Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Membuat Blog Geratisan di Lengkapi Gambar Terbaru

Cara Membuat Blog
Cara Membuat Blog - Sediakan kopi atau teh dulu sebelum baca, agar nggak ngantuk hehe. Karena artikelnya lumayan panjang.


Pendahuluan


Bila di tinjau dari disiplin ilmu Psikologi setiap Manusia bila menghadapi masalah/persoalan hidup pasti membutuhkan tempat berbagi (curhat) baik berbagi kepada Tuhan (Allah SWT), kapada Manusia, ataupun justru menulisnya (di buku, media social dll). Untuk meredakan masalah dan mencari solusi, karena memang Manusia itu makhluk sosial lemah yang nggak mungkin bisa hidup sendiri.

Dengan hal itulah terkadang sebagian orang bila menghadapi masalah/persoalan hidup langsung curhat ke Allah agar di berikan solusi di sertai menulis sekedar untuk meringankan permasalahan atau beban hidup yang di hadapi. Seperti saya ini bila lagi suntuk banyak masalah langsung curhat ke Allah di sertai menulis Alhamdulilah selama ini manjur.

Pada masa lalu media menulis sangat terbatas, misalnya menulis di atas batu, tulang, kulit hewan (pra sejarah) atau yang lebih modern di buku diary dll. Bandingkan dengan masa sekarang di masa melenial ini seseorang dengan sangat mudahnya menemukan media untuk menulis, bukan melulu menulis di buku diary seperti era 90’an, tetapi bisa di tulis di media sosial, portal website, blog dll.

Terlalu panjang ya Sobat kalimat pembukannya hehe. Maaf biar lebih rileks pemanasan dulu sebelum masuk inti. Sesuai tema di atas saya akan memandu Sobat yang ingin membuat blog/website personal dengan hosting dan domain geratis sebagai sarana menulis. Agar lebih afdol sebelum membuat blog/website Kalian harus tau dulu komponen-komponen dalam blog/website. Komponen-komponen itu antara lain:

Pengertian Domain dan Hosting


(1). Hosting (Web hosting)

Hosting adalah tempat untuk menampung data-data yang di perlukan sebuah blog atau website berisi gambar, email, aplikasi, program, script, database dll. Agar bisa di akses lewat internet. Kasarannya hosting adalah rumah suatu website atau blog.

(2). Domain

Domain adalah nama unik yang di berikan untuk mengidentifikasi suatu blog/website agar bisa di akses di jaringan Internet. Kasarannya domain adalah alamat suatu website atau blog, domain sendiri ada yang geratis dan bayar/sewa.

Contoh domain geratis: blogspot[dot]com (blogspot.com), dan wordpress[dot]com (wordpress.com) bila di gabung dengan nama unik (https://www.nama-unik.blogspot.com/) dan (https://www.nama-unik.wordpress.com/) dua domain geratis itu yang paling banyak di gunakan di Indonesia. Saya sendiri lebih senang pakai blogspot[dot]com karena mudah di gunakan dan sangat cocok bagi pemula. Fiturnya lengkap, bisa digunakan untuk menghasilkan uang dari blog. Terakir blogspot[dot]com adalah domain geratis.

Sedangkan domain yang bayar atau sewa (bayarnya per-tahun) adalah domain TLD (Top level domain) contohnya: [dot]com (.com), [dot]net (.net), [dot]org (.org), [dot]co (.co) dll. Yang saya gunakan ini juga termasuk domain TLD (Top level domain) ardintoro[dot]com yang saya sewa pertahun sekitar Rp 150.000, saya hanya sewa domainnya saja, hostingnya geratisan alias nebeng dari blogger.com.

Cara daftar blog / website geratisan menggunakan blogger[dot]com (blogger.com)


Blogger[dot]com adalah penyedia layanan blog geratisan milik google[dot]inc yang memiliki fitur dan tampilan yang menarik yang di dukung dengan kode javascript dan widget-widget sehingga kita bisa memperindah blog dengan sesuka hati. Layanan blogger[dot]com menggunakan domain atau url blog berahiran blogspot[dot]com, contoh: https://www.nama-unik.blogspot.com/, berikut cara daftarnya:

(1). Siapkan dulu akun e-mail yang aktif dari google. Saya yakin Kalian semua sudah punya akun email dari gmail[dot]com. Bila belum punya silahkan daftar di situs Gmail.

(2). Untuk mendaftar blog, Kalian masuk ke situs blogger.

(3). Setelah masuk ke situs blogger. Kalian di hadapkan ke jendela teks dengan tulisan “Publikasikan tulisan anda sesuai selera, buat blog yang unik dan menarik. Mudah dan gratis”. Kalian klik aja “Buat Blog” kalau bingung lihat gambar di bawah ini.

Cara Membuat Blog

(4). Poin berikutnya ada jendela teks dengan tulisan “Masuk lanjut ke blogger”, Kalian isi email dan kata sandi sesuai yang sudah Kalian buat tadi. Lihat gambar di bawah ini.

Cara Membuat Blog

(5). Setelah masuk menggunakan e-mail dan kata sandi di situ ada jendela teks “Konfirmasi Profil anda”, pilih aja profile blogger, lalu klik buat profile. Kalau binggung lihat gambar.

Cara Membuat Blog

(6). Buat lah profile blogger sesuai selera seperti mengisi nama, tangal lahir, hobi, pasang foto profile dll. Bikin semenarik mungkin.

(7). Setelah membuat profil blogger, kita di hadapkan ke jendela teks “Konfirmasi profile anda”. Kalian klik “Lanjut ke blogger”, perhatikan gambar.

Cara Membuat Blog

(8). Setelah itu Kalian di hadapkan ke jendela teks blogger berisi undang-undang kebijakan google kurang lebih isinya” Undang-undang Uni Eropa mewajibkan Anda untuk memberikan informasi kepada pengunjung Uni Eropa tentang cookie yang digunakan dan data yang dikumpulkan di blog..bla… bla… bla…”, baca sampai selesai agar tau peraturan-peraturan yang di tetapkan google. Lanjut klik “Buat blog baru” lihat gambar.

Cara Membuat Blog

(9). Berikutnya masuk ke jendela teks, yang harus Kalian isi yaitu judul dan alamat blog. Poin ini sangat penting harus di fikirkan baik-baik sebelum mengisinya, misalnya saat mengisi judul. Judul di sini adalah judul blog kita nantinya, kalau misalnya blog kita membahas tentang “Keseharian kita”, bisa menuliskan judul “Buku Harianku”, dll sesuai selera.

Cara Membuat Blog

Saat mengisi alamat atau url blog. Kalian isi dengan nama-nama yang unik misalnya pakai namamu atau yang lain asal nama itu tersedia. Nantinya dengan nama itu (domain) orang-orang bisa mengakses blog Kalian, contohnya saya menggunakan nama “faizzzh.blogspot.com”, lihat gambar. Sekaligus Kalian pilih tema yang sesuai dengan karakter peribadi masing-masing lalu klik “Buat blog”.

(10). Eng ing eng ahirnya kamu memiliki blog baru, tinggal banyak-banyak menulis untuk postingan blog baru Kalian, agar orang banyak mendapat manfaat dari tulisan-tulisan Kalian. Penyakit kronis yang menyerang para blogger sekarang ini “Malas membaca dan menulis”, kalau Kalian bisa melawan hal itu Insaallah Kalian akan menjadi blogger yang jempolan.

Cara Membuat Blog

Untuk panduan-panduan berikutnya misalnya: Cara posting artikel, cara merubah tema/template, menata tata letak, menambahkan widget-widget, cara pasang kode script, edit kode HTML dan masih banyak lagi. Kalian bisa melihat panduanya dari teman-teman sesama blogger, tinggal browsing saja di pencarian google[dot]com.

Tips memilih tema atau template yang baik


Pilihlah tema atau template yang ringan saat loading, (bayangkan seumpama tema/template blog Kalian sangat berat, untuk membuka saja butuh waktu 1 menit-an, kira-kira masih ada orang yang mau mengunjungi blog Kalian?).

Pilihlah tema atau template yang responsive. Mungkin Sobat bertanya, apa sih tema atau template responsive itu? Tema atau template yang Responsive adalah sebuah konsep dalam membuat design template yang memungkinkan tata letak bisa berubah tergantung resulusi layar pada saat tampil, misalnya saat membuka blog kita di destop/pc atau di smartphone, dengan template responsive maka tampilannya blog akan sama, cuma berubah tata letak saja.


Penutup


Pertama: “Membuat blog bukanlah perkara yang sulit, bahkan bisa sangat mudah bila menjadikannya sebagai hobi”. Tapi kalau tujuan membuat blog ingin mendapatkan penghasilah biasanya nggak bertahan lama, karena mendapatkan penghasilan dari blog itu  butuh perjuangangan yang panjang (bisa-bisa sebelum mendapatkan penghasilan, di tengah jalan sudah bosan, nyerah, putus asa ahirnya berhenti ngeblog).

Kedua: “Membuat blog bukan seperti membuat candi yang dalam waktu semalam langsung jadi", tetapi butuh kerja keras, menghabiskan waktu, tenaga, pikiran, dll. Saya saja sudah berbulan-bulan ini setiap hari harus meluangkan waktu untuk selalu menulis dan memperbaiki blog agar menarik serta enak di baca, yang terahir jangan lupa sediakan kopi atau teh untuk pendorong semangat ngeblog agar nggak ngantuk.

Post a comment for "Panduan Membuat Blog Geratisan di Lengkapi Gambar Terbaru"