Dengan Cara ini Cartridge Printer Mampet Bisa Lancar Kembali

Cara Memperbaiki Cartridge Printer yang MampetCara Memperbaiki Cartridge Printer yang Mampet - Berawal dari beberapa waktu yang lalu, saat ada pelanggan melakukan cetak foto ukuran 10 R, di foto gambarnya jernih resolusi-nya besar, tetapi setelah foto saya cetak dengan Printer Epson yang biasanya saya gunakan, ternyata hasilnya belepotan, tidak sesuai dengan foto di layar monitor.

Waduh… Sampai kaget! (bagai tersambar Petir 😅) kenapa lagi ini Printer? biasanya bagus untuk cetak foto, tapi kali ini kok hasilnya jelek dan belepotan seperti begini? (apakah printer ini kesetanan? / kerasukan jin?, setan? / sebangsa nya kok hasil nya jelek 😀)??? saya searching di Google untuk cari solusinya?, setelah searching beberapa saat bongkar - bongkar artikel tutorial memperbaiki printer, ahirnya menemukan solusi juga (Tutorial ini bisa di terapkan di semua printer berjenis inkjet).

Ingin membagi sedikit pengalaman tentang cara memperbaiki Printer (kebetulan printer saya Epson) yang mampet alias tinta tidak mau keluar dan hasil cetak bergaris. Di pasaran Indonesia sekarang ini banyak di jual beberapa jenis Printer, dari Printer berjenis laserjet sampai Inkjet, tapi kebanyakan orang lebih suka memakai printer berjenis Inkjet.

Karena printer inkjet harganya lebih murah dan cocok di gunakan sebagai usaha cetak foto amatir seperti yang saya lakukan ini. Meskipun demikian printer berjenis Inkjet cenderung lebih sering mengalami masalah - masalah, misalnya, tinta mampet tidak mau keluar, hasil prin bergaris, paper jam, sampai lampu indicator blinking atau berkedip - kedip.

Di kesempatan kali ini saya ingin membahas satu dulu yaitu “Cara Memperbaiki Cartridge Printer yang Mampet tidak keluar tinta dan hasil bergaris”, kalau sobat mendapati printer-nya mengalami hal itu, yang perlu sobat lakukan adalah jangan panik, belajar nekat dan berani membongkar Printer-nya sendiri, biar tidak makan ongkos serfis, lalu caranya bagaimana? Ayo di simak ya? penjelasan saya kali ini. Cikedout:

Sebelum memperbaiki printer ada peralatan yang perlu sobat siapkan, di antarnya: Tisu, Alat suntik bekas, Selang karet kecil, Air mineral, Alkohol, Cairan pembersih kaca dan yang terahir Keberanian.
Cara Memperbaiki Cartridge Printer yang Mampet
Perlengkapan Memperbaiki Cartridge Printer
Cara membuat cairan pembersih Head atau Cartridge printer adalah campuran air mineral (di sarankan pakai air mineral kemasan), alcohol dan cairan pembersih kaca (kalau mau yang lebih ekstrim pakai bayc*in) di campur jadi satu, gunakan media alat suntik dengan ujung selang karet sebagai penghubung yang nantinya di tancapkan pada kepala head atau catridge printer Epson atau Canon (kebetulan printer saya Epson).

Sebenarnya ada cairan khusus pembersih Head dan Cartridge Printer yang di jual di toko perlengkapan Komputer, berhubung saya berada di Timika (cari cairan ini sulit sudah keliling - keliling tapi hasilnya nihil) maka saya pakai cairan racikan sendiri.

(1). Pertama, Buka penutup printer yang ingin di perbaiki.
Cara Memperbaiki Cartridge Printer yang Mampet
Printer yang di buka
(2). Kedua, Letakkan tisu di alas pemutar kertas yang nantinya berfungsi sebagai penyerap tinta biar tidak meluber.
Cara Memperbaiki Cartridge Printer yang Mampet
Saat Tisu berada di dudukan
(3). Ketiga, Seret rumah Cartridge sampai di tempat penggantian tinta, copot salah satu cartridge yang terdeteksi mampet. Biasanya di tandai hasil cetak yang tidak rata dan kalau di cek menggunakan (nozzle check) salah satu warna ada yang hilang atau putus - putus, ini contoh hasil nozzle check-nya.
Cara Memperbaiki Cartridge Printer yang Mampet
Hasil Nozzle Check Bagus vs Garis putus
(4). Keempat, Tancapkan suntikan dengan selang karet yang sudah terisi cairan pemberih ke kepala cartridge printer, tekan suntikan pelan - pelan, kemudian sedot kembali, ulangi langkah tersebut beberapa kali sampai cairan di suntikan terlihat bening tidak terlihat bercak tintanya lagi, liat gambar.
Cara Memperbaiki Cartridge Printer yang Mampet
Memperbaiki Cartridge dengan suntikan bekas
Kalau di rasa sudah bersih dan tidak buntu cartridge printer-nya maka lakukan head cleaning beberapa kali lalu cek hasilnya dengan nozzle check bila hasilnya bagus dan tidak putus - putus berarti printer kalian sudah sehat dan siap di gunakan.

Bila hasilnya masih putus - putus ulangi langkah di atas sampai berhasil. Pengalaman: Saya kemaren perbaiki sampai setengan hari, baru hasilnya kelihatan bagus, maka sobat semua harap ber-sabar dan tlaten agar hailnya memuaskan.

Warning: Tutorial ini adalah opsi terahir, bila tidak ada pilihan lain. Saya tidak bertangung jawab bila terjadi kerusakan pada Printer kalian!, karena tutorial ini sudah saya praktekin dan hasilnya lumayan bagus, sekian terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Dengan Cara ini Cartridge Printer Mampet Bisa Lancar Kembali"

  1. Oalaaah begini toh caranya. Saya nggak tahu sebelumnya jadi kalau mampet saya kira rusak total dan beli baru. Terimakasih informasi bermanfaatnya mas.

    ReplyDelete
  2. Duh jadi inget printer saya juga mampet (kebetulan merk sama, bentuknya juga kayanya sama), jadi gak mau jalan dia, sampe bulukan teronggok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bongkar sendiri aja sob, biar nggak makan ongkos serfis :)

      Delete

Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini!, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi, bila berkomentar tidak sesuai dengan kebijakan Blogger maka tidak di terbitkan!.
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
4. Happy Blogging 🙂.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel