Kiat Menjaga Kewarasan Diri

Cara Menghilangkan Stres
Sore itu, Parman berlarian di jalan sembari teriak-teriak sambil membawa sebatang kayu “Di mana istriku, di mana istriku!”. Mukanya hitam penuh lumpur dengan rambut kumal, sedang mendekati ibu-ibu yang lagi asik ngerumpi, untung saja ada pak Satpam yang kebetulan lewat jadi ikut menghalau si Parman.

Salah satu ibu bercerita, bahwa si parman ini dulunya ganteng, ramah dan sehat, tapi semenjak di tinggal istri dan anaknya kejiwaan Parpan jadi terganngu. Parman juga dulunya orang kaya usaha di bidang konfeksi maju pesat, tapi semenjak krisis moneter usaha yang di geluti Parman gulung tikar dan satu persatu orang dekat parman meninggalkannya termasuk istri dan anaknya, makanya Parman sekarang jadi stres, “Pungkas cerita salah satu ibu itu.

Dari pengalan cerita di atas dapat di simpulkan bahwa seseorang bisa sangat mudah untuk menjadi stres, gila dan sinting karena berbagai sebab, bisa karena masalah ekonomi, PHK sepihak, putus cinta, dll. Maka sebagai pribadi yang saat ini masih sehat akal harus senantiasa menjaga hati dan pikiran agar tetap santai di semua kondisi agar terhindar dari sakit jiwa.

Kita di anugrahi akal dan pikiran oleh Allah SWT untuk di jaga, di eman-eman agar nggak rusak, karena hakikatnya itu sebuah titipan yang suatu saat akan di mintai pertanggung jawaban.

Kadang merasa prihatin lihat fenomena di Masyarakat kita, kalau ada orang gila berkeliaran bukannya di tolong malah di ganggu, di bully, di olok-olok bahkan di mintai nomor togel heeem 😅, waduh ini siapa yang gila, masak orang waras minta nomor orang gila.

Untuk itu ada beberapa tips agar tubuh, akal dan pikiran kita tetap waras, terjaga, sehat serta terhindar dari stres, untuk itu silahkan di simak ya Sobat.

Mengkonsumsi Makanan Bergizi


Cara Menghilangkan Stres
Sering kita mendengar sebuah istilah “Mansana in corpore sano”, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Kesehatan pada tubuh adalah modal utama agar kita memiliki jiwa dan pikiran yang sehat sehingga kita bisa melakukan berbagai aktifitas misalnya: Bekerja, bermain, liburan dll. Bahkan untuk bisa tidur nyenyak butuh tubuh dan jiwa yang sehat.

Itu menandakan bahwa memiliki tubuh yang sehat adalah suatu hal yang sangat penting yang harus di miliki setiap orang. Untuk bisa memiliki tubuh dan jiwa yang sehat salah satunya dengan mengkonsumsi makanan bergizi.

Makanan itu misalnya: Daging dan ikan yang banyak mengandung protein sangat baik untuk kecerdasan dan daya ingat di masa pertumbuhan, Sayur dan buah-buahan untuk menjaga imunitas agar nggak gampang sakit, Makanan yang mengandung karbohidrat (Nasi, jagung, umbi-umbian, sagu) untuk tenaga agar kita kuat dalam bekerja, beribadah dll.



Berolahraga Secara Teratur


Cara Menghilangkan Stres
Berolahraga juga salah satu cara untuk menekan tingkat stres, sebuah penelitian menerangkan bahwa berolahraga secara teratur memiliki efek psikologis yang dapat  mengurangi depresi dan meningkatkan kemampuan dalam mengatasi stres.

Berolahraga itu bisa dengan bersepeda, joging atau olahraga lain yang ringan yang nggak menyebabkan kecapekan pada tubuh. Olahraga yang sering saya lakukan misalnya bersepeda selain murah bersepeda juga bisa sebagai sarana menikmati suasana alam untuk mengurangi stres setelah kerja seharian.

Selain itu bersepeda juga sangat baik lo untuk kesehatan tubuh, terbukti setelah saya bersepeda biasanya tidur jadi nyenyak dan bangun pagi sudah dalam keadaan segar dan tubuh terasa bugar.

Merasa Cukup dan Bersukur


Cara Menghilangkan Stres
Merasa berkekurangan adalah salah satu penyebab seseorang bisa menjadi stres dan gila. Banyak kasus kita jumpai di Masyarakat, orang yang tiba-tiba stres bahkan gila, karena masalah ekonomi.

Terkadang seseorang kurang bersukur dengan pribadinya, selalu melihat keatas (orang yang lebih kaya) sehingga selalu merasa berkekurangan padahal masih banyak yang lebih susah dari dia.

Oleh sebab itu bersukur adalah kuncinya, bersukur atas semua nikmat yang di berikan Allah SWT karena menjadi kaya adalah ujian, miskin juga ujian mau nggak mau harus kita jalani dengan iklas, agar kita terhindar dari setres bahkan gila.

Liburan


Cara Menghilangkan Stres
Liburan merupakan salah satu cara agar kita terhindar dari stres setelah menjalani rutinitas padat dalam bekerja, karena liburan identik dengan perasaan senang, semangat dan bahagiya.

Ada banyak macam liburan yang dapat kita pilih, kalau bisa liburan harus di sesuaikan dengan karakter pribadi masing-masing agar bisa efektif mengusir stres, misalnya orang dengan kepribadian pendiam bisa liburan dengan cara memancing karena mancing nggak melibatkan orang banyak. Orang dengan kepribadian glamor bisa dengan cara pergi ke Mall, pantai, taman bermain, kebun binatang dll, karena tempat-tempat itu biasanya ramai dan banyak di kunjungi orang.

Dikutip dari majalah Forbes (majalah bisnis dan finansial Amerika serikat) bahwa liburan sangat baik untuk kesehatan mental, meningkatkan kebahagiaan dan penghilang stres.

Senada dengan itu menurut Dr. Tamara Greenberg (ahli psikolog klinis yang berbasis di San Fransisko) menurut beliau tekanan pekerjaan dan tuntutan sehari-hari dapat mengalihkan kita dari yang kita anggap menarik dan bermakna, jadi beristirahat dari keramaian dan hiruk pikuk sangat penting untuk pikiran agar bisa rileks dan mengembalikan mood.

Senantiasa Beribadah dan Berdoa Kepada Allah SWT


Cara Menghilangkan Stres
Beribadah dan berdoa adalah salah satu hal yang juga sangat penting untuk di lakukan, setiap manusia apalagi kita yang hanya makhluk lemah, tentunya sangat mudah mengalami stres, terkadang hal-hal yang sepele dapat menyebabkan stres berkepajangan  misalnya: Belum gajian stres, nggak bisa tidur stres, anak rewel stres, sakit gigi stres dan masih banyak lagi contohnya.

Oleh sebab itu beribadah dan berdoa bisa menjadi perisai dalam mengatasi stres, sebagai makhluk yang lemah manusia butuh sandaran. Sandaran kepada Dzat Yang Maha Kuat, Dzat Pemurah dan Penyayang (Allah SWT) yang senantiasa memberikan solusi dan jalan keluar di setiap permasalahan sehingga kita bisa terhindar dari stres.

Dikutip dari sebuah buku yang berjudul "Pelatihan Sholat Khusyuk", karya Abu Sangkan: “Islam menempatkan Dzat Yang Maha Mutlak sebagai puncak tujuan ruhani, sandaran istirahatnya jiwa, sumber hidup, sumber kekuatan dan sumber mencari inspirasi. Ketika Shalat, ruhani bergerak menuju Dzat Yang Maha Mutlak. Pikiran terlepas dari keadaan riil dan panca indra melepaskan diri dari segala macam keruwetan peristiwa di sekitarnya”.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

44 Responses to "Kiat Menjaga Kewarasan Diri"

  1. Makasih tipsnya sangat bermanfaat, betul banget selain makanan sehat, olahraga,liburan juga emang penting banget buat refresh otak apalagi setelah kerja lembur bagai quda hehe.,tapi btw aku kadang masih suka ngeluh kayaknya harus lebih bersyukur lagi yaa dan banyak2 mendekatkan diri sama yang maha Kuasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya Ngeluh sih manusiawi Bun, tapi klo berlebihan bisa berbahaya hehe

      Delete
  2. Tipsnya sangat bermanfaat. Tapi satu yang sampai saat ini sulit saya lakukan, olahraga 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah harus bisa konsisten klo yg satu tu mah, biar sehat Sob
      Terkadang olahraga sering di sepelekan pdahal itu penting lo 🤭

      Delete
  3. Sepakat bgt sama tips di atas sih. Makan makanan bergizi harus, olhraga juga wajib apalagi lg ada pandemi ini jd rajin berjemur. Trus kl liburan juga perlu bgt, sygnya kepending karena kororo. Huhu
    Bersyukur dan berdoa menurutku paling penting diantara tips2 di atas. Hhh

    ReplyDelete
  4. Tulisan pembukanya keren, jadi ingin baca sampai bawah. Saya kira isi tulisannya akan jadi renungan spirutual atau kaitannya dengan wabah yang bikin stres orang-orang sekarang ini. Tapi tips nya memang bermanfaat. Saya jadi teringat kapan terakhir olahraga. Tetap semangat berkarya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha Jebakan Batman :)
      Harus banyak bersabar Mbak semua orang sekarang mengalami, semoga Pandemi ini cepat berakhir.

      Delete
  5. untuk saat ini yang tidak bisa dilakukan di rumah hanya liburan hehehe... setuju sih, bersyukur dan merasa cukup itu penting banget. biar hati ayem, awak tentrem, korona ora gelem :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha hia Mbak setuju, disaat suasana seperti sekarang ini harus banyak2 bersukur, masih di kasih sehat walapun kattong sudah mulai tipis :)

      Delete
  6. Poin terakhir buat saya paling penting, Mbak. Menjaga kewarasan itu dengan lebih menndekatkan diri pada Allah. Bisa melalui sholat atau memperpanjang doa. Insya Allah pikiran negatif segera sirna. Apalagi ditambah zikir setiap saat. :)

    ReplyDelete
  7. Mansana in corpore sano, dari dulu yang teringat dari kata-kata ini adalah iklan 😅. Ternyata maknanya dalam juga. Semoga epidemi ini bisa segera berlalu, jadi bisa liburan lagi alias mudik. Nice share mas arif 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hia Mbak sama-sama,
      Pandemi ini memang membuat semua serba susah, harus banyak bersabar :)

      Delete
  8. Ups, kaget saya lihat foto pertama. Kirain, salah alamat...

    "Mansana in corpore sano" membuatku mendadak ingat zaman sekolah dulu karena ungkapan ini sering banget diucapkan, terutama saat pelajaran olahraga, salah satu mata pelajaran yang kusukai.

    ReplyDelete
  9. Duh, kasihan masak suami baru susah malah ditinggalin sekalian. Memang ada gula ada semut, gulanya habis, semutnya bubar. Salah satu yang paling bisa menolong untuk menjaga kesehatan mental adalah dekat dengan Tuhan, bersyukur dan minta supaya Tuhan mengirimkan orang-orang yang dapat mendukung kita, bukannya malah mengolok-olok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang relitanya begini Mbak, banyak kasus perceraian karena masalah Ekonomi :)
      Terimakasih sudah ikut berkomentar.

      Delete
  10. Intinya kita jangan lupa untuk mengatur keseimbangan pikiran dan aktivitas, ya ..

    ReplyDelete
  11. Makasih tipsnya Kak, memang menjaga kesehatan mental di jaman sekarang ini jadi tantangan tersendiri, semuanya harus diperhatikan, mulai dari asupan makanan, aktivitas fisik hingga faktor ruhaniyah, semuanya berpengaruh banget ke kondisi jiwa dan pikiran kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hia Mbak, harus di jaga dan di eman-eman,kalau sudah sakit kasian diri kita dan keluarga :)

      Delete
  12. Setuju banget kalau berdoa dan beribadah penting buat menjaga kewarasan. Apalagi, masa-masa seperti sekarang. Bawaanya parno. Makanya, tiap enggak enak hati, mending buat beribadah saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Mbak, mungkin ini juga pengingan dari Yang Maha Kuasa agar kita selalu taat Perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya :)

      Delete
  13. Diawal baca kukira masnya mau nulis cerpen. KAsihan ya mas Parman itu, ibarat kata sudha jatuh tertimpa tangga. Saat usahanya jatuh dia malah ditinggalkan. Padahal seyogyanya orang-orang terdekatnya harusnya menolong, paling tidak mungkin menguatkannya untuk tetap bangkit. Tapi inilah hidup. Hati orang tidak ada yang tahu ya.

    dua hal yang disampaikan di artikel di atas yaitu beribadah kepada Allah dan selalu merasa cukup dan bersyukur, hal itu merupakan benteng yang kuat dari dalam. Jika kita rapuh, kembali saja kepada Allah. Niscaya Dia akan memberi jalan, meski terkadang kita merasa jalan keluar yang Dia berikan bukan jalan yang kita suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Realita kehidupan Si Parman Wkwkwk. Yang penting jangan di contoh Mbak, karena menjadi kaya dan miski adalah jalan hidup harus di Sukuri, semua orang kepingin menjadi sukses tapi kalau sudah takdir mau di apa :)

      Hia Mbak setiap orang kalau bisa merasa cukup dan bersukur, sudah selesai pasti bisa menjalani hidup dengan riang gembira, tapi ya susah kayaknya hehe

      Delete
  14. Wew, saya Kira bakalan baca cerpen. Seru juga pendahuluannya. Kalau ngomongin Teknik menghilangkan stres, saya paling suka tips yg "liburan". Meski akan hilang tuh stres. Kalau berolahraga dg sepeda, sy agak sulit juga krn lingkungan suka pada lihatin org yg bersepeda padahal sepadaan Kan Salah satu olahraga ya. Sy setuju dg sepedaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuek aja Mbak yg penting dapat sehatnya, Bersepeda itu asik lo hehe

      Delete
  15. Setuju. Tapi yang utama dari semua itu adalah bersyukur. Ya, rasa syukur atas semua karunia yang sudah diterima.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hio Ibu bersukur Kuncinya agar bisa terntram.

      Delete
  16. Stress kadang dari pikiran, bisa karena ada masalah pribadi juga. Kadang kalau udah nikah bisa kompleks juga masalahnya. Memang paling ampuh sih bersyukur sama melepaskan harapan. Trims sharingnya, Kak Arif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantep ibu, Memang Bersukur kuncinya menyelesaikan segala problem h h h

      Delete
  17. Perbanyak bersyukur insyallah bahagia.
    Aku mempraktikan ini dan alamdulillah stres bisa dikelola.

    ReplyDelete
  18. Semua poin bener banget. Etapi liburan nunggu badai C19 berlalu ya mas. Huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. h h h, Liburan cari tempat yg sepi Bu biar aman dari Corona :)

      Delete
  19. Cara mejaga kewarasan dengan cara memperkuat spiritual : bersyukur dan senantiasa berdoa kepada Tuhan YME saya kira cara yang paling utama. Ternyata cara yang berhubungan dengan ragawi juga perlu ya. Mungkin mas arif bisa memasukkan salah satu cara ke dalam list, yaitu berkumpul bersama kawan/sahabat/keluarga, lebih ke interaksi, seperti itu... karena rasa kesepian juga bisa menyebabkan depresi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas masukkanya Mbak, kyaknya poin itu terlewat, memang bener berkumpul dengan keluarga, teman dan sahabat kadang bisa menghilangkan stres :)

      Delete
  20. sejujurnya, yang paling ampuh buatku adalah ibadah dan zikir hehehe entah kenapa, selalu langsung merasa bersyukur dan langsung turun tekanan bathin nya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah Mbak, berarti berada di jalur jang bener hehe

      Delete
  21. olahraga teratur, ini nih yang masih sulit, hiiikss.
    kalau liburan cukuplah disyukuri bisa berkumpul dengan keluarga, seperti sekarang ini bisa bersama terus itu anggaplah juga liburan *biar tetap waras :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus di sempetkan Mbak olahraga-nya minimal seminggu sekali biar ada pergerakan hehe

      Delete
  22. Ternyata banyak juga hal yang bisa bikin orang mengalami gangguan jiwa yah untuk itu menjaga kesehatan jiwa ini juga penting ya bukan cuma fisik saja yang perlu diperhatikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hia Mbak salah satunya ketengangan jiwa, agar nggak mudah stres :)

      Delete

Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini!, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi, bila berkomentar tidak sesuai dengan kebijakan Blogger maka tidak di terbitkan!.
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
4. Happy Blogging 🙂.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel