Si Kumis Kucing Tumbuhan unik yang Berkhasiat

Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan
Tanaman kumis kucing atau nama ilmiahnya Orthosiphon spp tanaman ini banyak tumbuh di sekitar kita misalnya di pinggir parit, pekarangan atau tanah kosong, di pot sebagai tanaman hias dll. Karena memang tanaman ini mudah tumbuh, sesuai dengan namanya yang di sebut “kumis kucing”, karena bentuk bungga dari tanaman ini seperti kumis kucing, taukan Kalian bahwa tanaman Kumis kucing memiliki beragam manfaat, yang baik untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Di beberapa wilayah tanaman kumis kucing memiliki penyebutan yang berbeda misalnya: Kidney tea plants/java tea penyebutan di Inggris, Ramujung penyebutan di Jawa tengan / Jawa timur, Giri-giri merah di sumatera dan Songot koneng penyebutan di Madura. Tumbuhan ini bukan tanaman asli Indonesia tetapi berasal dari wilayah Afrika yang beriklim tropis, kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Australia termasuk ke Indonesia.

Tanaman kumis kucing memiliki ciri-ciri berbatang basah tegak pada bagian bawah yang berakar berukuran 1-2 m, batang segi empat agak beralur dan berbulu pendek dan gundul. Daun tunggal, bundar sedikit lonjong, berbulu halus, di pinggir bergerigi kasar tak teratur, kedua permukaan bintik- bintik karena pada kumis kumis terdapat minyak atsiri.

Bunga berupa tandan yang keluar di ujung cabang, warna ungu pucat atau putih dan sebagian ada yang berwarna biru dan putih, memiliki benang sari lebih panjang dari tabung bunga dan buahnya memiliki warna coklat gelap.

Sifat dan khasiat kumis kucing

Kumis kucing memiliki beragam kandungan kimia alami makanya tanaman ini memiliki khasiat untuk kesehatan. Kandungan kimia pada kumis kucing diantaranya: Orthosiphon glikosida, zat samak, minyak astiri, minyak lemak, saponin, sapofonin, garam, kalium dan myoinositol.

Dengan beberapa kandungan kimia tersebut, kumis kucing memiliki sifat kimiawi dan memiliki efek farmakologis misalnya manis sedikit pahit, sejuk, anti-inflammatory (anti radang), peluruh air seni (diuretic) dan menghancurkan batu di saluran kencing.

Beberapa penyakit yang dapat di obati dengan kumis kucing

Tanaman kumis kucing sangat baik di gunakan mengobati beberapa penyakit. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat di obati dengan kumis kucing yaitu:

(1). Infeksi ginjal (Acute dan chronic nephritis)
(2). Infeksi kandung kemih (Cystitis)
(3). Penyakit kencing batu Encok (Gout arthritis) Peluruh air seni (Diuretic)
(4). Menghilangkan panas dan lembab

Untuk mengunakan tanaman kumis kucing untuk pengobatan penyakit seperti di atas caranya: Mengunakan semua bagian dari kumis kucing dari daun, bunga, batang serta akar baik dalam keadaan basah maupun kering dengan takaran 30-60 gram (kering) dan 90-120 gram (bila dalam keadaan basah) dengan di seduh sebagai teh. 



Referensi dan Sumber Gambar
  • Sopandi. 2009. Tanaman Obat Tradisional (Jilid I). Jakarta: PT Sarana Panca Karya Nusa.
  • Dalimartha, Setiawan. Atlas Tumbuhan Obat Indonesia. Unggaran: Trubus Agriwidya.
  • https://monitor.co.id/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Si Kumis Kucing Tumbuhan unik yang Berkhasiat"

Post a comment

Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini!, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi, bila berkomentar tidak sesuai dengan kebijakan Blogger maka tidak di terbitkan!.
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
4. Happy Blogging 🙂.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel