Cara Mengatasi Jingling (Bot Auto Visitor) yang Menyerang Blog dengan Cloudflare

Cara Mengatasi Jingling (Bot Auto Visitor)
Berawal dari beberapa hari lalu, saya berusaha menaikkan visitor atau pengunjung blog dengan men-share beberapa artikel yang baru di buat ke beberapa grup Facebook, Alhamdulilah hasilnya positif, artikel yang baru saya buat trafik-nya langsung melejit naik.

Tapi saya agak kaget ketika cek trafik di malam hari, di laporan diagram terpantau pengunjung atau visitor membludak enggak masuk akal. Terpantau dari pukul 12.00 siang sampai 15.00 sore pengunjung tercatat hampir 7.000 (biasanya pengunjung perhari hanya berkisar puluhan atau ratusan). Setan alas! kelakuan siapa yang jail ini 😅.

Cara Mengatasi Jingling (Bot Auto Visitor)
Contoh Akibat terkena Jingling
Sempat khawatir jangan-jangan pengunjung yang membludak sudah terhitung (tercatat) di perhitungan AdSense, kalau ini sampai terjadi bisa tamat riwayat akun AdSense-ku, pasti akun akan di banned dan usaha yang saya lakukan selama ini sia-sia. Oh jahilnya orang ini apa enggak ada kerjaan lain, enggak tau apa proses sampai iklan tanjang prosesnya lumayan panjang 😅. Sampai hati menjahili blog orang.

Ciri-ciri blog yang sudah terindikasi terkena Jingling: Pengunjung atau visitor naik drastis enggak seperti biasanya, Sumber trafik atau pengunjung biasanya dari luar negeri misalnya Amerika, Israel atau yang lain (sekarang di fikir secara logika saja, blog kita berbahasa Indonesia buat apa orang luar mengunjungi blog kita sampai ribuan kali), Perangkat yang di gunakan biasanya Windows. Kalau hal-hal itu sudah terjadi pada blog Kalian, maka bisa di pastikan blog terkena Jingling.

Setelah otak-atik dan membaca beberapa laporan baik dari statistik Blogger maupun AdSense ternyata: Meskipun tercatat di statistik Blogger pengunjung atau visitor membludak, tetapi di laporan AdSense tetap seperti biasa, aman enggak terhitung sebagai visitor atau pengunjung, jadi Alhamdullilah aman terkendali.

Nah kok bisa begitu? Ya bisa!. Karena sudah kita hubungkan Domain blog ke Cloudflare. Berawal dari beberapa waktu lalu, saya sering lihat beberapa teman Blogger banyak mengeluh karena blognya terkena Jingling dan akun AdSense mereka terkena banned Google. Dari pengalaman itu saya langsung membuat perisai atau pelindung agar blog tetap aman walaupun di serang Jingling bot auto visitor.


Di pembahasan kali ini saya sudah enggak lagi menerangkan cara daftar dan menghubungkan blog ke Cloudflare. Saya anggap Sobat semua sudah tau cara daftar dan menghubungkan-nya. Bila di antara Sobat ada yang belum tau caranya, silahkan melihat artikel saya sebelumnya “Trik Anti Jingling dengan menghubungkan Domain Blogger ke Claudflare”.

Baik sekarang kita belajar cara setting Cloudflare agar benar-benar dapat melindungi blog kita dari orang jail. Kalau Kalian menggunakan Cloudflare maka kunjungan Bot auto visitor atau Jingling  akan terdeteksi dan juga otomatis akan di Blok. Jadi dengan menggunakan Cloudflare di jamin bisa mengatasi Jingling.

(1). Tapap Satu. Kalian masuk di akun Cloudflare masing-masing seperti contoh gambar di bawah ini.
Cara Mengatasi Jingling (Bot Auto Visitor)

(2). Tahap Dua. Bila sudah masuk di Cloudflare Kalian masuk ke domain yang sebelumnya sudah Kalian daftarkan sebagai contoh saya memilih domain: izohealth.com silahkan perhatikan gambar di bawah.
Cara Mengatasi Jingling (Bot Auto Visitor)

(3). Tahap Tiga. Kalau sudah silahkan pilih SSL/TLS (tanda gambar gembok) selanjutnya pilih “Overview”. Pastikan sudah di atur Full, agar Claudflare dapat mengamankan blog secara penuh.
Cara Mengatasi Jingling (Bot Auto Visitor)

(4). Tahap Empat. Selanjutnya aktifkan HTTPS dengan mengeser panel di “Edge Certificates” dan di panel “Always Use HTTPS”, pilih atau klik mode On. Ini fungsinya sebagai pengaman, agar iklan dari operator pengunjung Kalian enggak muncul di blog Kalian. Fitur ini enggak akan memblok iklan di blog Kalian, cuma memblok iklan liar yang numpang tayang di blog Kalian.
Cara Mengatasi Jingling (Bot Auto Visitor)

(5). Tahap Lima. Selanjutnya atur HSTS. Kalian klik saja tombol warna biru “Enable HSTS”, ini semacam pilihan keamanan yang bisa di aktifkan di blog Kalian.
Cara Mengatasi Jingling (Bot Auto Visitor)

(6). Tahap Enam. Selanjutnya klik “I Understand”. Itu artinya Kalian mengerti dan menyetujui persyaratan keamanan ini. Kasih centang I Understand dan klik “Next”.
Cara Mengatasi Jingling (Bot Auto Visitor)

(7). Tahap Tujuh. Aktifkan semua keamanan yang ada. Kalian ubah semua jadi “On”, jadi bila semua di centang maka blog semakin aman dan baik, bila semua sudah berwarna hijau klik “Save”.
Cara Mengatasi Jingling (Bot Auto Visitor)

(8). Tahap Delapan. Langkah selanjutnya memilih menu “Firewall” (gambar tanda perisai). Ini adalah fitur utama untuk memblokir kunjungan Bot (Jingling) yang bukan manusia, di sini Kalian klik “Firewall Rule”.
Cara Mengatasi Jingling (Bot Auto Visitor)

(9). Tahap Sembilan. Selanjutnya Kalian klik “Create Firewel Rule”. Isi kolom Firewall Rule dengan memberi nama terserah (sesuka hati), lalu pada bagian Field pilih “Known Bots”, Value pilih “On”, dan pada Then... pilih “Block”. Bila sudah semua klik “Seve” dan selamat Kalian berhasil. Bila ada yang bingung lihat gambar.
Cara Mengatasi Jingling (Bot Auto Visitor)

Sebagai Catatan: 

Meskipun di Cloudflare terdeteksi di Blok, tetapi catatan kunjungan Bot di Statistik Blogger tetap tertulis. Tapi Kalian enggak perlu khawatir blog Kalian tetap aman.

Meskipun cara ini sangat aman untuk mengatasi atau memblok serangan Bot Jingling Auto Visitor tetapi cara ini ada efek samping, yaitu fitur ini juga akan memblok Bot dari Google. Yang artinya bila Kalian melakukan pengindeks-an postingan artikel blog secara manual di “Google Search Console” maka enggak akan berhasil karena Bot Google ikut di blok Cloudflare.

Tetapi jangan bersedih ya 😅. Masih ada cara untuk mengatasinya yaitu, Kalian cukup matikan sebentar fitur Blok di Cloudflare yang letaknya di menu “Firewall” dan “Firewall Rules”. Kalian hilangkan tanda “On” menjadi “Off”. Bila bingung lihat gambar di bawah ini.

Cara Mengatasi Jingling (Bot Auto Visitor)

Setelah itu Kalian bisa menggunakan lagi fitur pengindeksan “Google Search Console”. Jika postingan artikel sudah terindeks, Kalian harus aktifkan kembali fitur Cloudflare agar blog kesayangan bisa aman terkendali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Cara Mengatasi Jingling (Bot Auto Visitor) yang Menyerang Blog dengan Cloudflare"

  1. aku juga beberapa kali dapat komentar dari pengunjung negara asing. keliatan banget spammernya. tapi ga tau kalau jingling, ya. aku ga pake adsense, dan kayaknya kenaikan trafik masih normal deh, ga pernah yang tiba2 gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nggak pake AdSense aman Mbak nggak akan pengaruh untuk blog :)

      Delete
  2. Memang kadang ada aja yah kelakuan bloger yang kyk gtu. Cuma karena iri atau mau ngejatuhin bloger lain sampai harus pakai jingling segala. Alhamdulillah ada Cloudflare yah mas. Penting banget nih, terutama yang masih ngeblog pakai Blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu lah Gan, kemaren barusan kena itu, untungnya uda di pasangai Cloudflare Alhamdullilah terslamatkan.

      Delete

Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini!, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi, bila berkomentar tidak sesuai dengan kebijakan Blogger maka tidak di terbitkan!.
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
4. Happy Blogging 🙂.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel