Terapi Jus Buah dan Sayur untuk Menjaga Kesehatan

Buah dan sayuran ternyata dapat di manfaatkan sebagai obat berbagai macam penyakit lo?. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin tubuh Kalian akan sehat. Sudah sejak lama di ketahui bahwa buah dan sayur mengandung banyak antioksidan yang baik untuk kesehatan.


Pendahuluan


Antioksidan berfungsi mengubah sel-sel tubuh menjadi pengaman untuk melawan radikal bebas penyebab penuaan. Memang radikal bebas bisa membantu menghancurkan infeksi, akan tetapi bila radikal bebas yang ada di tubuh terlalu banyak dan nggak terkontrol dapat menyebabkan rusaknya sel-sel.

Menurut Prof. DR. Radja Aman Nainggolan, orang yang sakit nggak memerlukan obat, akan tetapi orang yang sakit membutuhkan istirahat, makan teratur, kunjungan keluarga dan pengawasan dokter. Obat yang di konsumsi orang yang sakit terkadang memiliki efek samping yang dapat mempengaruhi sistim metabolisme tubuh. Oleh sebab itu, biasanya dokter memberikan obat kepada orang yang sakit lebih dari satu macam, hal ini di maksudkan salah satu obat berfungsi sebagai vitamin, sementara itu obat yang lain sebagai penyeimbang efek samping obat lainnya.

Mengobati Penyakit dengan Jus Buah dan Sayur



Terapi Jus Buah dan Sayur untuk Menjaga Kesehatan
Sebagian orang lebih memilih mengobati penyakit dengan terapi jus dari pada mengkonsumsi obat. Mereka beranggapan mengkonsumsi obat identik dengan hal yang nggak menyenangkan misalnya (rasanya pahit, sulit di telan dll) akan tetapi dengan terapi jus, mereka dapat memperbaiki kesehatan sekaligus mengkonsumsi minuman yang di sukai.

Penggunaan terapi jus bukan hal yang baru, tetapi jus sudah di gunakan sejak lama dalam pengobatan naturophalty yang berfungsi menangani berbagai macam penyakit. Jus juga bisa di manfaatkan untuk program diet yang aman tanpa efek samping. Karena jus dari buah dan sayuran merupakan sumber vitamin, mineral dan enzim-enzim yang sangat banyak. Dalam beberapa penelitian orang yang mengkonsumsi jus khususnya dari buah dan sayur akan memiliki tubuh yang bugar dan sehat.

Selain itu jus juga berfungsi meningkatkan energi, meredakan kelelahan dan berperan dalam proses detoksifikasi yaitu membuang racun-racun yang ada pada tubuh, karena jus akan di serap tubuh dalam hitungan menit. Untuk memperoleh manfaat maksimal dari jus maka, hindari jus dalam bentuk instan misalnya: Jus Botol, jus kemasan kaleng maupun saset.

Karena jus kemasan instan (kemasan botol, kaleng dan saset) biasanya sudah di campur zat kimia yang sudah merusak nutrisi dari jus. Kalian sebaiknya mengkonsumsi jus yang di buat sendiri di rumah, selain masih segar jus yang di buat sendiri lebih sehat karena masih alami belum ada campuran zat kimia, tapi ingat sebelum menjadikan buah maupun sayur menjadi jus sebaiknya di bersihkan terlebih dahulu agar aman dari pestisida dan bakteri.

Ternyata terapi dengan jus buah dan sayur dapat mengobati berbagai macam penyakit misalnya: Anemia, asam urat, batuk pilek, diare, obesitas dll. Berikut ini beberapa resep jus buah dan sayuran untuk mengobati berbagai macam penyakit.



Mengobati Anemia


Anemia adalah sebuah kondisi yang di alami seseorang karena kekurangan hemoglobin dalam darah (zat besi dan asam folat). Anemia biasanya sering menyerang remaja putri yang melakukan program diet, wanita hamil dan ibu menyusui. Penyakit ini di tandai dengan penurunan kadar hemoglobin.

Hemoglobin normal wanita sekitar 12 gram/100 ml dan untuk laki-laki 14 gram/100 ml. Gejala anemia di tandai dengan tubuh yang kelihatan pucat, cepat merasa lelah dan sering sakit kepala. Bahan makanan hewani yang mengandung zat besi dan bisa menambah hemoglobin misalnya: Daging, hati, ikan, susu dan kuning telur. Sementara dari sayur-sayuran yang mengandung banyak zat besi masalnya: Kacang-kacangan, daun singkong, bayam dan daun pepaya.

Buah dan sayur yang baik untuk terapi anemia misalnya avokad, kesemek, mangga, anggur, kelengkeng, nanas, jeruk, wortel, jambu biji dan bayam. Contoh resep jus untuk terapi anemia yaitu: Jus bayam wortel, jus mangga dan jus avokad.

Membuat jus bayam wortel untuk terapi anemia. Bahan: 100 gram bayam, 100 gram wortel, ½ sendok teh jeruk nipis, ½ sendok makan madu dan ¼ gelas air es. Cara membuat: Cuci bayam dan wortel sampai bersih, bayam dan wortel di potong-potong, setelah itu semua bahan di blender jadi satu menjadi jus. Aturan konsumsi: minum jus 2-3 kali sehari secara teratur.

Membuat jus mangga untuk terapi anemia. Bahan: 100 gram mangga, ½ gelas atau 3 sendok madu, setengah gelas es serut. Cara membuat: Kupas dan cuci buah mangga sampai bersih, potong-potong buah mangga agar mudah di blender kemudian blender semua bahan sehingga menjadi jus. Aturan konsumsi: Minum 2-3 kali sehari secara teratur.

Membuat jus avokat untuk terapi anemia. Bahan: 1 buah avokad ukuran sedang, ½ gelas atau 3 sendok makan madu, 1 sendok makan coklat bubuk, es batu secukupnya. Cara membuat: Belah avokat menjadi 2, ambil isi avokad dengan sendok, kemudian masukkan semua bahan ke dalam blender dan haluskan hingga menjadi jus. Aturan konsumsi: Diminum 2-3 kali sehari secara teratur.

Mengobati Asam Urat


Terapi Jus Buah dan Sayur untuk Menjaga Kesehatan
Gangguan asam urat di tandai dengan rasa nyeri di tulang-tulang itu karena penumpukan kristal asam urat di sendi yang di sebut tophy. Bila di periksakan ke dokter terjadi kenaikan kadar asam urat di dalam darah. Naiknya kadar asam urat di sebabkan kenaikan metabolisme purin. Penderita asam urat sebaiknya menghindari makanan yang mengandung purin tunggi.

Makanan yang mengandung purin tinggi misalnya: Ikan sarden, jeroan, ragi, makanan kaleng, tapai dan alkohol. Selain itu penderita asam urat juga harus mengurangi konsumsi daging, kacang-kacangan, daun pepaya, bayam, kangkung, asparagus dan jamur. Penderita asam urat sebaiknya minum banyak air putih minimal 2 liter per hari fungsinya untuk mengeluarkan asam urat dari tubuh.

Buah dan sayur yang baik untuk mengobati asam urat yaitu: Buah naga, sirsak, apel, jeruk, melon, seledri, dan mentimun. Contoh resep untuk menyembuhkan asam urat misalnya: Jus buah naga, jus mentimun dan jus sirsak.

Jus buah naga untuk terapi asam urat. Bahan: 1 buah naga, ½ gelas perasan air jeruk manis, satu sendok makan madu dan ½ gelas es serut. Cara membuat: Belah buah naga menjadi dua, ambil isinya dengan sendok, masukkan buah naga dan semua bahan ke dalam blender kemudian blender sampai halus dan menjadi jus. Aturan konsumsi: Minum jus buah naga 2-3 kali sehari secara teratur.

Jus mentimun untuk mengobati asam urat. Bahan: 1 buah mentimun ukuran sedang, ½ sendok teh perasan jeruk nipis, 1 sendok madu dan ½ gelas es serut. Cara membuat: Kupas, cuci dan potong-potong buah mentimun selanjutnya masukkan semua bahan ke dalam blender dan blender sampai halus menjadi jus. Aturan konsumsi: Minum jus mentimun 2-3 kali sehari secara teratur.

Jus sirsak untuk mengobati asam urat. Bahan: Siapkan 100 gram buah sirsak tanpa isi, 1 sendok makan madu dan ½ gelas es serut. Cara membuat: Potong kecil-kecil buah sirsak, campurkan semua bahan kedalam blender kemudian blender semua bahan hingga halus dan menjadi jus. Aturan konsumsi: Munum jus sursak 2-3 kali sehari secara rutin.

Mengobati Batuk Pilek

 
Terapi Jus Buah dan Sayur untuk Menjaga Kesehatan
Batuk dan pilek merupakan istilah yang sering di gunakan oleh masyarakat kita Indonesia. Bila penyakit batuk dan pilek menyerang di tandai dengan keluarnya cairan dari hidung (rhinitis) dan terjadi batuk-batuk (pharingitis). Penyakit ini biasanya di sertai demam, badan mengigil selain itu orang yang terserang batuk pilek akan kehilangan nafsu makan.

Buah dan sayur bisa juga untuk mengobati batuk dan pilek, misalnya: Pepaya, wetrel, tomat dan melon. Contoh resep penderita batuk dan pilek adalah jus pepaya, jus melon dan jus wortel tomat.

Jus pepaya untuk mengobati batuk dan pilek. Bahan: 100 gram pepaya masak, ½ sendok makan perasaan jeruk nipis dan satu sendok makan madu. Cara membuat: Kupas dan cuci buah pepaya yang akan di jadikan jus, potong buah pepaya kecil-kecil, masukkan semua bahan kedalam belender dan blender sampai halus menjadi jus. Aturan konsumsi: Minum jus pepaya 2 kali sehari.

Jus melon untuk mengobati batuk dan pilek. Bahan: 100 gram melon, ½ sendok teh perasan jeruk nipis, 1 sendok makan madu dan ¼ gelas es serut. Cara membuat: Melon di kupas dan di cuci sampai bersih, melon di potong kecil-kecil, semua bahan di masukkan ke dalam blender dan blender sampai halus menjadi jus. Aturan konsumsi: Minumlah jus melon 2-3 kali sehari.

Jus wirtel tomat untuk mengibati batuk dan pilek. Bahan: 100 gram wortel yang sudah di kupas, 100 gram tomat, 1 sendok madu, ½ gelas air. Cara membuat: Wortel dan tomat di cuci sampai bersih, wartel dan tomat di potong kecil-kecil, masukkan semua bahan ke dalam blender dan blender sampai halus menjadi jus. Aturan konsumsi: Minumlah jus wortel tomat 2-3 kali sehari.

Mengobati Diare

 
Terapi Jus Buah dan Sayur untuk Menjaga Kesehatan
Diare merupakan proses keluarnya tinja (kotoran) dengan konsistensi lembek dan cair dengan frekuensi nggak normal (lebih sering). Sebenarnya diare adalah sebuah mekanisme perlindungan tubuh untuk mengeluarkan sesuatu yang merugikan atau racun bagi tubuh. Namun diare menyebabkan hilangnya cairan dalam tubuh dan berbagai elektrolit sehingga menggangu keseimbangan cairan tubuh, keadaan ini biasa di sebut dehidrasi.

Penyebab diare bisa bermacam-macam, misalnya salah makan (makanan kurang bersih), infeksi bakteri dan virus. Jika terjadi diare ringan nggak perlu minum obat, cukup perbanyak minum air putih. Jika perlu buatlah minuman yang mengandung elektrolit (oralit). Sebaiknya nggak perlu di stop diarenya, kecuali intensitas diarenya tinggi. Jika di stop kuman semakin terkumpul di dalam usus. Oleh karena itu biarkan kuman keluar terlebih dahulu.

Setelah penyebab diare di temukan, tindakan yang harus Kalian segera lakukan adalah rehidrasi atau pengembalian cairan tubuh. Pemenuhan cairan yang hilang dapat di lakukan secara perlahan dan terus menerus. Namun, bila penderita dehidrasi tergolong berat maka segera bawa ke rumah sakit untuk di berikan cairan secepatnya.

Buah dan sayur yang baik untuk penderita diare yaitu: Kesemek, pisang, bengkuang, apel, buah naga, salak, delima dan wortel. Sementara itu resep jus yang cocok bagi penderita diare adalah jus salak, jus pisang dan jus sawo.

Jus salak untuk penderita diare. Bahan: 2-3 buah salak, 1 sendok makan madu dan ¼ gelas air matang. Cara membuat: Kupas dan buang biji salak, masukkan semua bahan ke dalam blender kemudian blender sanpai halus menjadi jus, tambahkan es batu bila suka. Aturan konsumsi: Minumlah jus salak 2-3 kali sehari.

Jus pisang untuk penderita diare. Bahan: Siapkan 2-3 buah pisang ambon atau raja, ½ sendok makan madu dan ¼ gelas air es. Cara membuat: Kupas pisang, potong kecil-kecil, masukkan semua bahan ke dalam blender dan blender sampai halus menjadi jus. Aturan konsumsi: Diminum 2-3 kali sehari.

Jus sawo untuk penderita duare. Bahan: 100 gram sawo, ½ sendok air jeruk nipis, ½ sendok makan madu dan ¼ gelas es serut. Cara membuat: Kupas buah sawo hungga bersih, cuci sawo dengan air mengalir, potong sawo menjadi beberapa bagian, buang buji sawo, masukkan semua bahan ke dalam blender dan blender sampai halus menjadi jus. Aturan konsumsi: Jus sawo di minum 2-3 kali sehari.

Kegemukan (Obesitas)

 
Terapi Jus Buah dan Sayur untuk Menjaga Kesehatan
Kegemukan atau obesitas sudah sangat umum di alami masyarakat Indonesia. Kegemukan adalah ketidak seimbangan antara tinggi dan berat badan yang di akibatkan jaringan lemak yang berlebihan. Kegemukan dapat di definisikan jika indeks massa tubuh lebih dari 30 kg/m. Jika indeks massa tubuh lebih dari 25/m di sebut overweight atau berat badan lebih.

Rumus untuk mengukur berat badan ideal yaitu: Indeks massa tubuh – berat badan (kg) : tinggi badan (m). Seseorang di katakan menderita obesitas jika berat badan > 20% dari berat badan ideal. Berat badan ideal = tinggi badan – 100 – (10% dari tinggi – 100). Berikut ini kiat agar Kalian bisa menurunkan berat badan.

(a). Orang yang memiliki berat badan harus memiliki motivasi kuat untuk menurunkan berat badan.

(b). Dukungan dari orang-orang terdekat sangat di perlukan untuk penderita obesitas.

(c). Diet adalah pilihan agar seseorang yang menderita kegemukan atau obesitas bisa kurus kembali. Bentuk diet misalnya: Mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak serta mengurangi makanan yang manis-manis. Makan buah dan sayur adalah pilihan bagi yang ingin menjalani diet.

Buah dan sayur yang baik yang mengalami obesitas yaitu: Apel, kesemek, bengkuang, labu siam, kacang panjang, buncis dan brokoli. Jus yang cocok bagi penderita kegemukan atau obesitas adalah: Jus kacang panjang, jus apel dan jus bengkuang.

Jus kacang panjang untuk penderita obesitas. Bahan: 100 gram kacang panjang, ½ sendok makan madu, ¼ gelas air matang, ¼ gelas es serut. Cara membuat: Cucilah kacang panjang hingga bersih, potong kacang panjang hingga beberapa bagian, masukkan semua bahan ke dalam blender dan blender sampai halus menjadi jus. Aturan konsumsi: Minum jus kacang panjang 2-3 kali sehari.

Jus buah apel untuk penderita obesitas. Bahan: 3 buah apel segar, ½ sendok teh perasan jeruk nipis, 1 sendok madu dan ½ gelas es serut. Cara membuat: Kupas dan cuci apel sampai bersih, potong kecil-kecil buah apel, masukkan semua bahan ke dalam blender dan blender sampai halus menjadi jus. Aturan konsumsi: Minum jus apel 2-3 kali sehari.

Jus bengkuang untuk penderita obesitas. Bahan: 2 buah bengkuang, ½ gelas perasan jeruk manis, 1 sendok teh madu dan es batu secukupnya. Cara membuat: Kupas dan cuci bengkuang sampai bersih, potong-potong bengkuang menjadi beberapa bagian, masukkan semua bahan kedalam blender kecuali es batu, blender sampai halus menjadi jus dan tambahkan es batu. Aturan konsumsi: Minum jus bengkuang 2-3 kali sehari.



Kesimpulan


Gaya hidup back to nature sedang menjadi tren masyarakat yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan. Seperti dalam sebuah ungkapan “you are what you eat”, atau kesehatan tercermin dari apa yang Kalian makan. Jika pola makan buruk, maka kesehatan akan buruk dan beragam penyakit akan datang. Sementara itu jika pola makan baik maka tubuh akan bugar dan sehat.

Tuntutan zaman yang serba cepat dan kesibukan dalam bekerja menyebabkan sebagian masyarakat lebih menyukai pola makan instan. Kebiasan mengkonsumsi makanan insan ternyata nggak baik lo untuk kesehatan?. Hal tersebut karena makanan instan mengandung bayak pengawet, pewarna, pemanis buatan, garam, tinggi lemak dan rendah serat.

Pola makan ini bila di lakukan secara terus-menerus maka akan menyebabkan berbagai macam penyakit misalnya: Tekanan darah tinggi, diabetes mellitus, stroke, obesitas, jantung koroner hingga kangker. Agar terhindar dari berbagai penyakit tersebut, hendaknya Kalian menghindari pola makan yang nggak sehat.

Mengkonsumsi buah dan sayur adalah pilihan yang baik untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Karena buah dan sayur mengandung unsur-unsur organik seperti mineral, vitamin, asam amino dan beragam jenis enzim yang di perlukan oleh tubuh. Tetapi bagi seseorang yang nggak menyukai buah dan sayur, mengkonsumsi buah dan sayur adalah hal yang sulit di lakukan.

Oleh karena itu menjadikan buah dan sayur menjadi jus adalah pilihan yang tepat, selain mudah di buat mengkinsumsi jus juga nggak ribet tinggal di minum Kalian sudah mendapatkan manfaatnya.

Asupan nutrisi yang di butuhkan tubuh segera terpenuhi dengan meminum jus buah dan sayur. Hal ini karena nutrisi yang terkandung dalam jus jauh lebih besar di banding dengan mengkonsumsi buah dan sayur dalam bentuk aslinya, contoh perbandinganya satu gelas jus apel setara dengan 3 buah apel ukuran sedang.



Referensi dan Sumber Gambar
  • Dinny Kurniasari. 2011. Jus dan Kesehatan. Jakarta: PT Sunda Kelapa Pustaka.
  • Sakarindah, Titi. 2006. Terapi Jus Buah dan sayur.Jakarta: Puspa Swara.
  • Wijaya, Genta. 2010. Jus Penangkal Racun Tubuh. Yogyakarta: Penerbit Universitas Admajaya. 
  • https://www.primarasa.co.id/
  • https://www.dentmasoci.com/
  • https://medan.tribunnews.com/
  • https://www.galena.co.id/
  • https://www.jurnas.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Terapi Jus Buah dan Sayur untuk Menjaga Kesehatan"

Post a comment

Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini!, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi, bila berkomentar tidak sesuai dengan kebijakan Blogger maka tidak di terbitkan!.
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
4. Happy Blogging 🙂.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel