Galau saat Menggunakan SMS Banking? Internet Banking Solusinya!

IB BRI
ARDINTORO |dot| COM - Kutipan “Beginilah Cinta Penderitaanya Tiada Ahir”, itu adalah salah satu kata mutiara pamungkas yang selalu di ucapkan “Chu Pat Kai”, dalam serial filem Kera Sakti. Sungguh mengena ya hehe. Lo lo lo kenapa antara judul dan isi artikel kok berbeda? Dasar koplak. Tenang Sobat ini hanya sebagai pemanis belaka, Ibarat pepatah kopi tanpa gula rasana pahit bla bla bla, nggak nyambung ye hehe. Memang di buat gitu ya! kwkekek.

Berawal dari kejadian kemaren ketika saya Isi Saldo suatu Aplikasi, menggunakan Virtual Account BRI (Briva) yang nggak seperti biasanya. Laporan SMS transaksi sukses, tetapi saldo di aplikasi nggak kunjung bertambah. Padahal biasanya setelah laporan SMS masuk, otomatis Saldo di aplikasi bertambah. Kejadian ini yang membuat-ku 2 hari ini nggak nafsu makan hahaha, ya ialah Sobat wajar!. Bagaimana nggak saldo Rp.1.000.000 nggak masuk, butuh beberapa hari untuk mendapatkan-nya kalau berjualan pulsa, hemmm.

Sebenarnya hal seperti ini sudah pernah saya alami tapi kasusnya berbeda, yang saya alami kemaren transfer dana dengan setatus trasfer “Di Proses Operator”, wauuu cukup bikin pening. Dari kejadian itu, saya melakukan tindakan awal dengan melapor ke pihak Cs Alhamdulilah di tanggapi tetapi memakan waktu yang cukup lama. Sampai malu di tanyain pelanggan, “Kenapa trasfer uang-nya kok belum masuk bla bla bla”, dengan berbagai alasan, usaha dan sedikit drama ahirnya beres. Dana transfer sudah masuk ke rekening tujuan, langsung saja saya chat pelanggan bahwa proses trasfer sukses.

Balik pada permasalahan di atas. Setelah menunggu lama tetap saldo belum kunjung masuk, langsung saja saya membuat laporan awal dengan mengirim e-mail ke CS di sertai bukti screenshot SMS tranfer. Tapi malah mendapat balasan begini “Untuk dapat kami lakukan pengecekan terkait transaksi pembayaran Anda, mohon dapat melampirkan bukti transfer yang menyatakan berhasil”. Lo - lo piye to kan sudah saya lampirkan screenshot SMS laporan transfer, kok masih di minta bukti transfer lagi, jadi tambah pening saya-nya, dalam pikiranku (itu artinya sms laporan transfer belum cukup sebagai bukti).

IB BRI
Contoh Laporan SMS Bangking
Nggak kehabisan akal, langsung saya telpon Cs BRI pusat untuk menanyakan setatus transfer, apa sudah berhasil atau belum. Setelah beberapa menit nelpon ada mbak Cs bersuara merdu jawab dan menjelaskan bahwa memang status transfer saya sudah masuk di rekening aplikasi tersebut dan kata mbak itu, laporan sms sebenarnya sudah sah di gunakan sebagai bukti transfer. Tambah bingung lagi soalnya tadi bukti trasfer screenshot SMS sudah saya kirimkan ke Cs aplikasi tersebut, tapi mereka masih minta lagi bukti transfer yang lain.

Jurus terakhir saya keluarkan hehe, karena sangking bingung-nya, saya mencoba untuk searching di google mencari informasi tentang masalah-ku. Saya menemukan beberapa artikel yang membahas mirip masalah-ku. Setelah baca-baca sedikit lo lo lo, ternyata banyak juga yang mendapat masalah sama dengan-ku. Alhamdulilah tercerahkan setelah membaca informasi dalam artikel itu, penjelasan di artikel di antaranya menyarankan agar datang langsung ke kantor BRI. Hemmm berhubung waktu sudah malam maka saya menunggu besoknya untuk datang ke kantor BRI.

IB BRI
Saat Ngantri di Bank BRI
Jam menunjukkan pukul 08.00 WIT langsung tancap ke kantor BRI sukur dapat nomor antrian 1 Alhamdulilah. Langsung saya utarakan permasalahan-ku ke Cs BRI bla bla bla, lalu di cetak-lah rekening koran bukti trasfer dan katanya mas CS. Ini sudah kuat sebagai bukti trasfer, hore (seketika itu mukaku langsung merona). Saya nggak mau waktu-ku ke kantor BRI sia-sia cuma untuk cetak rekening koran saja, bila di kemudian hari mendapati kasus yang sama, masak saya harus pergi ke kantor BRI lagi, capek deh.

