akhirnya nggak jadi makan dan terpaksa ganti baru, nyesek 😟.

Agar dapat Nonton tapi tetap bisa Produktif, ada hal-hal yang perlu Sobat lakukan, tips ini sudah saya praktekkan, misalnya:

Membuat Jadwal Nonton

Nonton di musim pandemi adalah sebuah kebutuhan menurut saya, karena dengan nonton bisa mengusir kebosanan selama di rumah_aja, tapi kalau nonton terlalu berlebihan maka membuat kita nggak bisa produktif, oleh sebab itu perlu membuat jadwal untuk nonton agar pekerjaan lain nggak terganggu dan terbengkalai.

Misalnya acara nonton di buat malam hari setelah semua pekerjaan rumah terselesaikan, dengan begitu maka nggak ada lagi pekerjaan terbengkalai dan nonton bisa ayem dan damai wkwk.

Carilah tontonan yang Mengedukasi

Di jaman ini tontonan sangat beragam, bila jaman dulu menonton cuma sebatas di TV, VCD, Layar tancap, tapi sekarang dengan kemajuan teknologi terdapat berbagai pilihan tontonan menarik misalnya yang paling populer, nonton di situs youtube atau situs-situs lain yang berbasis penayangan film.

Memilih tontonan jangan hanya cuma film, film dan film saja!. Harus juga di selingi dengan tontonan yang mendidik yang tentunya banyak membawa manfaat misalnya: Menonton untuk mengupdate pengetahuan, Membuat kita lebih bijaksana,  Menambah keimanan yang akan berdampak positif bagi kalangsungan hidup kita. Tontonan-tontonan itu misalnya: Tutorial beternak, Membuat desain grafis, Teknik bertani yang baik, Cara menjadi wiraswasta sukses atau melihat vidio-vidio ceramah Agama yang dapat membuat iman kita bertambah.

Mendahulukan Ibadah dari pada Nonton

Poin ini terlihat wagu dan terkadang di sepelekan banyak orang, padahal poin ini perkara yang super penting dan serius dari pada yang lain. Banyak orang saking asiknya nonton terus menunda-nunda ibadah misalnya  saat Sholat atau Pergi ke Majelis Taklim.

Perkara ini bisa menjadi fatal bila di abaikan, padahal Beribadah kepada Allah SWT adalah tolak ukur untuk keselamatan, baik ketika kita masih di dunia maupun kelak kalau sudah di akhirat, makanya dahulukan Ibadah dari pada Nonton.



Akhir kata, muncul sebuah pertanyaan. “Jadi siapa yang menjadi juara di musim pandemi ini, hidup produktif atau terbuai dengan  tontonan?”. Jawaban ada pada pribadi masing-masing, bila Sobat bisa mengatur waktu dengan baik Insaallah, “Hidup Produktif” bisa menjadi juara, tapi sebaliknya bila Sobat senang berleha-leha nggak memperdulikan waktu maka “Menonton” bisa menjadi penguasa di sendi-sendi kehidupan, yang membuat kita nggak bisa berprilaku produktif.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

26 Responses to "Produktif VS Nonton Siapa yang Menjadi Juara?"

  1. aku malah ajrang nonton, ngerjain hobi

    ReplyDelete
  2. Nonton pun bisa jadi bagian dari produktivitas jika dilakukan dengan bijak, ya

    ReplyDelete
  3. Saya malah hobi nonton film bioskop Trans TV dan kadang bikin reviewnya buat ngisi blog, he, he.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantep Mbak Yustini, pingin bikin juga tapi belum nemukan film yg cocok

      Delete
  4. saya nontonin youtube juga banyak selama stay at home ini kak, tapi saya nonton webinar hehehe, belajar bahasa baru, ikut kelas kuliah online hehehe, nonton tutorial masak, nonton bagaimana membuat DIY, nonton bagaimana public speaking yang baik, dan banyak lagi lainnya. jadi betul banget pilih nonton yang mengedukasi. kebetulan saya memang ga suka nonton film

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih keren, kalau ini sih diatasnya Produktif hehe

      Delete
  5. kalau saya lebih suka nontonnya di TV, kalau depan laptop/hp banyak godaannya malah, scroll medsos atau BW, hihihih.
    kalau depan TV malah bisa sambil beresin pekerjaan rumah (melipat) hihihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Na itu Mbak, kudu sabar dg godaan medsos h h h

      Delete
  6. Itu benar sekali kak, jangan lalai solat/ibadahnya karena sibuk nonton. Soalnya kan nonton ada tayang ulangnya, sedangkan ibadah nggak ya

    ReplyDelete
  7. Aku kalau banyak job nulis dikejar deadline, semangat 45. Giliran gak ada job, bad mood aja bawaan. Nonton lah akhirnya. Lumayan mood booster juga setelah nonton.

    ReplyDelete
  8. Saya mmg gak terlalu suka nonton. Apalagi drakoran karena takut lupa waktu. Tapi sejak masa pandemi ini ngeyutubnya malah lbh srg tp buat cari2 bahan belajar sih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Na itu Mbak awalnya sya juga kurang suka nonton, semenjak negara api menyerang (corona) jadi ketagihan nonton h h h

      Delete
  9. Betul Mas terlalu banyak nonton itu bahaya dan aku masih saja kebablasan. Hoho... Harus ada keseimbangan antara kegiatan rutin dan produktivitas walau di rumah saja ya, Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, kalau kerjaan utama selesai, kan tenang nontonya.

      Delete
  10. Emang jadi tantangan juga ya selama tinggal di rumah aja. Terlena dengan tontonan atau bisa tetap produktif. Ini juga tergantung pandai2nya kita mengatur waktu ya dan noted banget nih jangan sampai gara-gara keasyikan nonton sampai lupa ibadah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Na itu masalahnya Mbak, terkadang kalau lagi kumat malesnya, sukanya nonton.

      Delete
  11. Miris banget kok malah sebaliknya kalau sy :( sejak pandemi malah kayak nggak ada waktu santai. Mau nonton film pendek aja belum sempet2 karena anak sekolah online malah benar2 menguras tenaga.. Pikiran.. Dan emosi..hihi. tapi bisa banget abis nonton di-review di blog. Kalau kelar ngisi blog bonusnya bisa nonton lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan Mbak Muyas aja, banyak emak-emak yg selama di rumah aja ketepotan, itulah harus sabar,
      Emak-emak sabar di sayang suami h h h

      Delete
  12. Aku malah nggak susah buat nonton. Palingan ya waktu masak aja. Selebihnya susah. Ada projek yang harus diselesaikan, ada bayi yang butuh perhatian. Jadi ya mana sempat nonton. 🙈

    Aku nonton running mana seepisode aja bisa seminggu lho. 😆😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe malah bagus Mbak bisa Produktif, Semangat Mbak jadi emak-emak Profesional.

      Delete
  13. Saya banget ini. Menghilangkan jenuh dengan nonton film 😁

    ReplyDelete
  14. Beberapa bulan terakhor saya hobi nonton "Forensic Files" dari Netflix sambil makan siang, hihihi.
    Satu episode singkat sih, cuma 20 menit.
    Ini hiburan sekaligus edukasi menurutku karena aku jadi tahu lebih banyak tentang dunia kriminal dan forensik.
    Betapa canggihnya forensik itu. Beberapa kasus yang sudah ngendon berpuluh tahun bisa terselesaikan karena teknologi forensik.

    Juga tentang bukti.
    Bagaimana telitinya seorang pelaku, pasti ada saja bukti yang mampu menggiringnya.

    Setuju Mas Rudi.
    Pilihan ada di tangan kita sendiri.
    Mau produktif atau menonton?
    Tinggal pilih!

    Kalau aku sih, mau nonton dan namun tetap produktif, hihihi.

    ReplyDelete

Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini!, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi, bila berkomentar tidak sesuai dengan kebijakan Blogger maka tidak di terbitkan!.
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
4. Happy Blogging 🙂.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel