Tips Membuka Usaha Cetak Foto dengan Modal Minim hasil Maksimal

Usaha Cetak Foto
Contoh Banner Cetak Foto di Kios Ane
ARDINTORO |dot| COM - Kalimat ini terlihat sederhana, tetapi ada sebagian orang bila mendengarnya terkadang ragu!. Bagaimana nggak! Dalam bayangan mereka “Mau Membuka usaha cetak foto?”. Apa nanti laku?, Memerlukan modal besar?, Bagaimana kalau rugi?, Harga sewa tempat mahal? Dll. 

Tenang Sobat ada kok usaha sendiri dengan modal minim tetapi hasilnya maksimal, salah satunya yang saya geluti dari tahun 2010 sampai sekarang (berarti sudah berjalan 8 tahun) yaitu usaha cetak foto. Alhamdulilah dari hasil itu, cukup untuk makan, keperluan sehari-hari dan bisa menyelesaikan Kuliah tanpa bantuan orang tua. Maklum orang perantau jauh dari orang tua, harus bisa putar otak untuk merubah nasib. 

Prinsip ekonomi: "Mengeluarkan Modal sekecil-kecilnya untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya".

Kalau niat buka usaha cetak foto, ya jangan usaha itu aja, harus di tambahi misalnya: Jualan pulsa (telpon all operator, token listrik), asesories HP, sembako dll. Pokoknya yang halal deh, untuk tambah-tambah penghasilan. Tapi jangan jualan togel ya, berdosa dan nanti bisa di tangkap Polisi kalau ketahuan! Hehe. 

Hal-hal yang mesti Sobat siapkan kalau mau memulai usaha cetak foto di antaranya. Pertama: Skill edit foto (Adobe photoshop dan CorelDRAW), dua aplikasi itu kalau sudah Kalian kuasai Insaallah sudah bisa buka usaha cetak foto. Kedua: Peralatan yang di butuhkan, nantinya di gunakan untuk mencetak foto (komputer, printer, scan, USB bluetooth, USB wifi, card reader, kertas goto, kertas HVS dan speaker mini). 

Kita bahas satu-persatu spesifikasi alat-alat untuk mencetak foto sekaligus memperkiraan harga jual per-alat, agar nantinya bisa memperkirakan modal yang di perlukan untuk buka usaha cetak foto.  
Usaha Cetak Foto
Peralatan Cetak Foto

PC (Personal Computer)

Belilah PC yang murah tapi nggak murahan, misalnya beli PC bekas atau seperti yang saya lakukan membeli perkomponen PC (motherbord, ram, harddisk, power supply, Dll) di rakit sendiri itung-itung sambil buat latihan, itu lebih murah. Saya perkirakan habis 3 jutaan itu sudah lengkap dengan monitor, mouse dan keyboard. 

Printer 

Dalam memilih mesin Printer harus memperhatikan beberapa hal agar nantinya nggak rewel (macet, ngadat, masuk angin, roll terlepas, hasil gambar putus-putus dll). Belilah Printer yang sudah memiliki tabung tinta setelan pabrik (Jangan sekali-kali memodif mesin printer dengan membuat tabung tinta sendiri, dari pengalaman nanti merepotkan! Hasil cetak putus-putus, masuk angin, ngadat dll). Di pasaran sudah banyak produk printer yang sudah memiliki tabung tinta setelan pabrik, misalnya printer Epson dan Canon. Saya merekomendasikan printer Canon seri G1000 soalnya saya punnya dari tahun 2016 sampai sekarang Alhamdulilah masih sehat. Untuk harganya sekitar 2 Jutaan. 

Scan

Pilihlah Scan yang murah tapi hasilnya jernih dan banyak fitur misalnya bisa untuk foto copy, hasil scan PDF, JPEG, TIFF dan BMP. Saya rekomendasikan scan merek Canon seri Lide 110 yang harganya sekitar 500 Ribu. 

USB Bluetooth

USB Bluetooth nantinya di pakai transfer file dari HP ke PC (Personal Computer) yang harganya saya perkirakan 50 Ribu. 

USB Wifi

USB Wifi penting! Agar komputer kamu bisa tersambung ke internet. Soalnya kadang-kadang ada anak sekolah yang minta buatkan tugas yang di ambil dari internet. Agar nggak terlalu banyak pakai data internet, pakai saja hospot seluler dari HP. Harga USB Wifi sekitar 150 Ribu. 

Card Reader

Belilah Card Reader yang murah, biasa harganya sekitar 30 Ribuan. Karena alat ini sering rusak, kalau beli yang mahal sayang ahirnya rusak juga. Fungsinya untuk transfer file dari memori ke komputer. 

Kertas Foto

Pilihlah kertas foto yang nggak terlalu tebal dan permukaan mengkilap agar hasil foto nanti bisa bagus. Saya rekomendasikan merek Coral (Glossy photo paper 230 gsm) harga per pak 30 Ribuan isi 20 Sheets. 

Kertas HVS (Hour Vrij Schrijfpapier)

Untuk jaga-jaga aja kalau nanti ada yang minta ngeprin dokumen. Harga kertas HVS A4 maupun F4 satu rem sekitar 50 Ribuan. 

Speaker Mini

Di pakai agar nggak jenuh saat ngetik atau edit foto. Biasa untuk denger ceramah agama, putar musik dll. Harga speaker mini untuk PC sekitar 150 Ribu. 

Bagi tukang edit dan cetak foto biasanya ada hal-hal menggiurkan yang di tawarkan pelanggan. Kalau iman nggak kuat maka akan terperosok ke pemalsuan dokumen misalnya, ada aja pelanggan yg minta buatkan Ijazah, edit KTP, edit Kartu Keluarga, edit pengalaman kerja dll. Sebagai tukang cetak foto harus memiliki prinsip dan komitmen nggak menerima pemalsuan dokumen dalam bentuk apapun. Karena itu melanggar norma Agama dan merupakan pelanggaran pidana negara, bila ketahuan ya siap-siap saja masuk penjara. 

Saya sudah jelaskan di atas ya Sobat. Sepesifikasi alat yang di butuhkan untuk cetak foto dan harganya, kalau di total semua sekitar Rp 5.950.000 (Lima juta sembilan ratus lima puluh ribu rupiah). Kalian sudah bisa buka usaha cetak foto. 

Mungkin muncul pertanyaan! Apa keuntungan buka usaha sendiri? Keuntunganya menurut saya: Kita nggak ada yang perintah (mau buka dan tutup usaha nggak ada yang larang), bisa menjalankan Ibadah kapan saja (Sholat, Ikut kajian, dll) bebas tanpa takut dengan atasan!, yang terahir bisa menjadi bos! untuk usaha kita sendiri walaupun masih kecil-kecilan. Mungkin itu pengalaman dari saya dalam membuka usaha cetak foto. Kalau Sobat ada pertanyaan atau sekedar sharing bisa tulis di dalam komentar. Terahir “Berbagi itu Indah maka berbagilah”. Semoga menjadi amal jariah kelak Insaallah Amin.

Post a Comment for "Tips Membuka Usaha Cetak Foto dengan Modal Minim hasil Maksimal"