Fenomena J.i.b.o.o.b.s Pada Remaja Muslim

Fenomena Jiboobs - Seiring Kemajuan teknologi yang semakin canggih, di ahir-ahir ini, banyak sekali memunculkan hal-hal baru di Masyarakat, khususnya masalah fashion atau gaya berpakain, kalau jaman dulu, orang berpakaian serba sangat sederhana paling kalau cewek muslim yang penting menutup aurat sudah beres!, kalau cowok pakai celana pendek dan kaos oblong dah jadi hehe, yaaa itu dulu :))) beda dengan sekarang? makanya muncul quote “Lain dulu lain sekarang dulu sederhana sekarang modis”, asek.

Bicara fashion pasti identik dengan cewek atau w-a-n-i-t-a, karena memang cewek merupakan konsumen tertinggi masalah itu, karena yaaa gitu dheh???, megutamakan penampilan (berdandan) dari pada hal lain hehe (maaf ye mbak cewek), beda dengan cowok atau laki-laki  kalau mereka berpenampilan nggak aneh-aneh, justru kalau berpenampilan aneh malah di anggap ganjil, (nie anak berer cowok kagak ya, jangan-jangan bencong). Itu fakta lo sobat blogger.

DI tulisan kali ini, saya akan menggangkat keganjilan-keganjilan cara berpakaian cewek muslim yang menurut sebagian orang kurang pas karena ya … apa ya? ala ala ghitu!, heeem sebelum masuk pembahasan yang lebih serius :))) sana gie bikin kopi atau siapin camilan dulu biar bacanya enak-an.

Sering kita dengar akhir-akhir ini di sekitar kita, ada istilah baru, kususnya yang rajin mengikuti trend di jejaring sosial, yang lagi hangat-hangatnya (sudah basi woe! tahun 2019 nie) sampai menjadi perbincangan hangat di warung kopi kala itu, dan sempat jadi trending topik di twitter pada awal 2014.

Itu adalah “J.i.b.o.o.b.s”, ada yang belum tau apa itu j.i.b.o.o.b.s sobat blogger?. (tak cobak jelasken) Istilah j.i.b.o.o.b.s biasanya di gunakan untuk menyudutkan wanita muslim yang mengenakan jilbab!, lo lo lo kenapa menggunakan jilbab kok malah di sudutkan? bukanya menggunakan jilbab itu menutup aurat dan menutup aurat merupakan perintah Agama??? Beeetul. Memang betul sobat blogger, tapi??? ada tapinya? 

Sebelum menjawab pertanyaan di atas. Tak jelasin dulu arti kata J.i.b.o.o.b.s, kata J.i.b.o.o.b.s merupakan sebuah plesetan yang di ambil dari dua kata dari “Ji” dan “B.o.o.b.s”. Ji adalah singkatan dari Jilbab dan B.o.o.b.s berasal dari bahasa inggris kalau di artikan dalam bahasa indonesia adalah maaf p.a.y.u.d.a.r.a. Makanya kalau ada remaja muslim yang berjilbab tapi ketat menonjolkan lekuk tubuhnya di sebut “J.i.b.o.o.b.s”.

Sering kita lihat sehari-hari baik di pasar, terminal, lampu merah atau tempat umum lain. Seorang wanita khususnya yang masih cewek / gadis memakai jilbab, tapi menonjolkan lekuk tubuhnya, biasanya mereka memakai jilbab pendek dan kaos, serta celana yang ketat sehingga menonjolkan sebagian bentuk tubuhnya, itu yang di sebut J.i.b.o.o.b.s, menurut saya itu kurang baik lo!, karena tujuan memakai jilbab kan menutup aurat?, buat apa memakai jilbab kalau masih menonjolkan bentuk tubuhnya!, (lebih baik di lepas, ngakda manfaatnya make jilbab! auto: pemikiran bar-bar jangan di ambil ati ya). 

Ibaratnya gini deh sobat blogger, misalnya ada seseorang yang akan bepergian di waktu hujan, dia tidak ingin tubuhnya basah, oleh sebab itu dia memakai mantel / jas hujan, tapi mantelnya terbuat dari kain katun, kira-kira masih bisa melindungi dia dari kehujanan tidak?. Pasti jawabannya no no no, kamu pasti basah!.

Lo pakai mantel kok masih basah?, karena bahan mantel terbuat dari kain katun, bukan dari karet, kan nggada gunanya pakai mantel, lebih baik lepas saja, bikin badan berat, tapi yaaa, terserah yang menjalani lo ya?, cuma sebatas mengingatkan!. Berikut ini perintah memakai jilbab bagi wanita muslim, di jelaskan dalam Al-Quran, Allah SWT Berfirman :
"Hai Nabi katakanlah pada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang Muk’min: ”Hendaknya mereka menggulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk di kenali, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Penganpun lagi maha Penyayang". (Al-Ahzab : 59).
Ayat di atas merupakan perintah yang sangat jelas kepada wanita-wanita muslim untuk memakai jilbab, adapun yang di maksud memakai jilbab adalah menutup aurat dengan memanjangkan kain jilbabnya dan memakai baju kurung atau baju yang longgar, tidak kelihatan ketat dan menonjonjolkan lekuk tubuhnya, adapun aurat wanita adalah dari ujung rambut sampai ujung kaki, kecuali muka dan telapak tanggan, tidak seperti trend sekarang memakai jilbab tapi j.i.b.o.o.b.s.