Kebetulan bawa persaratan lengkap (KTP, Buku Rekening, Kartu ATM) nggak buang-buang waktu langsung saja saya suruh mas CS untuk mengaktifkan Internet Banking, walau ternyata agak ribet dan lumayan lama. Setelah menunggu beberapa saat ahirnya jadi dan mas CS mengintruksikan langsung tes di situ, agar kalau ada kendala bisa langsung di tangani. 


Setelah berhasil masuk akun Internet Banking BRI. Eng ing eng ternyata enak banget pakai Internet Banking, karena setiap transaksi (Cek saldo, trasfer, lihat mutasi dll) yang kita lakukan semuanya geratis, karena memang semua layanan berjalan mengunakan jaringan internet yaaa sesuai dengan namanya hehe.

Beda banget dengan saudaranya SMS Banking yang setiap transaksi potongan sms-nya lumayan besar. Yang lebih membuat saya senang saat mengunakan Internet Banking adalah saat melihat laporan mutasi di situ lengkap banget. Ada perincian saldo awal dan saldo akhir pasca mutasi, jadi lengkap. Bisa sebagai bukti transfer yang kuat, jadi nggak perlu datang lagi ke kantor BRI bila suatu saat membutuhkan bukti transfer, cukup mengakses Internet Banking beres.

Benang merah yang bisa kita tarik, bila Sobat sering bertransaksi menggunakan Virtual Account BRI untuk pengisian saldo misalnya di aplikasi: PayFazz, Link Aja, Bebas Bayar, Unitedpay dll. Alangkah baiknya jangan menggunakan SMS Banking karena di samping potongan SMS di setiap transaksi lumayan besar, laporan transaksi juga kurang lengkap sebagai bukti dan bila mendapati permasalahan seperti yang saya alami di atas pasti kebinggungan.

IB BRI
Contoh Laporan Internet Bangking
Bila Kalian masih menggunakan SMS Banking, Inilah saatnya beralih ke Internet Banking (saya bukan pengiklan IB BRI ya) karena mengingat kelebihan-kelebihan yang saya jelaskan di atas, tetapi perlu di ingat! Dalam mengunakan Internet Banking harus ekstra hati-hati dalam setiap transaksi, karena akhir-akhir ini Hacker makin merajalela, bila salah sedikit bisa raib saldo di rekening Sobat.

Hal-hal yang perlu di perhatikan ketika mengakses Internet Banking agar aman khususnya saat mengakses di Browser seperti, Uc Browser, Mozilla Firefox, Google Chrome dll. (1). Jangan menyimpan ID dan Password di Browser, (2). Jangan Mengakses Internet Banking di jaringan umum seperti Wi-Fi, (3). Jangan menyimpan ID dan Password di Hp kecuali sudah berpengaman dll.

Akhirnya selesai urusan dari kantor BRI. Setelah sampai rumah langsung saja saya scan rekening koran dari Bank tadi dan membuat screenshot mutasi Internet Banking untuk di kirimkan ke Cs Aplikasi tersebut, biar cepat di tindak lanjuti. Setelah menunggu beberapa saat sambil harap-harap cemas.

Hooore ahirnya ada informasi dari pihak Aplikasi bahwa saldo telah di refund alias dana sudah di masukkan ke dalam saldo. Hemmm antara seneng dan sedih, semua bercampur bawur jadi satu (waluah lebay) karena nggak sia-sia perjuangan-ku pergi ke kantor BRI, telpon sana-sini dan akhirnya sukses. Itulah ceritaku! Sekelumit pengalaman yang agak melelahkan dan ndeso hehe. Bila Sobat ada yang mengalami masalah yang sama bisa di praktekkan.

Terakhir, bila Sobat berencana ingin menjadi agen Aplikasi dan masih binggung cara menggunakan aplikasi, misal: (Cara cari bonus, Pengisian pulsa al operator, Pengisian token PLN, Transfer ke semua bank, Pembayaran BPJS, Pembayaran TV berlangganan, dll) Sobat bisa langsung menghubungi saya lewat e-mail: [email protected] atau melalui kolom komentar di bawah.


6 comments for "Galau saat Menggunakan SMS Banking? Internet Banking Solusinya!"

  1. deg-degan juga ya 1000.000 gk masuk di flazz..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hia Gan lumayan uang segutu, bisa untuk perpanjang Domain 4 tahun h h h =D

      Delete
  2. Alhamdullilah bisa selesai yak walopun puciiingg tujuh keliling 😂

    ReplyDelete

Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi. Bila berkomentar nggak sesuai dengan kebijakan Blogger maka nggak di terbitkan!
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
4. Happy Blogging 🙂.