(Teknik Dasar SEO) Cara Cek DA dan PA pada Blog atau Website

(Teknik Dasar SEO) Cara Cek DA dan PA pada Blog atau Website
Hello Sobat seluruh Indonesia, bagaimana kabarnya hari ini apa masih baik?. Di tengah pandemi Covid-19 yang semakin menghawatirkan, apalagi di saat pembatasan aktifitas (Social distancing) gini pasti semua serba terbatas ya?. Heeem tetap bersabar ya Sob 😐. Pasti kita dapat melalui hari-hari sulit ini dengan baik.


Di pembahasan kali ini masih seputar dunia blogging. Kalau Kalian baru terjun di dunia blogger pasti lagi bersemangat untuk menulus, ya tidak?, kalau iya, berarti sama dengan saya sewaktu pertama kali nge-blog, rasanya rajin sekali nulis sehari bisa satu artikel, tapi dengan berjalannya waktu semua seakan memudar, males, bahkan blog sampai terbengkalai tidak terurus hehe πŸ˜… itu sudah biasa.


Apakah nge-blog hanya melulu nulis? nulis dan nulis? dan Kalian ingin artikel bisa nang-kring di halaman pertama pencarian Google, tanpa mencari referensi lain atau tidak mau belajar ilmu lain, kalau ia? berarti nggak bener itu Sob!, bisa-bisa Kalian capek sendiri tanpa hasil maksimal dan tulisanmu terlupakan tidak ada yang baca.

Untuk itu Kalian harus belajar tentang SEO (Search Engine Optimization) apa itu SEO?. SEO bisa di artikan sebuah cara pengoptimalan blog atau website agar masuk dalam daftar halaman 1 (Peringkat 1) di pencarian Google, jadi blog Kalian akan memiliki pengunjung organik atau alami yang banyak di setiap harinya.

Sekedar informasi di tahun 2014 lalu perusahaan raksasa Google membuat pengumuman yang membuat geger di kalangan pemerhati SEO yaitu Google tidak lagi mengunakan PageRank untuk menentukan peringkat SEO, yang artinya bila blog atau website Sobat masih mengunakan PageRank sebagai acuan menaikkan peringkat di Google berarti selamat tingal, pasti tidak akan lagi di lirik mesin pencari Google, untuk itu perlu di perbaharui.

Untuk itu yang menjadi acuan peringkat SEO pada blog atau website saat ini adalah DA  dan PA. DA
(Domain Authority) dan PA (Page Authority) menjadi standart untuk menentukan suatu blog atau website apakah sudah berkualitas atau tidak, jadi semakin tinggi nilai DA dan PA maka semakin bagus pula suatu blog atau website tersebut.


Pengertian DA (Domain Authority)


DA atau Domain Authority adalah suatu acuan bagi mesin pencari atau Search engine dalam memberikan peringkat bagi suatu blog atau website. Yang menilai besar kecilnya DA adalah MOZ, dalam memberikan peringkat MOZ biasanya berpatokan pada 3 hal yaitu:

1. Usia Domain


Sebuah blog atau website yang sudah berumur tua maka otomatis nilai DA-nya akan tinggi tetapi dengan catatan Kalian harus selalu meng-update artikel atau konten-konten berkualitas di blog atau website Sobat. Sebab Google memberikan nilai tinggi pada DA bagi mereka yang konsiten update artikel berkualitas.

2. Popularitas Domain

Bukan hanya artis yang butuh popularitas domain atau url juga sama, namun pada domain popularitas di lihat dari banyaknya link yang masuk melalui situs-situs berkualitas misalnya: kompas.com, linkedin.com, academia.edu dll. Link yang masuk menuju blog atau website Kalian biasa di sebut inboud link atau lebih akrapnya backlink.

Cara mendapatkan backlink adalah dengan menambahkan sebuah link yang di pasang pada suatu blog atau website yang mengarah ke halaman blog atau website Kalian.

3. Ukuran Domain

Ukuran domain bisa di lihat dari banyaknya konten berkualutas yang sudah Kalian bikin atau publish artinya semakin banyak Kalian membuat artikel berkualitas maka semakin besar pula nanti nilai DA Kalian.

Bila ketiga poin di atas sudah Kalian optimalkan maka mesin pencari atau Search engine khususnya dari Google akan memberikan sekor nilai pada DA (Domain Authority) juga pasti akan maksimal.


Pengertian PA (Page Authority)


Page authority
(PA) adalah sebuah penilain yang di lakukan oleh MOZ yang menilai seberapa berkualitasnya suatu halaman blog atau website. Gampangannya gini deh Sobat bila DA (Domain authority) adalah sebuah rumah maka PA (Page authority) adalah kamar beserta perabotannya (untuk mendapatkan sekor nilai PA cukup mudah), jadi keduanya merupakan satu kesatuan yang tidak bisa di pisahkan, tetapi biasanya skor nilai DA lebih rendah dari PA dari suatu blog atau website seperti blog saya ini.


Cara Mengecek DA dan PA


Bila Kalian ingin mengecek DA maupun PA pada blog atau website sekarang cukup mudah, Kalian cukup mengunjungi beberapa halaman website penyedia layanan pengecekan DA maupun PA di antaranya: 



Silahkan Kalian ikuti tutorial pengecekan DA maupun PA berikut ini. Saya mencontohkan dengan menggunakan website pada nomor 1 "websiteseochecer.com" silahkan ikuti tahap demi tahap agar berhasil.

# Langkah Pertama. Silahkan Kalian masuk di website
websiteseochecer.com nanti tampilanya begini.

(Teknik Dasar SEO) Cara Cek DA dan PA pada Blog atau Website

# Langkah Kedua. Setelah masuk pada halaman websiteseochecer.com tunggu sampai halaman terbuka, lalu masukkan url domain Kalian untuk mengecek skor DA dan PA. Setelah itu Kalian pilih atau centang “I’m not a robot”, setelah itu klik Check, lihat gambar di bawah ini.

(Teknik Dasar SEO) Cara Cek DA dan PA pada Blog atau Website

# Langkah Ketiga. Silahkan lihat hasilnya DA dan PA yang ada di dalam tabel. Di sini saya mencontohkan url domain saya https://ardintoro.com/ ternyata mendapat skor nilai DA 6 dan PA 23. Heeem njom-plang perbandingan skor nilainyaπŸ˜•, pengaruh males update artikel ini πŸ˜….

(Teknik Dasar SEO) Cara Cek DA dan PA pada Blog atau Website

Selain mengunakan halaman website yang saya contohkan di atas, Sobat juga bisa mengunakan website yang lain, tinggal Kalian klik saja link pada tabel nomor 2, 3, 4 atau 5 pada tabel di atas. Ternyata mudah ya dalam mengecek DA maupun PA suatu blog atau website, selamat mencoba.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "(Teknik Dasar SEO) Cara Cek DA dan PA pada Blog atau Website"

Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini!, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi, bila berkomentar tidak sesuai dengan kebijakan Blogger maka tidak di terbitkan!.
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
4. Happy Blogging πŸ™‚.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel