Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menulis Menurut Mas Arif Agar Ide Terus Mengalir

Cara Membuat Artikel
Cara Membuat Artikel - Hai Sobat, bagaimana kabarnya? Semoga baik-baik saja ya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips cara menulis di blog yang baik dan mudah yang saya jelaskan di sini mungkin saja berbeda dengan yang di jelaskan teman-teman blogger yang lain. Ya… harap maklum, beda orang beda pemikiran, jurus terahir ambil baiknya dan buang jeleknya, ok.

Menulis…! Sebagian orang menganggap sebuah kegiatan yang membosankan, menjengkelkan, bahkan membuat kita ngantuk dll. Itu sebabnya orang enggan untuk nulis, tapi menurut saya nggak juga lo Sobat, justru menulis adalah sebuah kegiatan yang positif dan menyenangkan. Mampu menimbulkan rasa percaya diri, bisa menghilangkan rasa suntuk, galau, kecewa, apalagi yang baru putus cinta atau cintanya di tolak wkwk. Kalau Kalian sedang di posisi itu saya sarankan menulislah! maka rasa-rasa yang mengganggu pikiranmu di jamin akan hilang.

Dalam menulis biasanya ada hal yang sangat sulit menurut saya, yang perlu Sobat ketahui yaitu saat menemukan ide atau tema yang akan kita tulis. Guru seni SMA saya pernah bilang:

“Ide itu akan muncul di mana dan kapan saja, tanpa mengenal waktu dan  tempat”,

Oleh karena itu bila ide Kalian muncul maka segeralah catat agar nggak lupa. Misalnya saat kita mandi, makan, tidur, jalan-jalan, bahkan saat gosok gigi-pun kalau ide itu muncul segera catat agar nggak hilang begitu saja.

Setelah mendapatkan Ide yang akan kita tulis, langkah selanjutnya adalah membuat kerangka tulisan. Ini sesuai dengan yang di ajarkan bapak atau ibu guru sewaktu duduk di bangku SD (Sekolah dasar). Biasanya beliau mengajarkan, sebelum membuat karangan harus di buat kerangka karangan terlebih dahulu agar menulis lebih mudah dan nggak lari dari tema yang akan di bahas.

Selanjutnya mulailah menulis apapun, biarlah semua mengalir sesuai imajinasi yang ada di pikiranmu. Saya sarankan tulis saja secara manual (pakai buku dan pena) agar mudah di bawa kemana saja, tanpa ketergantungtan dengan perangkat seperti komputer atau leptop. Seperti sekarang ini saya menulis di kantor Polisi, saat ada waktu luang di selah-selah antri mengurus SKCK (Surat keterangan catatan kepolisian) jadi.

Cara Membuat Artikel
Saat menulis carilah tempat dan suasana yang pas dengan hatimu, agar ide-ide itu bisa muncul dengan mudah, misalnya saat di Pantai, di bawah pohon, saat antri di Bank, bahkan saat duduk manis ditoilet-pun bisa dengan menulis, asal situasi dan kondisi memungkinkan. (yang terahir sesat jangan di tiru yaaa Sobat, cuma bercanda  hehe).

Berikutnya tulislah dengan bahasa yang sederhana dan mudah di fahami oleh pembaca, serta yang nggak kalah penting usahakan tulisanmu sesuai dengan EYD (Ejaan yang di sempurnakan). Kenapa kita harus menulis sesuai dengan EYD?. Sebab pengunjung blog kita itu bukan hanya dari Indonesia saja, tetapi banyak juga dari seluruh dunia. Bayangkan Sobat? Seumpama tulisan Kalian mengunakan bahasa gaul dan yang membaca blogmu orang dari luar negeri. Apa bisa kira-kira tulisanmu di translate ke dalam bahasa mereka hehe. Pasti aplikasi translate mereka bingung!. Itulah fungsinya mengapa harus menulis sesuai EYD, bila terpaksa mengunakan bahasa gaul atau daerah usahakan di tulis artinya di dalam kurung.

Dalam menulis usahakan banyak menggunakan kata kunci, apa itu kata kunci? Kata kunci adalah kata yang biasanya banyak di cari oleh pengunjung blog yang haus akan informasi. Tetapi penggunaan kata kunci harus di sesuaikan dengan tema tulisan agar bisa nyambung dan enak di baca.

Mungkin Sobat bertanya! Apa pentingnya menggunakan kata kunci? Kata kunci sangat penting, agar tulisanmu cepat terindeks oleh mesin pencari di internet, misalnya: google, bing, yahoo, yandex dll. Dampaknya artikelmu akan masuk rangking 1 (pege one) di mesin pencari. Imbasnya blog Kalian mendapatkan trafik (pengunjung) maksimal yang berasal dari lalu lintas postingan artikel. Apalagi blog Kalian akan di daftarkan ke program pengiklanan seperti google adsens, PCC (pay per click) dll. Yang mana semakin banyak pengunjung maka semakin besar kesempatan Kalian di terima dan  mendapatkan uang dari blog.

Materi tulisanmu usahakan yang bermanfaat dan banyak di cari orang, hindari membahas hal-hal negatif yang di larang agama maupun pemerintah, misalnya tentang obat-obat terlarang, sex, sara dll.

Setelah selesai menulis barulah Kalian ketik sekakigus mengedit tahap pertama, bila ada penempatan kata atau tanda baca yang kurang tepat atau pas. Saat inilah Kalian perbaiki agar mudah dan enak di baca. Yang terahir adalah tahap finishing, yaitu pengeditan super ketat (mencari kesalahan typo) agar benar-benar tulisanmu pas dan siap di terbitkan di blog.


Mudah bukan cara membuat artikel di blog hehe. Nggak ada yang sulit kok, asal mau berusaha secara maksimal dan semata-mata di niati ibadah, ingin berbagi pengetahuan kepada sesama dan untuk menyalurkan hobi. Mungkin itu dari saya bila ada yang ingin menambahkan bisa Kalian tulis di dalam komentar.  

Jangan sekali-kali menulis dengan tujuan ingin menghasilkan uang dari internet, pasti Kalian akan kecewa dan ahirnya males Ngeblog”.

Sekian.

Post a Comment for "Tips Menulis Menurut Mas Arif Agar Ide Terus Mengalir"