7 Cara Menulis Artikel Agar Terus Semangat

Cara Menulis Artikel di Blog
Apa itu menulis?. Menulis adalah suatu kegiatan menuangkan pemikiran, wawasan, ide, gagasan yang di tuangkan dalam bentuk tulisan, untuk di suguhkan pembaca agar di pahami isinya.

Menulis merupakan kegiatan yang tidak asing lagi buat kita, karena semenjak duduk di bangku SD sampai Kuliah kita di ajari atau bersingungan langsung dengan yang namanya menulis, dari membuat karangan  waktu SD sampai menyusun Skripsi untuk pra-syarat memperoleh gelar kesarjanaan, itu semua di lalui dengan menulis.

Apa lagi kalau menekuni dunia Blogger menulis adalah syarat mutlak yang harus di latih, karena memang blogger adalah media tempat menulis, tidak terbayang seseorang disebut  blogger tapi tidak bisa menulis. Untuk mengatasi hal itu, kalian bisa mencari tips menulis artikel yang berseliweran di pencarian google.

Banyak hal yang dapat kita peroleh dari kegiatan menulis, dengan menulis kita bisa menyalurkan hoby, memperkaya wawasan, curhat, membagi kegembiraan serta kesedihan dll. Yang membuat kita merasa lega, nyaman karena unek - unek yang ada di dalam hati dan pikiran ahirnya tersalurkan dalam bentuk tulisan.

Menulis itu gampang - gampang susah lo?, gampang bila ide berseliweran dan sebaliknya sangat sulit bahkan buntu bila kehabisan ide, entah apa sebabnya? setiap orang pasti pernah mengalami hal itu, seakan - akan otak ini mentok njedok tembok karena buntu tidak ada ide, ada keinginan menulis tapi binggung tidak tau apa yang harus di tulis. Untuk mengatasi hal itu ada beberapa tips agar kita bisa konsisten dan semangat dalam menulis, mari kita simak bersama:

(1). Belajarlah peka terhadap keadaan, hal ini yang sering di alami banyak orang, dengan keadaan tertentu (Jatuh cinta, patah hati, merasa senang dan sedih), maka ide nulis akan muncul.

(2). Catatlah semua ide yang muncul, karena ide nulis terkadang muncul secara tiba - tiba misalnya: Saat bangun tidur, di atas kendaraan, waktu mancing, pas di tempat kerja, saat mandi dll. Dengan mencatat ide, maka tidak sekedar numpang lewat saja tetapi bisa menjadi sebuah karya.

(3). Mulailah menulis sekarang jangan di tunda - tunda, terkadang banyak orang yang punya seabrek ide nulis tetapi di tunda - tunda ahirnya terlupakan.

(4). Bayak - banyaklah membaca, (Pepetah bilang: “tulisanmu adalah cerminan bacaan-mu”,) dengan banyak membaca perbendaharaan kata semakin beragam, yang menyebabkan kalian lancar menulis dan tulisanmu enak di baca.

(5). Hilangkan rasa malas menulis, memang sih tidak dapat di pungkiri, terkadang rasa malas itu selalu datang, tapi bagaimana kita mensikapi agar bisa menghilangkan kemalasan itu, misalnya menulis sambil dengarkan ceramah agama, musik atau yang lain agar bersemangat dalam menulis. 

(6). Sediakan Camilan, Teh atau Kopi, ketiga pendukung itu sangat penting dan di perlukan dalam proses menulis agar tubuh merasa nyaman, rileks sehingga ide - ide akan mengalir tanpa kita sadari.

(7). PD (percaya diri), poin terahir ini sangat penting bagi seorang yang ingin memulai menulis, biasanya seseorang yang baru menulis itu sering merasa: Malu ah nulis nanti di lihat orang atau bla bla bla? kalau kita berniat menulis harusnya mempunyai rasa percaya diri yang tinggi, jangan takut salah, jangan takut tulisan kita tidak ada yang baca dan yang terpenting, kita harus mempunyai keyakinan bahwa kita bisa nulis!, siapa tau suatu saat nanti kita bisa menjadi penulis professional hehe, banyak itu teman - teman blogger yang sudah jadi penulis dan menerbitkan buku. 

Sekian dulu ya sobat tulisan kali ini, bila ada waktu nanti di sambung kembali lain kesempatan, bila ada yang ingin menambahkan bisa metuliskan di kolom komentar. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

8 Responses to "7 Cara Menulis Artikel Agar Terus Semangat"

  1. Sit In The Chair.

    Kalau mau nulis, duduk dan menulislah. Seringkali kita nggak mulai, mulai nulis karena terlalu banyak syarat dan ketentuan yang kita buat biar bisa mulai nulis.

    Settingan program harus udah fix, kopi tersedia, musik mendayu, dan lainnya.

    Akhirnya waktunya habis untuk 'ritual' persiapan. Pas mulai nulis, baru inget, cucian belum dijemur. Walhasil, nggak mulai-mulai.

    Jadi, kenapa nggak disederhanain aja? Mau nulis? Ya udah duduk dan menulislah. Toh ya tulisan itu nggak serta merta diposting right away. Kan diedit dulu sebelum diposting.

    Make it simple and keep it that way.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar juga gan, tapi mungkin tu orang2 tertentu yg memang ada bakat dari lahir hehe

      Kalau saya memang harus bener2 ada ritualnya, biar ide mengalir pling tidak ada kopi meja lah ☆

      Delete
  2. Masalah terbesar dalam menulis yg serig di alami

    Pas udah dapat inspirasi, lalu buka laptop, eh inspirasinya hilang.

    Endingnya malah ngegame...

    Mksh tips nya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti mirip dg saya gan, terkadang sudah ancang mau nulis tapi tergoda main geme atau nonton Filem hehe ☆

      Delete
  3. Nah ni cucok deh tips nya.. Malez sih enggak.. Cmn ga mulai" nya itulooh yg ssh... Smg and disemogakan...

    ReplyDelete
  4. aku tergantung mood, kalau lagi ga mood dikejar DL aja susah banget ide datang tapi kalau mood datang bisa 1 jam-an even nulis lomba blog dan menang juga wkwkwk *maaf aku riya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih mantep mbak, patut di contoh untuk temen2 yang lain hehe

      Delete

Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini!, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi, bila berkomentar tidak sesuai dengan kebijakan Blogger maka tidak di terbitkan!.
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
4. Happy Blogging 🙂.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel