5 Kesalahan Fatal yang Sering di Lakukan ABG saat Berada di Jalan

ABG(Anak Baru Gede)
Ketika membuka kamus besar Bahasa Indonesia kita belum mendapati arti akronim dari kata ABG secara pasti. Meskipun demikian namun kata ABG sudah sangat akrap di telinga masyarakat kita. Menurut kamus gaul rujukan dari google akronim dari kata ABG adalah “Anak Baru Gede”, penyebutan istilah ini di peruntukkan untuk anak yang menginjak usia dewasa (Remaja) kisaran di jenjang Pendidikan SMP maupun SMA. 

Usia ABG adalah usia yang sangat labil, mereka lagi mencari jati diri dimana keberadaannya ingin di hargai, mereka sangat rentan terkontaminasi dengan keadaan lingkungan, bila lingkungannya baik maka dia akan baik dan sebaliknya bila lingkungannya rusak maka dia akan rusak. 

Beberapa Riset (guayane rek riset jare hehe, tenang sobat blogger biar agak berbobot dikit artikelnya) yang saya lakukan beberapa waktu lalu, saya menemukan ada beberapa kesalahan yang menurut saya fatal yang sering di lakukan ABG saat berada di jalan, bila ini terus terulang bisa membahayakan hidupnya, hidup orang lain bahkan kehancuran Negara, lalu apa saja kesalahan-kesalahan mereka mari kita simak bersama: 

1. Tidak Memakai Helem saat Berkendara

Tidak Pakai Helem
Memakai Helem saat mengendarai kendaraan bermotor adalah wajib hukummnya itu sesuai Peraturan Pemerintah dalam pasal 106 ayat (8) UU No. 22/2009 yang berbunnyi “ Setiap Orang yang mengemudikan Sepeda Motor wajib mengenakan Helem yang memenuhi Setandar Nasional Indonesia (SNI)”. 

Selain merupakan peraturan yang di buat oleh Pemerintah memakai helem juga memiliki fungsi yang sangat penting dan utama yaitu untuk keselamatan nyawa kita dan keluarga (bila terjadi kecelakaan tidak menutup kemungkinan nyawa kita melayang karena kepala pecah terbentur oleh aspal atau benda keras lain karena tidak memakai helem). 

Tetapi belakangan ini saya paling sering melihat anak-anak remaja alias ABG tidak memakai helem saat mengendarai sepeda motor di jalan, entah apa alasannya, mungkin terpengaruh sinetron, biar terlihat gagah, gaul, keren? atau justru ingin menunjukkan jati diri (inilah aku keren saat naik motor tidak pakai helem). Entahlah apa alasannya SAYA tidak tau. Pesan saya : Hae kamu!, hia kamu!, hiooo kamu sudah! yang Ganteng dan Santik, generasi muda penerus bangsa, jangan lupa pakai helem ya…! agar kamu selamat saat berkendara. 

2. Menelpon dan SMS saat Mengendarai Motor
Naik Motor Sambil SMS
Pemandangan ini sering kita jumpai di jalan-jalan protocol, pemberhentian lampu merah, dll. Bila di amati secara jeli yang biasa nelpon maupun SMS adalah anak-anak remaja alias ABG (tetapi tanda kutip ya tidak semua) entah apa juga yang jadi alasanya, mungkin biar terlihat sibuk, terlihat keren (Mbokyo yo nek nelpon karo SMS minggir sek lo ndok ben aman, nyowo ora ono sing adol nok pasar hehe, yang tidak tau artinya liat google). 

Padahal perilaku itu sangat berbahaya lo, bisa saja dia terjatuh atau malah bertabrakan dengan pengendara lain karena kurang fokus, yang akan membahayakan nyawanya dan nyawa orang lain. Kalau ada ABG yang membaca artikel ini, masih melakukan hal itu, hae kamu lontong eh salah, tolong! berhentilah sayangi hidupmu dan hidup orang lain dengan tidak nelpon dan sms saat mengendarai motor. 

3. Bonceng 3 saat Mengendarai Motor
Gotik (Gonceng Tiga)
Ini juga salah satu kebiasaan anak muda alias ABG yang sering kita lihat dan jumpai saat di jalan yaitu berboncengan 3 (bahasa gaulnya GOTIK), mirisnya kadang gabungan cewek, cowok, ceweknya di tauh di tengah, depan dan belakang cowok hemm, sobat blogger bisa di bayangkan apa yang terjadi (ane tutup mata aja dah nagak sanggup membayangkan)? hehe. 

Perilaku itu  membuat persepsi di Masyarakat menjadi tidak baik. Karena masarakat kita (Indonesia) menganut adab ketimuran yang mengutamakan sopan santun di setiap perilaku dan dalam Agama (khususnya Islam) juga, sangat melarang keras umatnya bersentuhan dengan lawan jenis yang bukan mukrim, (dalam Islam  hukumya Haram). 

Alasan lain berboncengan 3 juga sangat berbahaya, berbahaya bagi dirinya dan berbahaya bagi pengendara lain, karena biasanya motor kelebihan muatan, rawan oleng, motor tidak terkendali ahirnya terjadi Lakalantas (Kecelakaan lalu lintas). Ada yang masih melakukanya, tolong berhenti ya! itu tidak baik. 

4. Tidak Memakai Mantel atau Rengkot saat Hujan 
Tidak pakai jas Hujan
Perilaku ini juga paling sering kita liahat di jalan, anak muda alias ABG tidak memakai mantel atau rengkot saat hujan, tetapi Saya masih memaklumi kalau prilaku ini di lakukan. Bocoran hehe karena saat saya masih ABG juga sama melakukannya, tapi dulu ye sobat blogger sekarang sudah tidak. Alasan saya dulu klasik yaitu malu memakai mantel atau rengkot saat hujan karena, terlihat tidak keren, seperti tukang ojek dll. 

Padahal memakai mantel atau rengkot saat hujan itu penting lo, untuk melindungi tubuh saat hujan agar tidak basah, fungsi lain juga agar tubuh tidak sakit terkena hujan, ada yang masih melakukannya, tidak memakai mantel atau rengkot saat hujan hehe, adik-adik ku yang masih ABG sayagi tubuhmu ya, agar tidak sakit, engkaulah harapan bangsa, oleh sebab itu bila hujan wajib memakai matel atau rengkot. 

5. Bermesraan dengan Pacar di atas Motor 
Pemotor Mesra
Perilaku yang terahir ini bikin saya sakit!, sakit-sakit-sakit, bila melihatnya di jalan, bagaimana tidak saya merasa di kalahkan, di kacungin oleh anak-anak ABG yang orang bilang masih bau kencur tapi mengalahkan orang dewasa seperti saya ini hehe (bercanda kok sobat blogger itu perbuatan tidak baik, adalam Agama Islam hukumnya haram dan dosa besar). 

“Dunia milik kita berdua yang lain ngontrak”. Mungkin ungkapan kata-kata ini ada di benak meraka saat bermesraan dengan pacar di atas motor, karana bila di amati, mereka melalukan hal itu di depan umum, banyak yang melihat, tetapi mereka tidak merasa malu, terkesan cuwek dan pamer malah. Perilaku ABG yang satu ini sering kita lihat di gang-gang, jalan umum maupun lampu merah. Ini juga tidak baik lo adik-adik ku yang masih ABG, jalanmu masih panjang sekolah dulu yang bener, kerja setelah itu baru terserah mau bikin apa?, tapi kalau bisa jangan pacaran ya? langsung aja di halalkan (menikah) agar lebih berkah. 

PENUTUP! 5 Poin yang saya jelaskan di atas adalah “Tanda Kutip”, tidak semua ABG  begitu, masih Buaaanyak anak muda alias ABG yang baik-baik, bahkan saya pernah menjumpai di suatu Mesjid waktu Sholat Subuh, yang membuka Mesjid, yang menjadi Muadzin, Iqomah bahkan Imam semua anak muda, dan masih banyak lagi contoh-contoh lain di luar sana. Sekian

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "5 Kesalahan Fatal yang Sering di Lakukan ABG saat Berada di Jalan"

  1. Bener banget gan.. Saya pernah ngelakuin hal nomor 4 karena waktu itu saya malu pakai jas hujan ketika hujan turun hehe..

    Mohon kunjungannya baliknya gan Simakpedia

    ReplyDelete

Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di Atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar di bawah ini !, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan ( No Spam, Sara dan Rasis ).
2. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
3. Happy Blogging.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel