Beberapa Dampak Jejaring Sosial yang Harus Kalian Tau Agar Tidak Terjerumus Pada Hal Negatif

Dampak Jejaring Sosial bagi Masyarakat
Di zaman modern sekarang ini banyak sekali hiburan yang di suguhkan bagi masyarakat, tidak ketinggalan hiburan yang sudah di kenal dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa yaitu jejaring sosial. Jejaring sosial di buat untuk membantu dan mempermudah seseorang dalam berkomunikasi, berinteraksi maupun bersosialisasi dengan sesamanya baik dengan orang tua, saudara, teman bahkan orang yang tidak di kenal sekalipun kita bisa berinteraksi dengan mereka. 

Diantara jejaring sosial yang lagi ngetren saat ini misalnya Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, WhatsApp, MySpace dll. Pasti sobat blogger sudah kenal jejaring sosial tersebut???, Hemmm dengan jejaring sosial itu kita bisa berbagi foto, vidio, musik dan masih banyak lagi baik di sesama kota, negara bahkan di ujung belahan dunia lain sekalipun kita masih bisa berinteraksi dengan cepat dalam hitungan detik. Ternyata sudah secanggih ini dunia sekarang, padahal saat saya kecil dulu, untuk tau kabar kakak dari luar negeri (Malaisia) harus menunggu kurang lebih satu bulan, karena kabar di kirim lewat surat, weleh weleh lama bener ternyata. 

Terkadang prihatin melihat teman atau saudara yang ada di sekitar, dengan santainya membiarkan anaknya yang masih di bawah umur untuk berselancar di internet, padahal itu sangat berbahaya di masa tumbuh kembang mereka, banyak hal-hal negatif yang di timbulkan, informasi yang seharusnya belum waktunya dia terima dengan berselancar internet maka seabrek informasi baik positif maupun negatif membanjiri pikirannya, membuat mereka binggung dan menjadi pribadi yang kebranggas (entah bahasa Indonesianya apa ane nggak tau).

Bill Gates seorang jenius yang melahirkan teknologi luar biasa yaitu "Microsoft", memiliki peraturan dalam keluarganya yaitu melarang anaknya untuk menggunakan ponsel / gadget sampai umur 14 tahun haaah!, bandingkan di lingkungan kita (teman, sahabat atau saudara) anak mereka yang baru lahir saja sudah di buatkan akun media sosial heeem, itu menurut saya tindakan kurang bijak, mengingat bahaya media sosial.

Kalau diantara sobat blogger ada yang sudah menjadi bapak atau ibu muda, sudah terlanjur membuatkan akun media sosial bagi anak sobat jangan khawatir, masih ada cara kok untuk membendung informasi negatif dari media sosial, caranya yaitu saat kalian membuat imail tolong setting tanggal, bulan dan tahun lahir sesuai umur anak sobat, ini terlihat sederhana tapi sangat penting.

Dari pengamatan saya misalnya media sosial youtube (anak-anak sekarang gemar membuka youtube karena banyak tontonan yang menarik), dalam alogaritma mereka (youtube) hasil pencarian biasanya di sesuaikan dengan umur yang tertera dalam imail, semakin tua umur yang di cantumkan dalam membuat akun youtube, maka yang keluar dari pencarian adalah konten-konten dewasa, itu sebabnya sangat penting membuat imail berdasarkan umur mereka (pakai umur muda lebih baik), agar terhindar dari tontonan untuk orang dewasa atau 18+.

Dampak Positif dan Negatif Media / Jejaring Sosial:

Dampak Positif
  • Memudahkan kita berinteraksi dan memperluas jaringan pertemanan secara cepat, misalkan dengan orang tua, teman, pacar dll, dari seluruh dunia.
  • Penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat atau real-time.
  • Dapat membuka lapangan pekerjaan, dengan adanya jejaring sosial banyak orang berjualan secara online misalnya yang lagi marak saat ini berjualan henphone, hijab, baju, buku, obat-obatan bahkan celana dalam sekalipun di jual di jejaring sosial hehe. 
  • Menggunakan jejaring sosial lebih murah dari mengunakan surat atau telephon saat berkomunikasi.

Dampak Negatif
  • Seseorang menjadi penyendiri, tidak mau bersosialisasi dan susah bergaul di dunia nyata (dengan beraktifitas di jejaring sosial seseorang cenderung memiliki dunianya sendiri, dan tidak sedikit dari mereka karena sibuk berinternet, mereka cuek dengan lingkungan dunia nyata sekitar).
  • Kegilaan sesaat (Pernahkah sobat blogger melihat seseorang dengan santainya memegang hp sambil senyum dan nyengir sendiri  hayo siapa pernah ngaku, itu bentuk kegilaannya karena sibuk menggunakan jejaring sosial dan tidak menghiraukan sesuatu yang ada di sekelilingnya).
  • Banyak timbul kejahatan dengan berbagai modus baru misalnya penipuan penjualan secara online, peredaran narkoba, tindak kejahatan seksual di karenakan pertemanan di jejaring sosial dll.
  • Penyebaran pornografi semakin marak dan cepat (seseorang yang sudah mengenal dunia internet / jejaring sosial pasti pernah melihat gambar-gambar porno baik di sengaja maupun tidak, saya mencontohkan yang tidak di sengaja misalnya di iklan alat kontrasepsi, obat kuat pria, obat pembesar alat kelamin yang  banyak disisipi gambar-gambar porno yang biasa nempel di blog atau wabsite yang dapat di akses secara bebas baik anak-anak maupun orang dewasa).
  • Menghambur-hamburkan uang secara berlebihan, jaman sekarang internet di anggap sesuatu hal yang wajib di penuhi, misalnya bagi sebagian orang yang sudah ketagihan internet kalau di tanya pilih mana uang untuk beli makan atau beli pulsa internet?, pasti mereka jawab beli pulsa internet. Kwkwkwk itu kan berlebihan! apalagi paket internet sekarang sudah semakin mahal (misalnya dari provider te*komsel untuk area Papua, harga paket internet perbulan sekitar Rp.100.000 lebih dapat 15 GB) kalau pemakaian perbulan melebihi kuota apa nggak beli lagi.

