Gowes Hobi Baru yang Menyenangkan dan Bikin Sehat

Gowes Hobi Baru yang Menyenangkan dan Bikin Sehat
Pikiran itu selalu molah-maleh (ber-ubah-ubah) yup ini yang tengah saya rasakan dan mungkin teman-teman di rumah juga merasakannya, terkadang seminggu suka ini, seminggu berikutnya suka itu. Hal ini wajar karena memang Manusia itu di ciptakan dengan rasa bosan, makanya bila bosan melanda jangan lupa piknik 😅.

"Mansana in carpore sano". Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Balik ke leptop sesuai dengan judul di atas, awal mula saya memiliki hobi olahraga karena sebuah keprihatinan yang mendalam, sempat kaget beberapa waktu lalu saat naik di timbangan GLODAK ternyata berat badan mencapai 60 kg lewat padahal dulu rata-rata 55 kg piye iki?, dan ngerinya di bagian perut terlihat membuncit, kayaknya ini problem zaman now alias banyak orang yang mengalaminya.

Karena keadaan itulah saya mulai menyukai olahraga. Olahraga yang sering saya lakukan adalah jogging. Jogging saya anggap efektif menurunkan berat badan karena ketika kita jogging seluruh tubuh bergerak yang akan membakar lemak berlebih, di tandai dengan banyaknya keringat keluar.

Tapi ahir-ahir ini entah kenapa setelah 3 bulan tidak melakukan rutinitas jogging, ketika kembali mengawali jogging kaki terasa linu khususnya di bagian mata kaki, mungkin karena kembali dari awal kali ya? entahlah, pokoknya kalau sekarang saya jogging kaki terasa sakit besoknya njarem  semua.

Na piye iki perut sudah membuncit tapi kaki nggak mau bersahabat untuk jogging, ini yang saya bilang bahwa segala sesuatu selalu molah-maleh, kasus yang saya alami ini contohnya.

Beberapa waktu lalu saya melihat postingan teman  di medsos yang lagi gowes sepeda, lo baru kepikiran kayaknya seru kalau gowes sepeda di Timika karena pemandangannya lumayan bagus dan olah raga ini tidak terlalu bikin capek, yowis budalkan 😂.

Saya pun mencoba untuk gowes barangkali olahraga ini bisa menjadi hobi baru menggantikan jogging, ndi-lalah setelah beberapa kali gowes saya jatuh cinta pada pandangan pertama, ternyata enak juga bersepeda itu, maklum terakhir kali bersepeda di jaman SMP atau SMA berarti sudah sekitar 10 tahun yang lalu, semacam ada nostalgia gitu.

Hal yang membuat saya jatuh cinta pada olahraga ini adalah gowes tidak terlalu menguras tenaga, jangkauanya luas (bisa keliling kota) dari pada jogging yang cuma beberapa kilo saja dan sambil bisa cuci mata  saat gowes hehe. 

Gowes Hobi Baru yang Menyenangkan dan Bikin Sehat
Ngaso sejenak sambil minum
Bayangkan sobat bekerja seminggu ful tanpa liburan, kita bisa stres, dengan bersepeda alias gowes keliling kota, sudah lumayan untuk mengurangi rasa stres akut dan bikin sehat pula.

Rutinitas ini saya lakukan seminggu sekali biasanya di hari sabtu sore atau minggu pagi karena di jam-jam itu orang ramai bersepeda, ya minimal 2 jam lah dalam 1 minggu alokasi wajib untuk berolahraga. Alhamdullilah sekarang sudah menunjukkan hasil, biasanya bangun tidur tubuh terasa sakit-sakit sekarang terasa enakan dan perutku setelah saya sinteng-sinteng kok ya mendingan agak mengempas sedikit 😅wkwkwk, hore perutku langsing lagi.

Na piye to sobat hurong laku soale kok perut sudah nyemlok bin buncit, apa kata dunia, makanya harus merawat diri, inilah lika-likunya hidup 😃 hehe di jalani wae sing penting yakin sue-sue ae temok dewe dalane (di jalani saja lama-lama ketemu juga jalannya), kalau jodoh nggak kemana, ngomong opo koe Rip? kok malah curhat 😅 wkwkw tau ah gelap.

Rute favorit yang sering saya lalui, start dari rumah Pasar damai, selanjutnya menuju jalan Yos sudarso, Hasanudin, Budi utomo, belok ke kanan menuju jalan Cenderawasih dan di akhir menuju Airport Mozes kilangin (beristirahat) selanjutnya pulang kembali ke rumah.

Gowes Hobi Baru yang Menyenangkan dan Bikin Sehat
Rute 16,19 km (di tempuh 1 Jam 8 Menit)
Di pemberhentian terahir ini (Airport Mozes kilagin) yang saya suka karena suasananya masih alami dengan udara sejuk, karena bandara ini di kelilingi hutan tropis yang masih terjaga yang membuat pikiran jadi nyaman dan tentram.

Olahraga yang saya lakukan di sini
(Airport Mozes kilagin) biasanya: Sit up, Push up dan lari-lari kecil untuk memaksimalkan olahraga gowes saya agar lebih maksimal, sayang dong sudah curi-curi waktu untuk berolahraga tidak di manfaatkan dengan baik.

Mungkin sampai di sini ya sobat cerita saya tentang gowes, bila kalian memiliki problem yang sama seperti saya (obesitas) mulailah sekarang jangan di tunda-tunda untuk melakukan olah raga, dimulai dengan yang ringan-ringan dulu agar tubuh tidak kaget, karena jaman sekarang itu kesehatan sangat mahal, makanya mencegah lebih baik dari mengobati. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

15 Responses to "Gowes Hobi Baru yang Menyenangkan dan Bikin Sehat"

  1. Nice post! Terimakasih ya kang sudah berbagi pengalaman :)

    ReplyDelete
  2. Wah tambah ndut berarti makin bahagia to mas? Efek sui ga olah raga yo koyo ngono... Badan podo pegel linu..semangat mas supaya tambah langsing dan singset 😁.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu lha Mbak, dut di biarkan nanti jadi drum Glundong 😁 Pokok e Semngat.

      Delete
  3. wah gowes di papua sepertinya mantap ya gan ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hia gan Karena Tempatnya masih banyak Hutan jadi adem :)

      Delete
  4. wah memang sehat dan lebih ayik kalau bareng2 teman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hia Ibu Tira tapi sayangnya sulit mengkondisikan teman tuk ikut jadi Gowes sendiri

      Delete
  5. "Makanya kala bosan melanda jangan bosan piknik"
    Suka dengan kalimat ini. Setuju Pak!
    Saya perlu piknik nih, soalnya mulai bosan dengan rutinitas.

    ReplyDelete
  6. Saya juga suka gowes, apalagi pas ngeliat lalu lintas kota lagi pada kerja huehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah seninya Gowes Sob, tuk hiburan sekaligus olahraga :)

      Delete
  7. Keren amat mas ngegowes di Papua, pasti running disana juga enak ya, nggak terlalu kepanasan :)

    ReplyDelete
  8. Wah ngegowes, seru pastinya ya, ada map gowes ya pula, itu pakai aplikasi apa kak?

    ReplyDelete
  9. Gowes bikin sehat jiwa raga jadinya ya, Mas
    Yang penting sehat dulu, turun berat badan bonusnya. Semngat gowes ya...lain kali foto juga pemandangan yang bagus saat gowesnya, penasaran saya:)

    ReplyDelete

Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini!, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi, bila berkomentar tidak sesuai dengan kebijakan Blogger maka tidak di terbitkan!.
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
4. Happy Blogging 🙂.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel