Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa yang di Angkat dari Kisah Nyata

 10 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa yang di Angkat dari Kisah Nyata

Film Perang Terbaik Sepanjang Masa - Hello Sobat bagaimana kabarnya, sudahkah nonton film hari ini, semoga saja belum ya? Nggak terasa di bulan Maret 2021 ini pandemi Covid-19 sudah setahun di Indonesia, ini saatnya untuk berulang tahun dan potong kue-nya 😅 wkwk. Pembahasan kali ini adalah tentang film perang. Di masa pandemi menonton adalah aktifitas yang menyenagkan, karena kita bisa nonton sambil rebahan, mungkin Sobat di rumah juga merasakannya hehe.

Salah satu tontonan yang menjadi kegemaran saya adalah film bergenre WAR khususnya perang dunia I dan II, karena kebanyakan diangkat dari kisah nyata, dari tontonan ini kita dapat belajar sejarah dan mengambil hikmah dari kejadian masa lalu. Yang intinya “Untuk merebut atau mempertahankan suatu wilayah seseorang rela berkorban dengan apa pun, baik tenaga, harta bahkan nyawa sekalipun”.

Untuk Sobat yang tertarik menonton film bertema perang dunia I dan II. Saya akan merekomendasikan beberapa film perang seru dan menegangkan yang bikin jantung berdebar. Untuk tempat menonton Sobat nggak perlu kawatir kini banyak aplikasi yang bisa di pilih baik yang berbayar maupun gratis, misalnya Disney hotstar, Netflix, LK 21 lite, Dunia 21 dan menonton melalui Telegram maupun Youtube. Sobat bisa memilihnya sesuai dengan isi kantong dan keinginan.
Adalah bodoh dan salah untuk berkabung atas orang-orang yang mati. Sebaliknya kita harus bersyukur kepada Tuhan bahwa orang-orang seperti itu pernah hidup. "George S. Patton (Jenderal Perang AS, 1885-1945)".
Berikut ini review 10 film perang terbaik dari seluruh dunia yang terinspirasi dari kisah nyata. Sebelum nonton jangan lupa siapkan tisu, kopi dan cemilan agar acara nontonnya lebih afdol.

1. Downfall (2004)

Downfall (2004)

Film perang ini menurut saya yang paling fenomenal, menceritakan akhir hidup seorang paling brengsek di dunia (Adolf Hitler yang membunuh sekitar 6 juta kaum Yahudi Eropa). Bersama orang-orang kepercayaannya bersembunyi di dalam bunker. Tepatnya di tahun 1945 istana sang Fuhter di bom bardir tentara merah Russia.

Alur cerita pada film ini sungguh menegangkan serta di selingi kisah pilu. Karena penonton di arahkan untuk menikmati drama kejatuhan Hitler, di awali bunuh dirinya orang-orang dekat Sang Futher di susul Adolf Hitler sendiri beserta sang kekasih yaitu Eva Braun.

Di akhir cerita, karena kekalahan Nazi Jerman oleh tentara merah Russia, Sang Futher (Adolf Hitler) melakukan bunuh diri dengan menyuntikkan racun beserta kekasihnya Eva Braun dan meminta anak buahnya membakar jasadnya dengan alasan, agar jasadnya nggak dipajang di museum oleh lawan politiknya.

2. Dunkirk (2017)

Dunkirk (2017)

Judul film ini di ambil dari nama wilayah terjadinya perang, yaitu Dunkirk yang berada di Prancis. Film ini juga nggak kalah fenomenal dari Downfall karena ceritanya juga menegangkan. Dunkirk adalah perang antara tentara sekutu melawan Nazi, korban jiwa pada perang ini di perkirakan sekitar 80.000 orang dari kedua belah pihak.

Film ini di sutradarai oleh Christopher Nolan yang di kemas secara apik melalui sudut pandang yang berbeda yaitu darat, laut dan udara. Di syuting dengan teknologi canggih yang benar-benar terlihat nyata, bagi Sobat pecinta film perang nggak ada salahnya untuk nonton film Dunkirk. Film yang di bintangi Tom Hardy ini mendapatkan 3 piala Oscar sekaligus dengan kategori Best sound editing, Best soud mixing dan Best film editing.

3. 1917 (2019)

1917 (2019)

Film ketiga ini juga nggak kalah seru karena berdasarkan kisah nyata. Di mulai tahun 1917 yang merupakan titik awal drama tragis perang dunia I, menceritakan dua  prajurit Inggris, Schofield dan Blake yang beri tugas menyampaikan pesan rahasia untuk mencegah banyaknya korban perang.

Dalam film ini kita di suguhkan beberapa adegan peperangan yang menegangkan, di mana dua prajurit itu harus berlomba dengan waktu melintasi medan yang berat yaitu wilayah musuh, untuk menyampaikan pesan menghentikan serangan yang dapat merenggut ratusan tentara inggris. Di mana dalam batalyon tentara itu terdapat saudara Blake.

Bila Sobat menonton jangan lupa siapkan tisu hehe, karena dalam film ini di penuhi adegan brutal yang mengancam nyawa, yaitu ledakan, tembakan serta mayat-mayat yang 
bergelimpangan, menggambarkan ganasnya medan perang saat itu.

Film 1917 mendapat beberapa penghargaan salah satunya di ajang Golden Globe yang ke 77
di tahun 2020 dengan kategori film terbaik. Selain itu film 1917 juga menyabet nominasi Oscar dalam kategori film terbaik, sutradara terbaik dan penulis naskah asli terbaik.

4. Fury (2014)

Fury (2014)

Cerita di mulai pada April 1945 meletusnya perang dunia II, Amerika Serikat (AS) dan sekutunya melawan Nazi Jerman. Saat pasukan Nazi menguasai jantung kota Jerman, tentara Amerika mengirimkan tim ke garis depan dengan menggunakan tank. Dalam tim itu terdapat tank yaitu M4 jenis Sherman dengan empat kru  yang di beri nama Fury.

Bintang dalam film Fury yaitu “Brad Pitt” yang berperan sebagai Don. Don adalah komandan tank yang bertanggung jawab terhadap empat tank lain, pada pertempuran ini terdapat banyak korban jiwa dari kedua belah pihak.

Alur cerita Fury mengingatkan kepada kita bahwa, ada sejarah perang yang di lupakan saat ini yaitu sebuah peristiwa perang dunia II yang terjadi 5 dekade lalu. Nggak ada yang di sembunyikan atau di tutup-tutupi pada film ini, semua alur cerita sesuai dengan fakta sejarah yang ada.

5. Letters From Iwo Jima (2006)

Letters From Iwo Jima (2006)

Film ini di buat pada tahun 2006 produksi Hollywood dengan sudut pandang Jepang. Dimulai pada tahun 1944 ketika angkatan perang kekaisaran Jepang sudah terdesak dan pasukan AS sudah menguasai beberapa pulau di lautan pasifik yang sebelumnya di kuasai pasukan kekaisaran Jepang.

Sedangkan pulau Iwo Jima yang di miliki Jepang yang terletak kira-kira 1200 kilometer sebelah selatan Tokyo, pulau dengan luas 21 km ini sebenarnya nggak memiliki kekayaan alam apapun, namun pulau ini di pertahankan mati-matian oleh 21 ribu tentara Jepang pada perang dunia II, karena jika pulau Iwo Jima jatuh ke tangan AS (Amerika Serikat) maka seluruh wilayah Jepang akan dengan mudah di jangkau pesawat pengebom Amerika Serikat.

Penyajian film ini sarat dengan drama kemanusiaan karena banyaknya korban jiwa yang berjatuhan dari kedua belah pihak. Bagi Sobat yang menyukai film bergenre action dan drama, pas bila menonton film ini, karena alur cerita pada film ini dikemas apik penuh dengan drama-drama kemanusiaan yang menyentuh jiwa bahkan tragis, sebuah perpaduan antara ketegangan dan drama yang memikat, selamat menonton.

6. Europa Europa (1990)

Europa Europa (1990)

Kisah film ini berawal dari Solomon Perel adalah seorang Yahudi keturunan Polandia yang tinggal di Jerman. Di malam Bar Mitzvah (upacara kedewasaan remaja Yahudi) kediaman keluarganya diserang pendukung Nazi. Ia berhasil kabur dari jendela kamar mandi dan bersembunyi di dalam tong kayu.

Saat dia kembali, seluruh keluarganya selamat, kecuali saudara perempuannya yang terkena lemparan batu. Mereka sekeluarga akhirnya kembali ke Polandia karena kondisi di Jerman semakin nggak kondusif untuk kaum Yahudi.

Film ini mengambil setting di saat Perang Dunia Ke-2, di mana Jerman yang pada saat itu di bawah pimpinan Adolf Hitler berperang melawan Yahudi dan Sekutu. Solomon di dalam film ini menggambarkan bagaimana kondisi kaum Yahudi Jerman di masa itu.

Mereka secara tidak langsung dipaksa untuk terus menerus menepi dari tanah Eropa Timur seiring gencarnya invasi Nazi hingga ke tanah Sovyet. Di tanah Sovyet pun sebetulnya kaum Yahudi termarjinalkan. Di masa itu belum ada negara bagi kaum Yahudi, sehingga mereka dihadapkan pada 3 pilihan yaitu, terus mengungsi, masuk ke kamp konsentrasi, atau menyusup ke dalam tentara Nazi.

7. Saving Private Ryan (1998)

Saving Private Ryan (1998)

Saving Private Ryan adalah film drama bertema perang yang dirilis pada tahun 1998 dan disutradarai  Steven Spielberg. Naskah Saving Private Ryan ditulis Robert Rodat. Saving Private Ryan menceritakan penyelamatan seorang prajurit bernama Ryan pada Perang Dunia II.

Cerita film ini berawal dari tentara Amerika yang dipimpin John H. Miller berhasil menghancurkan sarang Jerman di Pantai Omaha. Namun, mereka kehilangan banyak prajurit yang mati sia-sia. Di antara para prajurit yang tewas saat itu, ada seorang bernama Sean Ryan.

Setelah diselidiki, Sean Ryan adalah satu di antara empat bersaudara bernama Ryan. Kedua Ryan lainnya ternyata juga tewas. Hanya tinggal satu Ryan yang masih tersisa, yakni James Francis Ryan sang anak bungsu yang juga ikut berperang.

George Marshall C. Marshall selaku pemimpin militer tertinggi Amerika memerintahkan Kapten John Miller menjemput pulang James Francis Ryan agar empat bersaudara tersebut tidak tewas semua. Kapten John Miller kemudian membentuk sebuah tim kecil beranggotan delapan orang untuk menyelamatkan Ryan.

8. Hacksaw Ridge (2016)

Hacksaw Ridge (2016)

Perlu Sobat ketahui, film Hacksaw Ridge diangkat dari kisah nyata, yaitu pengalaman Perang Dunia II dari Desmond Doss. Desmond Doss adalah seorang petugas medis perang pasifik Amerika yang menolak untuk membawa dan menggunakan senjata api dalam bentuk apapun selama Pertempuran Okinawa.

Film ini dirilis di Amerika Serikat pada 4 November 2016, dan berhasil meraup pendapatan box office sebesar 180,4 juta dolar AS di seluruh dunia selama masa tayangnya, di mana 61,8 persennya atau 113,2 juta dolar AS berasal dari penayangan internasional.

Film ini menerima enam nominasi Oscar di Academy Awards ke-89, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik untuk Garfield, dan Pengeditan Suara Terbaik, memenangkan penghargaan untuk kategori Pencampuran Suara Terbaik dan Pengeditan Film Terbaik.

9. Schindler’s List (1993)

Schindler’s List (1993)

Schindler’s List diadaptasi dari sebuah novel karya Thomas Keneally yang berjudul Schindler’s Ark. Steven Spielberg sebagai sutradara bekerjasama dengan Steven Zailllian sebagai penulis naskah mengangkat kisah Schindler ke dalam sebuah film. Schindler’s List dirilis pada tahun 1993 dan meraih kesuksesan yang dibuktikan oleh 7 penghargaan Piala Oscar yang disabet pada tahun 1994.

Karakter utama dalam film ini adalah seorang pebisnis bernama Oskar Schindler (Liam Neeson) yang berasal dari Czechoslovakia. Oskar Schindler digambarkan sebagai karakter yang jauh dari kata baik saat awal cerita berlangsung. Schindler merupakan pria yang tamak, mata keranjang, dan manipulatif. Misi utamanya datang ke Polandia adalah membangun sebuah pabrik besi untuk mengolah peralatan dapur dan perlengkapan perang.

Pada saat itu, Jerman telah menduduki Polandia dan banyak menggunakan warga Yahudi untuk melakukan kerja paksa. Schindler berharap dirinya dapat memanfaatkan tenaga para Yahudi untuk bekerja di pabriknya, sehingga ia bisa menekan pengeluaran dan mendapatkan lebih banyak penghasilan.

Pada awal cerita, diperlihatkan bagaimana kepanikan warga Yahudi di Polandia saat mengetahui bahwa Nazi telah berhasil menginvasi negaranya. Tidak ada yang bisa dilakukan oleh mereka selain berdoa untuk meminta keselamatan dan kabur dari para tentara Nazi. Namun, kamp-kamp konsentrasi telah dibangun di Polandia. Warga Yahudi ditangkap dan dibawa dengan paksa menuju kamp-kamp tersebut. Para Yahudi tidak pernah mengetahui hal-hal buruk yang akan terjadi pada mereka.

10.Valkyrie (2008)

Valkyrie (2008)

Valkyrie adalah sebuah film yang diangkat dari kisah nyata pada perang dunia II. Tentang usaha pembunuhan Adolf Hitler dan Himmer yang merupakan pimpinan tertinggi dari Nazi. Valkyrie adalah sebuah film thriller historis yang dikeluarkan pada tahun 2008 dan disutradarai oleh Bryan Singer. Setting film ini adalah Jerman Nazi pada masa Perang Dunia II dan menceritakan persekongkolan untuk memberontak pada 20 Juli 1944 yang dilakukan oleh para perwira Tentara Jerman untuk membunuh Adolf Hitler.

Tom Cruise berperan sebagai Kolonel Claus von Stauffenberg, salah seorang tokoh pemberontak utama. Sementara itu artis Belanda Carice van Houten memerankan istri Kolonel Von Stauffenberg dan Adolf Hitler diperankan oleh David Bamber.

Valkyrie adalah prosedur pengamanan kota bila negara sedang terancam bahaya. Sejumlah pasukan yang sudah ditempatkan di sejumlah titik kota akan dengan serentak menguasai titik- titik penting Ibukota dan di seluruh propinsi bila menerima pesan gawat darurat.

Setelah beberapa kali mengadakan rapat akhirnya diputuskan beberapa hal, yang pertama adalah pembunuhan terhadap Adolf Hitler dan Himmler (kepala pasukan SS). Yang kedua, adalah mengaktifkan Valkyrie dengan perintah kepada pasukan Valkyrie bahwa Negara dalam keadaan gawat darurat, telah terjadi usaha pemberontakan, sang Futher Adolf Hitler telah terbunuh dan memerintahkan untuk menangkap semua pasukan SS.

Film ini sebenarnya adalah sebuah propaganda cerdik yang dilakukan oleh kaum Yahudi Eropa. Para penghianat Hitler ini digambarkan sebagai pahlawan yang sangat berani dalam membentang tirani. Padahal sudah jelas apa yang dilakukan para penghianat ini akan gagal total.

Referensi dan Sumber Gambar
  • https://aryawasho.wordpress.com/
  • https://www.tribunnewswiki.com/
  • https://www.suara.com/
  • https://cultura.id/
  • https://www.kompasiana.com/
  • https://jalantikus.com/

11 comments for "10 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa yang di Angkat dari Kisah Nyata"

  1. 1917 paling uwu si apalagi pas adegan blake mau meninggal huhu
    akun juga suka pearl harbour
    pokoknya tentang PD 1 atau 2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu lah Gan q Juga Pecinta Film Perang Dunia.

      Delete
  2. dari semua judul aku belum pernah ada yang nonton

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba nonton Gan pasti seru hehe
      Sayang durasinya panjang, 2 jam ke atas, malah ada yg 3 jam setengah

      Delete
  3. Saya menikmati membaca nya, seolah membawa kembali pada film2 yg pernah saya tonton tersebut

    ReplyDelete
  4. Dari sepuluh itu aku sudah nonton yang valkyrie dan saving privat ryan, sepertinya fury bakal dihunting ini.soalnya ada si Bretpit. Dasar emak2 😀😀👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fury Juga menegangkan Mbak, sayang durasiya panjang.nonton sampe ngantuk"

      Delete
  5. Yang pernah daku tonton yang saving private Ryan, karena ditemenin kakak daku, haha. Waktu nonton mah nggak engeh banget filmnya karena seru ada adegan tembak-tembakannya

    ReplyDelete
  6. belum pernah nonton semuanya...hiks...hiks...
    tapi baca artikel ini udah serasa nonton filmnya...heheheh

    ReplyDelete
  7. Mantap jiwa. Luar biasa ya pembunuhan massal 6 juta manusia oleh manusia satu bernama Hitler ini. Akhir hidupnya juga tragis. Sejarah yang kelam semoga bisa selalu menjadi pelajaran untuk kita.

    ReplyDelete

Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi. Bila berkomentar nggak sesuai dengan kebijakan Blogger maka nggak di terbitkan!.
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
4. Happy Blogging 🙂.