Ciplukan: Tumbuhan Semak yang Memiliki Beragam Manfaat

Buah Ciplukan
ARDINTORO |dot| COM - Dulu pasti Kalian sering sekali melihat dan bahkan pernah memakan buah ini, tetapi sekarang buah ini tergolong langka sampai dijual dengan harga tinggi. Jika di masa lalu kita dapat menikmati buah ini secara gratis dengan mencarinya di ladang, kebon dan sawah, sekarang sangat sulit untuk menemukan buah yang penuh khasiat ini.

Harga buah Ciplukan di Brunei Darussalam bisa mencapai 10 ribu per biji. Sementara di Jakarta harga buah ceplukan bernilai hingga 500 ribu per kilogram. Lalu apa saja manfaat dari buah yang satu ini? Mari kita simak bersama.

1. Membantu mengobati penyakit lupus

Ceplukan adalah salah satu tanaman obat yang sangat cocok untuk melengkapi terapi penyakit lupus. Penelitian dalam buah ceplukan (Physalis angulata L) sebagai terapi komplementer untuk pasien lupus atau odapus telah melewati uji klinis. Sekarang hasil penelitian ini telah memasuki tahap produksi dan telah terbukti secara klinis.

2. Perawatan luka

Tanaman ceplukan dapat mengobati luka, terutama luka terbuka yang terserang bakteri atau sering disebut borok. Khasiat antiinflamasi yang terkandung dalam daun ceplukan dapat membantu menyembuhkan luka. Caranya sangat mudah, cukup letakkan daun di area kulit yang terluka.

3. Mencerahkan kulit

Hari gini siapa sih yang nggak mau memiliki kulit yang cerah?. Ciplukan bisa mencerahkan kulit, karena buah ciplukan mengandung vitamin C yang cukup tinggi, bahkan lebih tinggi dari anggur. Buah ini dapat membantu kulit menjadi lebih cerah. Selain itu, bisa juga digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh.

4. Obat untuk diabetes mellitus

Diabetes adalah salah satu penyakit yang sering diderita oleh Masyarakat Indonesia. Dengan buah ciplukan bisa mengobati diabetes, karena ceplukan mengandung senyawa penetral racun yang dapat menghancurkan biang diabetes.

Caranya, ambil pohon ceplukan yang sudah berbuah beserta akarnya, bersihkan dan letakkan di bawah sinar matahari sampai layu, setelah itu direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih, minumlah rebusan pohon ciplukan 1 x sehari.

5. Menyembuhkan penyakit Paru-paru

Selain memiliki sifat penetral racun, ceplukan juga merupakan analgesik (analgesik) dan penggerak fungsi kelenjar (yang mengaktifkan fungsi kelenjar tubuh).

Itulah sebabnya mengkonsumsi ciplukan dapat membantu menyembuhkan sakit paru-paru, batuk rejan dan bronkitis (radang saluran udara).

Caranya ambil satu pohon ciplukan penuh terdiri dari buah, daun, batang dan akar. Cuci dan rebus dengan 3-5 gelas air hingga mendidih, setelah itu saring dan minum 3 kali sehari.
 
Itulah beberapa manfaat dari buah ciplukan untuk kesehatan. Bila Sobat ingin menambahkan manfaat lain dari buah ciplukan, silahkan menuliskanya di kolom komentar.

Post a Comment for "Ciplukan: Tumbuhan Semak yang Memiliki Beragam Manfaat"