Kesimpulan: Situs jejaring sosial di era modern saat ini dapat memudahkan seseorang untuk berkomunikasi dan bersosialisasi, tidak hanya itu, jejaring sosial juga dapat memberikan informasi yang bermanfaat, membangun jaringan pertemanan secara cepat, menghasilkan uang secara online dan lain sebagainya. 

Namun perlu di ingat, dalam menggunakan jejaring sosial harus ada batasan-batasan, agar kita terhindar dari hal-hal negatif yang di timbulkan, contohnya: pemborosan uang, pengaruh buruk pornografi, kriminallitas, pencemaran nama baik dll, yang dapat merugikan diri kita, Tips: Gunakan jejaring sosial secara bijak dan seperlunya, ingat seperlunya!, jangan berlebihan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

18 Responses to "Beberapa Dampak Jejaring Sosial yang Harus Kalian Tau Agar Tidak Terjerumus Pada Hal Negatif"

  1. Saya sendiri pernah kena dampak negatifnya. Tapi dikit demi dikit, saya bisa menghindari kencanduan. Main media sosial, secukupnya saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hia gan, Sesuatu yg berlebihan pasti tdak baik :)

      Trims uda berkunjung ☆

      Delete
  2. sekarang tinggal tergantung kita sendiri ya, mau ambil positifnya atau negatifnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hia gan harus punya filter yg kuat agar memperoleh manfaat positif dari medsos :)

      Delete
  3. Betul Mas, setuju sekali dengan penjelasan dampak negatifnya. Harus pintar pintar memanage diri agak ga ketagihan sama sosmed, jangan sampai jadi apatis sama sekitar gara gara sibuk sendiri dengan gadget

    ReplyDelete
  4. Setuju banget, sosmed bagai sisi mata uang yang punya dampak positif dan negatif, so kembali ke diri kita harus bijak dan memiliki kontrol untuk penggunaan sosmed

    ReplyDelete
  5. Semuanya kembali lagy ke dalam diri kita masing-masing menurutku. Karena selain dampak negatif, di sosmed juga ada banyak dampak positifnya. Pokoknya pinter-pinter kita memilahnya aja nih hihi

    ReplyDelete
  6. Benar. Dampak negatifnya itu ampun deh. Sulit dibendung. Jadinya serba salah ya? Kita butuh tapi terpapar dampak negatifnya juga.

    ReplyDelete
  7. Di jaman digital gini kita emang harus pinter-pinter mengatur batasan buat diri sendiri, jgn sampe merugikan.

    ReplyDelete
  8. Yang aku khawatir adalah konten porno dan konten prank dari socmed, makanya aku selalu periksakan hp anak2ku hampir setiap malam jika mereka sudah tidur

    ReplyDelete
  9. Bener banget kak,negatifnya banyak banget yak,eh tapi bukannya kalau bikin email itu,harus 18 tahun plus ya? Bisa gitu kak dibawah usia itu punya akun email?

    ReplyDelete
  10. Kemajuan teknologi memang memberikan banyak manfaat ya namun tak dimungkiri dampak negatifnya juga banyak. Jadi peran orang tua sangat penting banget nih, terutama dalam mengawasi anak-anak yang sedari dini sudah dikenalkan dengan gadget.

    ReplyDelete
  11. Lebih banyak dampak negatifnya ya mbak. Kalah saya pribadi belum bikinin akun untuk anak dan berusaha sangat membatasi anak buka YouTube walau memang sih anak setahunan kalau dikasih YouTube dri jingjrak jingjrak jadi anteng diem. Tapi ya itu, lebih ngeri mikirin akibat buruknya jdi berusaha banget ngasih anak buku atau montessori toys

    ReplyDelete
  12. Khawatirnya pasti ke anak. Makanya mesti teman-teman anakku sudah dibuatkan akun sosmed oleh orang tua mereka, aku tetap gak mengizinkan anakku punya akun hehehee... Klo pun pegang gadget, cuma buat main game aja tanpa kuota :)

    ReplyDelete
  13. Setuju, kita memang harus bijak bermedia sosial. Sebelum mengawasi anak dg akun medsos-nya, kita yg harus sadar diri. Saya juga memilih menunda memberi ponsel pada anak. Alhasil, anak saya malah lebih dekat dg buku.
    Btw, kalau saya sendiri lebih sering aktif di instagram. Fesbuk agak bosen, Twitter sering gak sempat nengokin, hehe. Pusing juga sih kalau kebanyakan main medsos. Secukupnya saja

    ReplyDelete
  14. Wah, baru tahu kalau umur saat membuat akun email bisa berpengaruh. Selama ini, saya asal2an aja bikin akunnya, hehehe

    ReplyDelete
  15. memang segala hal ada dampak baik dan buruk. sebaiknya kecanggihan teknologi dapat dimanfaatkan dg baik. saya kenal internet saat SMA tapi baru memaksimalkan pemanfaatannya setelah lulus kuliah. hehe

    ReplyDelete
  16. Setuju banget kak, gunakan sepertinya sesuai dengan tujuan. Yang mau googling info ya cari sesuai kebutuhan. Kalau udah meleng dan mampir ke sana kemari, itu yang bahaya

    ReplyDelete

Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini!, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi, bila berkomentar tidak sesuai dengan kebijakan Blogger maka tidak di terbitkan!.
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
4. Happy Blogging 🙂.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel