Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Jurus Cara Menghilangkan Stres | Agar Tubuh Nggak Memble

Cara Menghilangkan Stres

ARDINTORO |dot| COM - Hidup dan masalah seperti dua mata uang yang nggak dapat dipisahkan. Orang yang masih hidup pasti mengalami masalah. Tapi taukan Kalian, masalah ternyata banyak manfaatnya lo? Masalah menjadikan seseorang menjadi dewasa, ulet, mandiri dan mampu berjuang menghadapi kerasnya hidup.

Namun, setiap orang memiliki masalah dengan kadar masing-masing, ada yang berat ada pula yang ringan. Sebuah masalah bila nggak di tangani dengan baik akan menyebabkan seseorang menjadi stres yang berujung kerugian, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Beberapa orang mengalami stres disebabkan hal-hal sederhana, misalnya stres saat kerjaan menumpuk, nggak ada duit, gebetan nggak balas chat, kehilangan barang kesayangan dan masih banyak lagi. Oleh karena itu perlu adanya kiat-kiat khusus agar kita terhindar dari stres.

Terkadang permasalahan itu sebenarnya sederhana dan sepele. Tetapi diri kita yang membuat ruwet, sehingga menyebabkan stres berkepanjangan. Seorang pujangga mengatakan “Agar nggak stres sederhanakan semua masalahmu, karena stres hanya masalah sudut pandang pikiran”. Untuk itu, di tulisan kali ini saya akan berbagi kiat sederhana cara menghilangkan stres, akibat hiruk-pikuknya dunia.

1. Mandi Besar

Mandi Menghilangkan Stres

Salah satu cara menghilangkan stres adalah dengan mandi. Metode ini sudah di terapkan nenek moyang kita sejak lama, orang jaman dulu bila menangani orang stres biasanya dengan dimandikan di sekujur tubuh pada malam hari, tentunya dengan di tambahkan doa dan wirit-wirit tertentu agar seseorang yang stres bisa pulih kembali.

Bila di tinjau dari segi kesehatan, mandi besar (junub) ternyata nyambung dan memang bisa mengurangi stres. Saat air di guyurkan dari ujung rambut sampai kaki menyebabkan tubuh rileks terutama otak, yang sebelumnya panas karena banyak masalah menjadi dingin karena terkena air. Jadi, bukan hanya selesai berhubungan intim saja yang harus mandi junub ya Sobat, di saat kita mengalami stres karena banyak masalah pun wajib mandi besar, agar kita terhindar dari stres hehe.

2. Jalan - Jalan

Cara Menghilangkan Stres

Jalan-jalan atau bahasa jawanya mlaku-mlaku juga salah satu metode untuk mengurangi stres. Sudah banyak orang melakukanya, ketika mendapati kebuntuan di kehidupan biasanya mereka beristirahat sejenak dan melakukan jalan-jalan. Banyak pilihan untuk kegiatan yang satu ini, bila Sobat hobi mengunjungi alam terbuka cobalah berhenti sejenak dari rutinitas kerja dan agendakan untuk piknik bersama angota keluarga, bisa ke pantai, hutan, gunung atau tempat asri lainnya, di jamain stres akan hilang dan keadaan tubuh kembali bergairah.

3. Membaca dan Menulis

Cara Menghilangkan Stres

Membaca dan menulis adalah metode penghilang stres favorit  saya. Alasannya simpel, karena metode ini nggak butuh ongkos alias gratis hehe. Jadi bila saya lagi dilanda stres tentang suatu hal biasanya saya alihkan untuk membaca ataupun menulis. Bacanya sih yang ringan-ringan misalnya artikel guyonan, lumayan menghibur lah.

Selain itu menulis juga cukup ampuh untuk menghilangkan stres menurut saya. Misalnya saat lagi gondok dengan sesuatu masalah, biasanya saya langsung nulis. Menuliskan unek-unek yang bergemuruh di otak. Setelah unek-unek tersalurkan biasanya perasaan jadi plong, stres pun minggat horeee. Ketika stres sudah hilang, biasanya saya membaca ulang tulisan itu dan jatuhnya pasti nguyu dewe, alias senyum sendiri hehe.

4. Membeli Barang Kesukaan

Cara Menghilangkan Stres

Yang keempat ini bikin khilaf dan kantong kering bila nggak terkontrol hehe, jadi harus hati-hati ya Sobat. Salah satu hobi saya itu mengoleksi barang unik dan antik, misalnya: Akar bahar, gelang sisik penyu, cincin pirus, pisau etnik dll. Jadi ceritanya, bila tubuh lagi nggak baik-baik saja alias galau nggak jelas biasanya saya berburu barang-barang itu. Yaaa sekedar untuk mengalihkan perhatian agar stresnya ngilang. Terbukti manjur sih menurut saya, meskipun suka nyesal setelah beli, karena barang nggak ke pakai ketika stresnya sudah hilang.

5. Makan Enak

Cara Menghilangkan Stres

Saya pernah membaca sebuah artikel yang menceritakan kisah salah seorang pengusaha sukses tanah air. Beliau bercerita, bila lagi stres berat karena mengurusi banyak perusahaan, beliau biasanya pelesiran cari tempat makan enak favoritnya. Seperti ke Bali, Hongkong, Jepang dan Korea. Tempat menginapnya di hotel bintang 5. Menurut beliau kegiatan itu cukup ampuh menghilangkan stres.

Tapi metode ini kurang cocok bila di terapkan di kita-kita yang tingkat ekonomi masih menengah kebawah ini. Mungkin kalau untuk kita, bisa di ganti dengan cari makan di sekitar rumah, misal wartek, masakan padang, coto makasar, nasi boranan, gudek dll. Itu lebih cocok dan masuk akal karena kita masih misxuin hehe.

6. Berolahraga

Cara Menghilangkan Stres

Berolahraga adalah salah satu cara mengatasi stres yang sangat efektif, karena olahraga itu sendiri merupakan bentuk stres fisik tubuh. Jadi gampangannya gini Sobat, dengan kita membiasakan berolahraga, tubuh akan belajar beradaptasi dan terbiasa menghadapi stres fisik dengan baik.

Dengan adaptasi tersebut, maka tubuh Sobat lebih mudah beradaptasi dan bertahan menghadapi tekanan-tekanan di masa mendatang. Sebuah penelitian menyebutkan seseorang yang rutin berolahraga, seperti joging, bersepeda atau aerobik dapat menurunkan aktivitas saraf simpatik dan hypothalamic pituitary adrenal. Saraf ini berfungsi untuk merespon stres dan menimbulkan perubahan fungsi tubuh akibat stres. Jadi, bila Sobat di landa stres coba lakukan olahraga ringan secara teratur pasti stresnya hilang.

7. Curhat ke Tuhan

Cara Menghilangkan Stres

Sudah sepantasnya, kita manusia sebagai makhluk yang lemah kalau ada permasalahan sebaiknya langsung mengadu ke Tuhan. Di dalam agama saya (Islam) banyak ayat-ayat Al-Qur’an yang menerangkan hal itu. Bila kita menemui suatu kesulitan hidup sebaiknya langsung meminta pertolongan kepada Allah SWT, misalnya dengan bangun tengah malam untuk sholat tahajut, berzikir, berpuasa senin kamis, bersedekah dan masih banyak lagi.

Bila kita dekat dengan Tuhan maka hati menjadi tenang, dengan ketenangan hati itu semua persoalan menjadi mudah terpecahkan. Naaa jadi gitu Sobat, bila Kalian di landa kegalauan, stres dengan banyak persoalan, langsung saja menuju ke Tuhan berdoa dan berserah dirilah (tawakal), Insaalah masalah akan teratasi.

7 comments for "7 Jurus Cara Menghilangkan Stres | Agar Tubuh Nggak Memble"

  1. Bener bangeeet, stres kadang dipicu dari hal2 sepele. Tp dr hal2 sepele bisa jd besar kl kita nggak pinter2 kontrol. Boleh nih tips2 di atas dicoba☺

    ReplyDelete
  2. Curhat n nangis sama Tuhan emang paling plong, lanjut, tidur, makan, nonton atau jalan-jalan jadi lebih freshh heheh

    ReplyDelete
  3. Duh, saya jarang olahraga. Ternyata ini bisa meredam stress ya. Hehe ... Seringnya makan plus bawaannya pengen jalan-jalan. Kadang biar engga stress saya pilih tidur Kak, kalau udah lelah banget. Hehe

    ReplyDelete
  4. Selama masih hidup, mustahil lepas dari masalah. Mesti pintar-pintar menyikapi setiap masalah yang datang dalam hidup. Biar nggak nambah stres dan ambyar, yaa. Terutama di masa pandemi seperti ini, jalan-jalan memang dirindukan sekali, walau hanya keliling di sekitar rumah naik motor tanpa mampir-mampir. Sudah sangat menghibur :D

    ReplyDelete
  5. Wah baru tahu kak kalau mandi dapat menghilangkan stress, mungkin guyuran air juga mendinginkan kepala ya, noted kak

    ReplyDelete
  6. Masnya benar nih, ketika kita dihadapi masalah besar maka mental mau ga mau terlatih utk dewasa ya

    ReplyDelete
  7. Isinya saya mengerti dan setuju, karena beberapa diantaranya juga cara saya mengatasi stres. Tapi pada bagian judulnya saya tidak mengerti bagian kata memble.

    ReplyDelete

Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi. Bila berkomentar nggak sesuai dengan kebijakan Blogger maka nggak di terbitkan!
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
4. Happy Blogging 🙂.