Cara Memaksimalkan Kinerja Printer Rumahan Untuk Mencetak Foto

Cara Memaksimalkan Kinerja Printer Rumahan Untuk Mencetak Foto
Printer Canon G1000

  • Apakah printer rumahan bisa mencetak foto?...
  • Hasil cetak foto mengunakan printer rumahan apakah bisa tajam?...
  • Apa mungkin mencetak foto sendiri di rumah?...

Pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul ketika akan mencetak foto menggunakan printer rumahan, untuk menjawab pertanyaan di atas saya yakinkan: Sangat bisa, ya sangat tajam, mungkin saja! asal ada niat.

Printer rumahan di Indonesia ini banyak macamnya, yang paling banyak di gunakan umumnya ada 3 merek yang terbukti tahan lama dan harganya terjangkau yaitu : Canon, Epson dan HP, namaun biasanya printer-printer itu hanya di gunakan mencetak jenis dokumen dan jarang sekali mereka gunakan untuk mencetak foto, padahal 3 merek printer di atas bila di gunakan untuk mencetak foto hasilnya tidak mengecewakan asal tau caranya. 

Saya akan membagi tips cara mencetak foto mengunakan printer rumahan agar hasilnya maksimal (Bagus, Tajam, Mengkilap dan Tahan lama) seperti hasil cetakan studio foto. Langkah-langkah yang harus kalian lakukan sebelum mencetak foto agar hasilnya maksimal adalah : 

1. Pilihlah jenis printer yang tepat 

Memilih printer yang tepat adalah prioritas utama bila mau mengunakannya untuk mencetak foto. Pilihlah printer yang sudah memiliki fasilitas tabung tinta setingan pabrik, agar printer lebih awet dan terhindar dari masalah (ngadat, masuk angin, hasil cetak putus-putus dll), saya merekomendasikan printer merek Conon pixma G1000, sudah terbukti handal dan tahan banting. Seperti yang saya pakai printer merek Conon pixma G1000 sudah hampir 2 tahun tidak ada masalah yang penting saat mengganti tinta pilihlah tinta yang asli atau original agar printer bisa awet dan hasil cetak maksimal. 

2. Edit foto secara maksimal  
 
Cara Memaksimalkan Kinerja Printer Rumahan Untuk Mencetak Foto
Foto Sebelum dan Sesudah di Edit
Editlah foto sebelum kalian cetak, saya merekomendasikan mengunakan aplikasi Adobe Photoshop dan Photoscape, karena dua aplikasi itu kalau di pakai mencetak foto akan menghasilkan foto yang bagus. Padukan dengan warna-warna yang terang, bila fotonya agak gelap maka editlah sedikit agar menjadi lebih terang, tetapi jangan terlalu terang  nanti terlihat kontras dan tidak natural. 

Bila mengharuskan ganti background belakang, gantilah dengan warna tua, misalnya biru tua, merah tua agar kalau di cetak hasilnya tajam dan bisa menutupi warna poto yang kurang tajam/terang. 

3. Atur setingan aplikasi adobe photoshop dan Printer dengan tepat  
 
Cara Memaksimalkan Kinerja Printer Rumahan Untuk Mencetak Foto
Contoh Settingan Adobe Photoshop
Yang pertama atur setingan ukuran foto yang akan di cetak, missal 2x3, 3x4, 4x6, 3R, 4R dll, sesuai keinginan. Selanjutnya resolusi Adobe Photoshop ubah menjadi 300 pixels/inch, agar hasil foto yang sudah di cetak nanti tidak pecah, kalau binggung lihat gambar.  
Cara Memaksimalkan Kinerja Printer Rumahan Untuk Mencetak Foto
Contoh Setinggan Printer Canon
Kedua atur setinggan Printer : Ubah panel Quick setup menjadi Photo printing, Centang di panel additional featuren menjadi Borderless printing, Media type menjadi Glossi photo phaper, Prin qulity menjadi High, dan terahir Printer paper size atau Ukuran kertas menjadi A4, kalau bingung lihat gambar, namun ini setinggan khusus printer Canon G1000 untuk printer lain tinggal menyesuaikan kayaknya hampir sama. 

4. Pilihlah kertas poto yang sesuai 

Pilihlah kertas foto yang permukaannya mengkilat dan tidak terlalu tebal, kenapa? dengan memilih kertas foto yang mengkilat dan tidak terlalu tebal maka hasil cetak foto menjadi jernih, terlihat mengkilat dan mudah di potong, jangan memilih kertas yang terlalu tebal karena akan merusak roll printer. Saya rekomendasikan kertas merek Coral glossy photo paper 230 gsm.

5. Sebelum printer di gunakan untuk mencetak foto wajib di cleaning  
Cara Memaksimalkan Kinerja Printer Rumahan Untuk Mencetak Foto
Contoh Hasil Clening (Sebelah Kiri Bagus)
Printer rumahan baik merek Canon, Epson maupun HP itu memiliki sistim pewarnaan menggunakan tinta cair bila tidak di gunakan ngeprin sehari saja maka, tinta di dalam cartridge akan membeku. Itulah sebabnya sebelum mencetak foto harus di cleaning terlebih dahulu (pemanasan) agar tinta di cartridge mencair dan merata bila di gunakan mencetak foto maka hasilnya tajam (bagus) dan gambar tidak putus-putus. 

Demikian  tips dari saya tentang cara memaksimalkan kinerja printer rumahan agar bisa  mencetak foto dengan hasil yang Maksimal (Tajam, Mengkilat dan Tidak Pecah). Bila ada pertanyaan mengenai tema di atas silahkan tulis di kolom komentar.
TAMAT 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Cara Memaksimalkan Kinerja Printer Rumahan Untuk Mencetak Foto"

  1. saran untuk watermark gambar harusnya jangan terlalu bold.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Gan atas Sarannya, Langsung di perbaiki :)
      Trimakasih telah berkunjung :)

      Delete

Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di Atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar di bawah ini !, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan ( No Spam, Sara dan Rasis ).
2. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
3. Happy Blogging.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel