5 Kesalahan Fatal yang Sering di Lakukan ABG saat Berada di Jalan

Kesalahan Fatal yang Sering di Lakukan ABG saat Berada di Jalan
ABG (Anak Baru Gede)
ARDINTORO |dot| COM - Ketika membuka kamus besar Bahasa Indonesia kita belum mendapati arti akronim dari kata ABG secara pasti. Meskipun demikian namun kata ABG sudah sangat akrap di telinga Masyarakat kita. Menurut kamus gaul rujukan dari google, akronim dari kata ABG adalah “Anak Baru Gede”. Penyebutan istilah ini di peruntukkan untuk anak yang menginjak usia dewasa (Remaja) kisaran di jenjang Pendidikan SMP maupun SMA.

Usia ABG adalah usia yang sangat labil, mereka lagi mencari jati diri dimana keberadaannya ingin di hargai, mereka sangat rentan terkontaminasi dengan keadaan lingkungan, bila lingkungannya baik maka dia akan baik dan sebaliknya bila lingkungannya rusak maka dia akan rusak.

Beberapa Riset (guayane rek riset jare hehe tenang Sobat biar agak berbobot dikit artikelnya) yang saya lakukan beberapa waktu lalu, saya menemukan ada beberapa kesalahan yang menurut saya fatal yang sering di lakukan ABG saat berada di jalan. Bila ini terus terulang bisa membahayakan hidupnya, hidup orang lain bahkan kehancuran Negara, lalu apa saja kesalahan-kesalahan mereka mari kita simak bersama.

1. Nggak pakai Helem saat Berkendara

Kesalahan Fatal yang Sering di Lakukan ABG saat Berada di Jalan
Nggak pakai Helem

Memakai Helem saat mengendarai kendaraan bermotor adalah wajib hukummnya, itu sesuai Peraturan Pemerintah dalam pasal 106 ayat (8) UU No. 22/2009 yang berbunnyi “Setiap Orang yang mengemudikan Sepeda Motor wajib mengenakan Helem yang memenuhi Setandar Nasional Indonesia (SNI)”.

Selain merupakan peraturan yang di buat oleh Pemerintah memakai helem juga memiliki fungsi yang sangat penting dan utama yaitu untuk keselamatan nyawa kita dan keluarga. (bila terjadi kecelakaan nggak menutup kemungkinan nyawa kita melayang karena kepala pecah terbentur oleh aspal atau benda keras lain karena nggak memakai helem).

Tetapi belakangan ini saya paling sering melihat anak-anak remaja alias ABG nggak memakai helem saat mengendarai sepeda motor di jalan, entah apa alasannya. Mungkin terpengaruh sinetron, biar terlihat gagah, gaul, keren? Atau justru ingin menunjukkan jati diri (inilah aku keren saat naik motor nggak pakai helem). Entahlah apa alasannya saya nggak tau. Pesan saya: Hae kamu!, hia kamu!, hiooo kamu sudah! yang ganteng dan cantik, generasi muda penerus bangsa, jangan lupa pakai helem ya…! Agar kamu selamat saat berkendara.

2. Menelpon dan SMS saat Mengendarai Motor

Kesalahan Fatal yang Sering di Lakukan ABG saat Berada di Jalan
Ber SMS ria di Atas Motor

Pemandangan ini sering kita jumpai di jala-jalan protocol, pemberhentian lampu merah, dll. Bila di amati secara jeli yang biasa nelpon maupun SMS adalah anak-anak remaja alias ABG (tetapi tanda kutip ya nggak semua) entah apa juga yang jadi alasanya. Mungkin biar terlihat sibuk, terlihat keren (mbokyo yo nek nelpon karo SMS minggir sek lo ndok ben aman, nyowo ora ono sing adol nok pasar hehe, yang nggak tau artinya liat google).

Padahal perilaku itu sangat berbahaya lo. Bisa saja dia terjatuh atau malah bertabrakan dengan pengendara lain karena kurang fokus, yang akan membahayakan nyawanya dan nyawa orang lain. Kalau ada ABG yang membaca artikel ini, masih melakukan hal itu. Hae kamu lontong eh salah, tolong! Berhentilah sayangi hidupmu dan hidup orang lain dengan nggak nelpon dan sms saat mengendarai motor.

3. Bonceng 3 saat Mengendarai Motor

Kesalahan Fatal yang Sering di Lakukan ABG saat Berada di Jalan
Gotik (Gonceng Tiga)

Ini juga salah satu kebiasaan anak muda alias ABG yang sering kita lihat dan jumpai saat di jalan, yaitu berboncengan 3 (bahasa gaulnya GOTIK), mirisnya kadang gabungan cewek, cowok. Ceweknya di tauh di tengah, depan dan belakang cowok hemm. Sobat bisa bayangkan apa yang terjadi (ane tutup mata aja dah nagak sanggup membayangkan)? Hehe.

Perilaku itu membuat persepsi di Masyarakat menjadi nggak baik. Karena masarakat kita (Indonesia) menganut adab ketimuran yang mengutamakan sopan santun di setiap perilaku dan dalam Agama (khususnya Islam) juga, sangat melarang keras umatnya bersentuhan dengan lawan jenis yang bukan mukrim, (dalam Islam hukumya Haram).

Alasan lain berboncengan 3 juga sangat berbahaya. Berbahaya bagi dirinya dan berbahaya bagi pengendara lain, karena motor kelebihan muatan, rawan oleng. Motor nggak terkendali ahirnya terjadi lakalantas (Kecelakaan lalu lintas). Ada yang masih melakukanya, tolong berhenti ya! Itu nggak baik.

4. Nggak pakai Mantel atau Rengkot saat Hujan

Kesalahan Fatal yang Sering di Lakukan ABG saat Berada di Jalan
Nggak pakai Jas hujan

Nggak pakai Jas hujan. Perilaku ini juga paling sering kita liahat di jalan, anak muda alias ABG nggak memakai mantel atau rengkot saat hujan, tetapi Saya masih memaklumi kalau prilaku ini di lakukan. Bocoran hehe karena saat saya masih ABG juga sama melakukannya, tapi dulu ye Sobat sekarang sudah nggak. Alasan saya dulu klasik yaitu malu memakai mantel atau rengkot saat hujan. Karena terlihat nggak keren, seperti tukang ojek dll.

Padahal memakai mantel atau rengkot saat hujan itu penting lo, untuk melindungi tubuh saat hujan agar nggak basah. Fungsi lain juga agar tubuh nggak sakit terkena hujan, ada yang masih melakukannya, nggak pakai mantel atau rengkot saat hujan hehe. Adik-adik ku yang masih ABG sayagi tubuhmu ya, agar nggak gampang sakit. Engkaulah harapan bangsa, oleh sebab itu bila hujan wajib memakai matel atau rengkot.

5. Bermesraan Dengan Pacar di Atas Motor

Kesalahan Fatal yang Sering di Lakukan ABG saat Berada di Jalan
Pemotor Mesra

Perilaku yang terahir ini bikin saya sakit!. Sakit-sakit-sakit bila melihatnya di jalan. Bagaimana nggak sakit, saya merasa di kalahkan, di kacungin oleh anak-anak ABG yang orang bilang masih bau kencur tapi mengalahkan orang dewasa seperti saya ini hehe. (Bercanda kok Sobat itu perbuatan nggak baik, dalam Agama Islam juga hukumnya haram dan dosa besar).

“Dunia milik kita berdua yang lain ngontrak”. Mungkin ungkapan kata-kata ini ada di benak meraka saat bermesraan di atas motor. Karana bila di amati, mereka melalukan hal itu di depan umum, banyak yang melihat, tetapi mereka nggak merasa malu, terkesan cuwek dan malah pamer. Perilaku ABG yang satu ini sering kita lihat di gang-gang, jalan umum maupun lampu merah. Ini juga nggak baik lo adik-adik ku yang masih ABG. Jalanmu masih panjang sekolah dulu yang bener, kerja setelah itu baru terserah mau bikin apa? Tapi kalau bisa jangan pacaran ya? Langsung aja di halalkan (menikah) agar lebih berkah.

Lima Poin yang saya jelaskan di atas adalah “Tanda Kutip”. Nggak semua ABG begitu, masih Buaaanyak anak muda alias ABG yang baik-baik. Bahkan saya pernah menjumpai di suatu Mesjid waktu Sholat Subuh. Yang membuka Mesjid, yang menjadi Muadzin, Iqomah bahkan Imam semua anak muda, dan masih banyak lagi contoh-contoh lain di luar sana. Sekian!.

13 comments for "5 Kesalahan Fatal yang Sering di Lakukan ABG saat Berada di Jalan"

  1. betul itu tambah satu lagi ngobrol antara dua motor yang berdekatan , duh suka sebel kok ya di jlan raya ya ngobrol di motor lagi yang beda motor

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhh hia Gan, ganggu pemandangan saja dan rawan kecelakaan bila ngobrol di jalan

      Delete
  2. Saya pernah tanya ke beberapa ABG kenapa mereka enggan pakai helm. Alasannya gak pengen rambutnya rusak. Duh, anak remajaaaa. Memang di usia mereka masih harus sering diingatkan

    ReplyDelete
  3. Eh tapi bermesraan diatas motor itu sweet kok, Gan. Hahaha. Sebuah romantisme tanpa harus mahal.

    ReplyDelete
  4. Xixixi bener banget ini kelakuan para remaja milenial (kebanyakan) walau gak semua. Tapi emak2 juga sering kok klo yg gak pake helm.

    ReplyDelete
  5. Jadi inget, teman suami yang meninggal dunia dijalan kesenggol emak2 yg telponan dimotor, jatuh ke kanan dan dilindes truk. bahaya sekali... makanya saya suka ngoceh2 kalau ngeliat orang nelpon or smsan saat berkendara karena bisa membahayakan orang lain

    ReplyDelete
  6. setuju dengan 5 poin diatas ditambah kalau mereka serempet mobil malah galakan mereka, jadinya bikin aku mau lindes aja >;<

    ReplyDelete
  7. Bukan cuma ABG saja sih ini, orang yang sudah gede pun masih kerap melakukan hal fatal seperti yang disebutkan di atas.

    ReplyDelete
  8. Yg ABG niru yang gede soalnya, mas #eeeh
    Kalo anakku selalu kuingetin terus

    ReplyDelete
  9. Betuuulll, sebenarnya itu semua membahayakan keselamatan diri mereka sendiri

    ReplyDelete
  10. Untung dulu saya pas ABG gak begitu. Walau cuma kedepan komplek aja. Wajib pake helm. Karena kan kita gatau apa yg akan terjadi nanti. Mencegah lebih baik dari pada mengobati

    ReplyDelete
  11. Paling sebel memang lihat ABG yg ndk ikut atur gini di jalanan, isshh, macam mereka saja yg punya jalan dan kalau terjadi sesuatu gak merepotkan orang lain, hufft.

    Eitsss. Tapi koq gambarnya hampir semua ABG cewek ya jadi model? Padahal ABG cowok jg sama aja lohh kelakuannya.

    ReplyDelete
  12. Nemu aja kak foto2nya. Haha,pasti foto asli kan itu? Emang susah banget dikasih tahuin paje helm yak.

    ReplyDelete

Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi. Bila berkomentar nggak sesuai dengan kebijakan Blogger maka nggak di terbitkan!
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
4. Happy Blogging 🙂.