Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fakta Unik Mengkudu: Buah Penyembuh Untuk Berbagai Penyakit

Buah Mengkudu
Mengkudu (Morinda citrifolia) termasuk jenis tumbuhan kopi-kopoan. Buah ini dulu sering kita jumpai di pekarangan rumah yang memiliki ciri khas pohon yang keras dengan tinggi sekitar 3 sampai 4 meter dengan daun yang hijau tua. Mengkudu di masyarakat kita biasanya di buat rujak yang di campur bunga pisang.

Mengkudu merupakan tumbuhan asli dari Indonesia yang dapat hidup di dataran rendah sampai pada ketinggian 1500 m di atas permukaan laut. Mengkudu memiliki bunga yang berwarna putih, buahnya kalau masih muda berwarna hijau bila sudah tua berwarna putih dengan trotol-trotol hitam, rasa buah ini agak manis sedikit pedas.

Nama lokal

Buah mengkudu memiliki nama-nama lain, di setiap daerah biasanya berbeda, misalnya di Jawa biasanya di sebut pace, kemudu dan kudu. Di Sunda buah mengkudu di sebut cangkudu. Di Madura di sebut hodhuk dan di pulau Bali mengkudu di sebut wengkudu.

Komposisi atau Kandungan


Buah mengkudu yang masih muda memiliki aroma yang lengur sedangkan kalau sudah tua memiliki aroma khas yang nggak sedap. Tetapi taukah Kalian ternyata buah mengkudu mengandung sejumlah zat yang berhasiat untuk pengobatan. Adapun kandungan zat tersebut antara lain: Morindin, morinda diol, morindone, metil asetil, damnacanthal, asam kapril dan sorondiyiol.

Penyakit yang dapat di obati dengan buah mengkudu

Buah Mengkudu
Tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit misalnya: Hipertensi atau darah tinggi, sakit kuning, demam, influensa, sakit perut, batuk dan dapat menghilangkan sisik pada kaki. Berikut ini cara pemanfaatan buah mengkudu untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Mengobati Hipertensi atau tekanan darah tinggi.
Bahan: 2 buah mengkudu yang telah masak (cirinya berwarna putih dan lembek) dan satu potong gula batu. Cara membuat: Buah mengkudu di peras untuk di ambil airnya, kemudian dicampur dengan madu dan di saring. Cara menggunakan: diminum 1 gelas 2 hari sekali.

Mengobati sakit kuning.
Bahan: 3 buah mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 potong gula batu. Cara membuat: Buah mengkudu di peras dan di ambil airnya di campur dengan madu. Cara menggunakan: diminum 1 gelas 2 hari sekali.

Mengobati demam (masuk angin dan Influenza).
Bahan: 1 buah mengkudu dan 1 bonggol kencur. Cara membuat: kedua bahan tersebut di campur dan di rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga menjadi 1 gelas, kemudian di saring. Cara menggunakan: Diminum 2 kali sehari, setiap pagi dan sore.

Mengobati batuk.
Bahan: 1 buah mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut). Cara membuat: Kedua bahan tersebut di campur dan di rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga menjadi 1 gelas kemuduan di saring. Cara menggunakan: diminum 2 kali seharu pagi dan sore.

Mengobati sakit perut. Bahan: 3-4 daun mengkudu. Cara membuat: daun mengkudu ditumbuk halus di tambah garam dan diseduh dengan air panas. Cara menggunakan: Setelah dingin di saring dan di minum sehari 1 kali.

Menghilangkan sisik pada kaki.
Bahan: Buah mengkudu yang sudah masak di pohon. Cara menggunakan: Buah mengkudu yang sudah masak di gosokkan ke kaki yang bersisik sampai merata dan diamkan 5-10 menit kemudian bersihkan kaki dengan kain bersih yang di basahi air hangat.
 
Itulah beberapa manfaat Buah Mengkudu untuk mengobati berbagai penyakit. Bila Sobat ingin menambahkan manfaat lain buah mengkudu, silahkan tulis di kolom komentar.


Referensi dan Sumber Gambar
  • Sopandi. 2009. Tanaman Obat Tradisional (Jilid I). Jakarta: PT Sarana Panca Karya Nusa.
  • Dalimartha, Setiawan. Atlas Tumbuhan Obat Indonesia. Unggaran: Trubus Agriwidya.
  • https://www.honestdocs.id/
  • https://organicvolunteers.com/

Post a comment for "Fakta Unik Mengkudu: Buah Penyembuh Untuk Berbagai Penyakit"