Contoh seseorang yang memakai J.i.b.o.o.b.s

Contoh seseorang yang memakai Jilbab
Fenomena Wanita Muslim Memakai Jilbab (Jilbab, Kerudung, Cadar, Niqob)
Kira-kira menurut sobat Blogger mana yang lebih sopan yang memakai J.i.b.o.o.b.s atau jilbab??? Jawabannya ada pada hati kecil masing-masing :))) Saya di sini bukan mau men-judge wanita lo!, tapi sebatas saling mengingatkan, bukankah sesama muslim adalah saudara, dan sesama saudara harus saling mengingatkan, bila ada saudaranya yang salah???. 

Hemmm, sekian dulu ya sobat blogger tulisannya. Khususon untuk yang ber jenis kelamin wanita / cewek, saya selaku penulis bila ada salah kata, salah ucap, mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga kita semua  selalu di berikan petunjuk oleh Allah SWT, sehingga bisa masuk kedalam Surganya,  Amin.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

12 Responses to "Fenomena J.i.b.o.o.b.s Pada Remaja Muslim"

  1. Jilbab syar'i sudah banyak yang jual, membiasakan generasi muda untuk menggunakan jilbab yang menutupi bentuk tubuh memang perlu kesabaran soalnya dulu saya sempat gitu (facepalm) tapi ternyata lebih nyaman menggunakan jilbab yang menutupi lekukan tubuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah mbak semoga bisa istikomah ya, sempat ada perdebatan di grup gara2 artikel nie, hemmm pdahal niat saling mengingatkan :)

      Trims sdah berkunjung :)

      Delete
  2. Tiap muslimah pasti ada fase dan proses berhijab dari yang tampil biasa aja lama2 belajar lebih tertutup. Samalah kayak aku juga sedikit demi sedikit begitu. Tapi alhamdulillaah aku ga syerem hiiiii yang menonjol dada ke mana2. Takut ah :) Zaman sekarang banyak hijab syar'i yang bahan dan motifnya muda2 jadi makin cantik deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hia sih mbak, semoga bisa Istikomah ya :)
      Masak yg menonjol - menonjol tu serem mbak (sebagian da yg demen) kwkwkwk

      Intinya menutup Aurat adalah wajib hukumnya bagi kaum hawa, yg memerintahkan Allah dan Rasulnya, tetap semangat ya :)

      Delete
  3. Kalau secara pribadi saya lebih suka yang gajil-ganjil gitu, bikin mata melek deh. Hlang rasa ngantuknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha bahaya gan klo ntu :)
      Lebih baik tundukkan pandangan kalau bisa :)

      Delete
  4. Hmm kalo boleh bilang sih itu karena mereka belum faham betul syarat menutup aurat yg benar, cuma ikut trend pakai jilbab, tetap punya niat dibilang cantik. Memang harus selalu diingatkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hia sih mbak, semoga yg sudah menutup aurat di berikan keistikomahan & menjadi muslimah sejati hehe

      Intinya saling mengingatkan :)

      Delete
  5. KArena zaman sekarang jilbab itu fashion, semacam topi.
    Jadinya, lainnya gak diperhatikan.

    Beda ama jilbab zaman dulu, semua yang berjilbab malu banget kalau keliatan tangannya di atas telapak tangan, malu kalau jilbabnya pendek, malu kalau di rumah gak jilbaban.
    Sekarang mah, ketat di mana-mana, plus baju udah bagus lengannya panjang, malah dilipat, bahkan sekarang banyak yang pakai celana cingkrang keliatan betisnya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hia sih mbak memang ada sebagian yg gitu patut di sayangkan ya, semoga mendapat hudayah dan bisa memakai jibab syari.

      Tapi sebagian ada yg sudah tersentuh sunnah kok, misalnya sudah banyak muslimah yg mengunakan gamis pajang, nisop bahkan cadar hehe moga bisa istikomah.

      Trims ikut berkomentar tentang jilbab ☆

      Delete
  6. Mungkin mereka belum tau esensinya berjilbab itu apa, atau memang masih berproses. Kita doain sambil diingetin aja 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hia gan, siapa tau sekalian nyantol kwekwe =D

      Delete

Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini!, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi, bila berkomentar tidak sesuai dengan kebijakan Blogger maka tidak di terbitkan!.
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
4. Happy Blogging 🙂.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel