Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bikin Takjub: Inilah 8 Inovasi Teknologi Medis di Era Digital

Teknologi Medis di Era Digital

Teknologi Medis di Era Digital - Di jaman modern saat ini manusia memang nggak dapat lepas dari berbagai teknologi canggih, mulai dari smartphone, komputer, peralatan kesehatan serta alat-alat yang lain. Semua teknologi canggih tersebut sudah menjadi layaknya kebutuhan primer bagi Masyarakat.

Nggak ketinggalan termasuk di bidang kesehatan. Hal ini dibuktikan dengan terciptanya berbagai teknologi medis canggih yang memudahkan siapa saja untuk mengecek kondisi kesehatannya. Berikut ini beberapa contoh teknologi medis yang banyak membantu kehidupan manusia, mari kita simak bersama.

1. Aspirin Elektrik

Teknologi Medis (Aspirin Elektrik)

Pasti Kalian menyepelekan jika sedang mengalami sakit kepala atau migrain. Kadang kita hanya minum obat aspirin dari warung-warung tetangga, memang sih aspirin sudah terbukti meredakan sakit kepala, tapi alangkah baiknya selalu mengecek kesehatan secara rutin. Namun bila Kalian kesal dengan permasalahan sakit kepala, nggak ada salahnya untuk mencoba alat aspirin elektrik.

Aspirin elektrik adalah alat yang dapat menghilangkan sakit kepala biasa maupun migren dengan cepet. Alat ini berupa pemancar kecil yang dapat di tanamkan di dalam tengkorak, khususnya pada bagian rahang yang bergusi.

Aspirin elektrik bekerja dengan memancarkan impuls listrik, untuk memblokir sinyal sakit kepala yang dipancarkan oleh sebagian sistem saraf sphenoplatine ganalion yang ada di tubuh.

2. Celana Elektrik

Teknologi Medis (Celana Elektrik)

Jika sebelumnya sudah ada aspirin elektrik sekarang ada celana elektrik. Mungkin dari Sobat sudah pernah mendengarkan ya, jenis celana ini?. Celana ini berfungsi untuk mempercantik bokong atau mengecilkan perut dan badan. Namun celana elektrik yang satu ini juga memiliki fungsi lain.

Alat ini juga dapat digunakan untuk pasien yang sedang sakit dan harus berbaring di ranjang selama berminggu-minggu. Fungsi alat ini adalah mengaktifkan otot-otot dan melancarkan sirkulasi peredaran darah. Ketika mengunakan alat ini, sama halnya ketika Sobat menggerakkan otot-otot saat berolahraga. Alat ini di kembangkan oleh peneliti asal Kanada dan dijuluki sebagai Smart e pants, karena alat ini dapat memberikan muatan listrik kecil setiap 10 menit, keren banget ya hehe.

3. Melafind

Teknologi Medis (Melafind Alat Pendeteksi Penyakit Kanker)

Kita tahu bahwa kanker adalah penyakit berbahaya yang dapat menjangkit siapa saja, perkembangan penyakit ini juga sangat cepat dan semakin kompleks. Alat ini tercipta sebagai upaya menekan permasalahan tersebut, khususnya resiko pada kanker kulit.

Fungsi alat ini adalah membedakan atau mendeteksi antara tahi lalat yang nggak berbahaya dengan tahi lalat penyebab penyakit kanker kulit atau melanoma. Sistim kerja alat ini menggunakan teknologi dari fotografi dengan memanfaatkan panjang gelombang elektro magnetik yang didapat, kemudian disamakan dengan database melanoma yang telah terkumpul sebelumnya.

4. My Tensio

Teknologi Medis (My Tensio)

My tensio adalah sebuah alat yang mampu memonitor tekanan darah dalam jangka waktu tertentu. Penggunaan alat ini juga dapat di sinkronkan dengan smartphone sehingga hasilnya dapat terlihat jelas melalui layar smartphone Sobat. My tensio sangat cocok digunakan bagi para penderita darah tinggi. Alat ini di buat oleh perusahaan asal Perancis bernama bewell connect.

5. Robodoc (Robot Check Up Kesehatan)

Teknologi Medis (Robodoc)

Alat canggih yang selanjutnya adalah Robodoc. Alat ini diciptakan untuk membantu rumah sakit yang memiliki banyak pasien atau pengunjung yang ramai. Fungsi kerja alat ini adalah mengontrol dan memonitor indikator vitalis pasien dari kamar satu ke kamar lain agar nggak ada gangguan yang sering terjadi ketika rumah sakit sedang ramai.

Alat ini dikembangkan oleh perusahaan IRobot Colt yang memiliki reputasi baik dalam pengembangan teknologi kesehatan, namun sayang robot ini masih dalam tahap penelitian.

6. Plester Anti Diabetes

Teknologi Medis (Plester Anti Diabetes)

Bagi Sobat penderita diabetes, sekarang sudah ada alat canggih yang dapat digunakan untuk mengontrol kadar gula darah atau kadar glukosa dengan mudah dan praktis. Alat ini bernama plester anti diabetes, penggunaan alat ini sangat mudah lo?.

Sesuai dengan Namanya, alat ini hanya ditempelkan pada kulit dan biosensornya akan mendeteksi perubahan biokimia pada kulit akibat fluktuasi kadar gula darah. Untuk mengetahui hasilnya dapat dilihat langsung pada monitor khusus yang telah terhubung sebelumnya. Alat ini diciptakan oleh perusahaan alat medis bernama Echo terapeutik.

7. Micro Chip (Alat Kontrasepsi Modern)

Teknologi Medis (Micro Chip Alat Kontrasepsi Modern)

Kalian bingung dalam memilih alat kontrasepsi yang aman. sekarang ada solusi aman praktis dan sangat canggih lo? Belum lama ini sebuah lembaga penelitian di bidang kesehatan berhasil mengembangkan suatu alat kontrasepsi modern yang ditanamkan pada tubuh manusia.

Chip ini nantinya dapat di sinkronkan dengan smartphone, sehingga memudahkan pengguna untuk mengendalikan. Jika pasien sudah nggak ingin memiliki anak, Sobat tinggal mengaktifkan. Secara otomatis chip akan memberikan semacam serum yang biasa di gunakan dalam metode kontrasepsi melalui suntikkan.

8. Lechal

Teknologi Medis (Lechal Alat Pembantu Tunanetra)

Bagi para penderita tunanetra alat ini pasti memberikan dampak positif untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Lechal adalah alat yang berfungsi untuk membantu mengarahkan tunanetra saat berjalan.

Biasanya alat ini di pasang di bawah sepatu dan disinkronkan dengan smartphone melalui Bluetooth, yang kemudian akan membantu mereka berjalan melalui suara yang keluar dari smartphone.

3 comments for "Bikin Takjub: Inilah 8 Inovasi Teknologi Medis di Era Digital"

  1. wah semua canggih ini, di indo sudah ada belum ya

    ReplyDelete
  2. teknologi begitu cepat majunya....
    artikel bermanfaat....thank you for sharing

    ReplyDelete
  3. Kemajuan teknologi yang digunakan untuk menunjang kesehatan, tentu manfaatnya sangat besar. Sudah selayaknya kemajuan teknologi digunakan untuk kemaslahatan.

    ReplyDelete

Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi. Bila berkomentar nggak sesuai dengan kebijakan Blogger maka nggak di terbitkan!.
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
4. Happy Blogging 🙂.