Cara Mencari dan Memperbaiki Broken Link di Blog

Cara Mencari dan Memperbaiki Broken Link di Blog
Sesuatu bila di rawat dengan baik pasti hasilnya nggak mengecewakan, betul nggak Sobat?. Seperti halnya merawat tanaman, bila kita ingin hasil panen melimpah, yaaa harus di rawat!. Misalnya mencari bibit yang unggul, selalu menyiram secara rutin, menggunakan pupuk, menghilangkan hama serta membersihkan rumput liar yang mengganggu. Bila semua itu sudah di lakukan dengan baik Insaallah saat panen hasilnya melimpah sesuai dengan harapan.

Begitupun dengan blog agar kinerjanya tetap prima ya harus di rawat, misalnya: Rutin update artikel berkualitas, ngecek berkala kecepatan blog dan rajin bersih-bersih. Ndo memangnya blog bisa kotor? kok kudu di bersihkan?. Ya bisa Sob, salah satu ciri bila blog kotor adalah banyaknya broken link atau link error yang bila di biarkan akan menyebabkan kinerja blog menurun.

Apa sih dampaknya bila broken link di biarkan?. Banyak Sob dampaknya, di antaranya adalah nilai SS (Spam score) akan naik, bila di biarkan maka blog bisa di anggap spam atau sampah. Selain itu broken link juga membuat pengunjung blog merasa nggak nyaman bahkan kecewa, karena blog yang di kunjungi semestinya memberikan informasi yang di cari, tapi keluarnya malah halaman error 404 yang membuat pengunjung lari dari blog kita.

Sesuai yang kita bahas di atas, itulah tema pada pembahasan kali ini yaitu "Mencari dan memperbaiki broken link di blog". Ada banyak sebab broken link bisa muncul di blog kita, misalnya: Terjadi kesalahan penulisan link khususnya saat menulis mengunakan mode HTML, Laman atau blog sudah di hapus oleh pemilik, Terjadi perubahan nama link yang kita tautkan dll.

Lalu kapan sebaiknya Broken Link di bersihkan?. Broken link sebaiknya di bersihkan minimal sebulan sekali, agar nggak bikin capek, kalau kelamaan bisa numpuk link yang error. Seperti beberapa waktu lalu saat saya pertama kali tau cara cek broken link, di blog ini link yang error banyak sekali, sampai mata berkunang-kunang waktu membersihkan.


Cara Mencari atau Menemukan Broken Link

Dengan kemajuan teknologi sekarang untuk menemukan broken link cukup mudah, nggak perlu Sobat cari manual satu-satu 😅 tapi cukup masuk ke situs website yang menyediakan tool pencarian secara online, di sini yang menjadi langganan dan sering saya gunakan adalah "Online Broken Link Checker" tool di situs ini cukup bagus. Bila Sobat ingin mengunakannya ikuti langkah-langkah berukut ini.
  1. Pertama silahkan Sobat masuk di situs Online Broken Link Checke.  
  2. Langkah kedua silahkan masukkan link situs atau blog Kalian misalnya blog saya (www.ardintoro.com).
  3. Isi kotak Scurity code sesuai gambar yang tertera (Form ini untuk memverifikasi bahwa kita bukan BOT). 
  4. Kalian pilih opsi "Report all accurrences of each dead link (may be slower)". Dengan memilih opsi ini pencarian broken link lebih mendetail.
  5. Terakhir klik Fine broken link now!.
Setelah itu Kalian tinggal duduk manis menunggu, kalau ada stok kopi silahkan ngopi dulu 😅, lama nggak-nya proses scanning tergantung banyak sedikitnya artikel, jadi semakin banyak artikel, maka semakin lama proses scanning.

Tapi perlu di ingat ya Sobat, untuk mengecek broken link mengunakan "Online Broken Link Checker" itu di batasi maksimal 3.000 halaman. Jadi bila postingan halaman Sobat lebih dari itu maka harus mengunakan versi berbayar dari mereka.

Jika sudah selesai proses scanning maka akan seperti gambar di bawah ini, di tabel itu bisa kita lihat kalau di keterangan "Server response", ada bad host, 500, 404 dll. Berarti itu link mati atau broken link, itu yang harus Sobat hapus. 
Cara Mencari dan Memperbaiki Broken Link di Blog
Sedangkan di keterangan tabel "Page where foun", itu adalah keterangan detail, bila Sobat ingin mengetahui laman yang mengandung broken link silahkan klik URL sedangkan bila Sobat ingin melihat secara detail link yang error dalam bentuk kode HTML silahkan klik SRC. Setelah Kalian tau cara mencari broken link ini saatnya untuk memperbaikinya.

Cara Memperbaiki Broken Link

Untuk memperbaiki broken link nggak terlalu sulit, langkah pertama tinggal Kalian klik URL pada tabel untuk mengetahui posisi broken link berada. Cara ini lumayan cepat bila posisi link yang mati berada di komentar, kalau sudah dapat tinggal Sobat hapus (hapus permanen saja) link-nya.

Bila di rasa posisi broken link berada di dalam postingan, maka Sobat klik SRC dengan mengklik SRC Kalian akan di bawa ke tab baru berbentuk HTML yang berisi konten atau postingan yang mengandung broken link. Broken link yang terlihat otomatis di highligh atau di tandai dengan warna merah, jadi Kalian lebih mudah memperbaikinya.


Kesimpulan

Memperbaiki broken link di blog nggak terlalu sulit, tlaten dan teliti adalah kuncinya agar blog bisa bersih dari link error. Broken link sebaiknya di cek secara berkala, misalnya seminggu sekali agar link error nggak numpuk dan bikin berat di kemudian hari. 

Mungkin sampai di sini ya Sobat tutorial cara mencari dan memperbaiki broken link, bila Sobat masih bingung dan ingin bertanya silahkan tulis di kolom komentar atau bisa juga melalui email yang tertera di kontak blog ini. Terus semangat ya? lakukan kebaikan kecil di sekitar, agar lingkungan kita menjadi lebih baik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Cara Mencari dan Memperbaiki Broken Link di Blog"

  1. syukurnya cuma punya 4 broken link, jadi ga ribet hapusnya.

    kenapa ya di point 1 permalink Online Link Check menuju ke basmatifinder.dot blogspot dot com ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tu link di alihkan ke halaman safelink mas.

      Agar blog bisa ramah dg AdSense

      Delete

Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini!, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi, bila berkomentar tidak sesuai dengan kebijakan Blogger maka tidak di terbitkan!.
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
4. Happy Blogging 🙂.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel