Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terbaru: Cara Daftar Google News dan Manfaatnya

Cara Daftar Google News

Google news adalah sebuah inovasi digital dari google yang berfokus pada penayangan berita, yang selalu memberikan informasi terkini, di sajikan secara apik dan menarik. Informasi itu bersumber dari situs-situs berita, website maupun blog pribadi dari seluruh dunia.


Layanan google news sangat bermanfaat bukan hanya untuk pencari berita, tapi juga untuk pemilik situs, website maupun blog. Karena dengan mendaftarkan website maupun blog ke google news otomatis traffic atau pengunjung blog akan meningkat berkali-kali lipat.

Dalam artikel ini akan di bahas cara mendaftar google news di sertai gambar, serta cara mengaturnya agar Sobat mudah mempraktikkan. Soalnya sedikit ribet daftarnya, banyak persaratan yang harus di penuhi agar website maupun blog Sobat dapat di terima google news.

A. Pengertian Google News

Kurang afdol rasanya bila membahas sesuatu tapi belum kenal lebih dalam yang akan kita bahas 😅 hehe. Langsung saja google news adalah layanan dari google yang berbasis berita. Bersumber dari situs, website maupun blog dari seluruh dunia yang di rangkum dalam satu aplikasi.

Dengan tampilan yang simpel dan menarik google news dapat di akses melalui mobile maupun desktop.  Layanan ini bisa di nikmati secara gratis, tinggal Sobat download saja melalui play store maupun app stone. Nggak heran jika aplikasi google news sudah di unduh satu juta lebih.

Google news di dukung fitur personalizad content artinya berita yang muncul sesuai dengan hobi dan keinginan, selain itu kita bisa memilih sumber, topik maupun lokasi berita. Jadi nggak ada lagi istilah males baca berita.

B. Manfaat Daftar Google News

Seperti yang sudah saya utarakan di atas, google news sangat bermanfaat nggak hanya untuk pencari berita tetapi juga untuk pemilik website atau blog. Karena artikel yang sudah kita tulis bisa masuk di portal berita google news. Lebih jelasnya, silahkan simak manfaat mendaftar google news berikut ini:

(1). Lebih Mudah Masuk di Halaman Pencarian Google

Sudah menjadi rahasia umum bagi pemilik blog atau website. Bila sudah berhasil mendaftar dan di terima google news, maka peluang artikel bisa muncul di halaman pertama pencarian google (pege one) sangat besar.

Menjadi kebanggaan tersendiri, karena artikel yang sudah kita tulis dapat di baca banyak orang. Sekaligus sebagai berkah bagi pemilik blog atau website, karena semakin banyak orang yang mampir ke blog atau website kita maka penghasilan juga pasti ikut meningkat.

Oleh sebab itu, dalam membuat konten usahakan yang unik dan berkualitas agar google news merekomendasikan artikel Sobat masuk pada berita utama. Bila hal itu terjadi berarti website atau blog Sobat sudah bisa di sandingkan dengan website besar yang lain.

(2). Meningkatkan Jumlah Pengunjung atau Visitor Organik

Visitor organik adalah pengunjung  yang datang ke blog atau website melalui kata kunci yang di gunakan pada mesin pencari, bisa melalui Google, Bing, Yahoo, DuckDuckGo, Search Encrypt, Yandex, Qwant dll.

Bila blog atau website Kalian sudah di terima google news, maka artikel-artikel yang Kalian buat akan mudah terindex oleh mesin pencari, yang otomatis akan mendatangkan visitor atau penginjung organik.

Hal itu baik karena akan meningkatkan kualitas blog. Di tandai dengan meningkatnya nilai DA (Domain authority) dan PA (page authority) selain itu SS (Spam Score) biasanya akan turun.

(3). Nggak Perlu Biaya untuk Pasang Iklan

Promosi adalah hal wajib yang harus di lakukan bila kita sedang menjalankan bisnis, agar produk kita di kenal luas oleh Masyarakat. Begitu pun dengan blog atau website, bila ingin di kenal luas dan banyak pengunjung, kita perlu melakukan optimalisasi dengan mempromosikan ke banyak orang. Misalnya share ke media sosial, WAG, forum-forum tentunya ada yang gratis dan berbayar.

Bila blog atau website sudah terdaftar google news maka otomatis banyak pengunjung organik (pengunjung dari mesin pencari) yang datang. Kalian nggak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk mempromosikan website atau blog Kalian.

C. Syarat Daftar Google News

Ada mitos-mitos yang sering di kemukakan Sobat blogger ketika akan daftar google news. Di antaranya: "Untuk mendaftar google news harus blog berita, blog harus satu niche (blog gado-gado nggak akan di terima), harus rutin update konten".

Pernyataan-pernyataan itu nggak semuanya benar. Karena blog saya gado-gado, jarang update artikel dan bukan blog berita tapi ternyata dapat di terima, bahkan prosesnya sangat cepat yaitu sekitar 2 hari. Sedangkan dari pengalaman teman-teman ada yang sampai 3 minggu baru di ACC google news.

(1). Buat Blog Berita

Sesuai dengan namanya yaitu google news. Produk google yang satu ini sebenarnya mengkhususkan blog atau website berita. Tapi nggak menutup kemungkinan blog dengan niche bukan berita akan di terima seperti blog saya.

Jadi bila Kalian ingin cepat di terima google news, di sarankan membuat blog dengan niche berita apalagi beritanya selalu ter-update. Kesempatan untuk bergabung di portal google news semakin besar.

(2). Ciptakan Konten yang Berkualitas dan nggak Copas

Ada sebuah istilah “Content is King” (konten adalah raja) pernyataan ini wajib di terapkan bagi seorang blogger, agar blog atau website bisa berkembang dan bermanfaat untuk orang lain. Apa sih konten yang berkualitas itu?

Konten yang berkualitas adalah konten yang berbeda dari yang lain, biasanya di sajikan secara unik. Misalnya, untuk memperkuat pemaparan dalam sebuah artikel di sediakan gambar, tabel, diagram, vidio dll. Agar pengunjung lebih mudah memahami artikel yang di sajikan dan nggak bosan dalam membaca.

Selain itu google news juga sangat membeci artikel copas (nyolong artikel orang) biasanya menyebabkan duplikat konten dan termasuk dalam pelanggaran kebijakan google. Bila terus di lakukan blog bisa di hapus, deindek (url hilang dari mesin pencari) dll. Apalagi hosting yang di pakai masih blogger, kemungkinan blog di hapus sangat besar.

(3). Bukan Konten yang di Larang

Sudah di ketahui bersama google sebagai pelopor dari media besar, seperti youtube, blogger, google news dll. Memiliki kebijakan yang sangat ketat mengenai kriteria penayangan dan penerbitan konten yang berada di bawah kendalinya. Google melarang keras konten berbau pornografi, perjudian, sara, obat-obatan terlarang (narkoba), konten ilegal (pelanggaran hak cipta), hecker dll.

Untuk itu, bila Sobat ingin blog maupun website-nya di terima dan menjadi bagian dari google news, mulai sekarang harus memperbaiki semua postingan. Kalau di antara postingan ada yang membahas konten terlarang dari google sebaiknya di hapus dulu, agar saat mendaftar nanti bisa cepat di terima.

(4). Sajikan Tampilan Blog yang Menarik, Responsif dan Gunakan Navigasi yang Jelas

Memiliki tampilan blog yang menarik sangat di butuhkan agar dapat di terima google news. Contoh tampilan yang menarik di antaranya, memiliki tampilan responsif artinya blog bisa di akses melalui desktop maupun mobile secara baik, selain itu usahakan background halaman jangan mencolok seperti hitam atau biru, karena membuat pusing pembaca. 

Navigasi blog atau website juga harus jelas, agar nggak membingungkan pengunjung. Navigasi itu misalnya, daftar isi, about, TOS, privacy policy, disclaimer dll.

D. Cara Daftar Google News

Membuat akun Google News

Silakan Sobat masuk halaman pendaftaran dengan mengunakan email dari gmail, saya yakin Sobat semua sudah memiliki email aktif. Untuk masuk pada form pendaftaran google news silahkan ikuti tautan DISINI.

Bila halaman publisher center sudah terbuka, silahkan Sobat klik “Tambah publikasi” di halaman ini Sobat di minta memasukkan nama publikasi masing-masing. Disini saya mencontohkan dengan nama “ARDINTORO.COM”. Bila Sobat memiliki lebih dari satu domain bisa di tambahkan semua. Tapi perlu di ingat, satu halaman publikasi hanya untuk satu domain. Bila bingung perhatikan gambar di bawah.

Cara Daftar Google News

Draf Publikasi

Dalam menu “Draf publikasi” terdiri dari: Umum, konten, gambar, iklan, lanjutan dan tinjau & publikasikan. Di halaman ini Sobat di minta mengisi semuanya dengan tepat agar di akhir sewaktu melalakukan tinjauan dan publikasi semua berjalan dengan lancar dan nggak terjadi error.

1. Menu Umum

(a). Informasi Dasar

Untuk informasi dasar silahkan isi dengan nama publikasi sesuai keinginan, contoh “ARDINTORO.COM”. Untuk deskripsi silahkan isi dengan diskripsi blog Sobat, contoh diskripsi blog saya “Blog personal berisi berbagai informasi bermanfaat untuk Masyarakat bla bla bla”. Selanjutnya di kolom kategori silahkan di isi “Hiburan”, bahasa utama di isi “Indonesia” dan terakhir jangan lupa centang “Ijinkan terjemahan otomatis”.

Cara Daftar Google News

(b). URL Properti Situs dan Lokasi

Pada tahap ini, silahkan isi url blog Sobat, contoh url saya: "https://ardintoro.com/" dan jangan lupa klik verifikasi. Bila sukses tertera keterangan “Terverifikasi”.

Untuk lokasi publikasi, silahkan pilih Indonesia. Bila blog kalian berbahasa asing, misalnya inggris, jepang, korea dll. Bisa juga di pilih sesuai bahasa penulisan, agar mudah di pahami pembaca.

Cara Daftar Google News

(c). Kontak, Distribusi dan Pelacakan

Untuk kolom kontak silahkan Sobat isi dengan email masing-masing. Kontak ini bisa di isi lebih dari satu email, jangan lupa setelah kontak di isi klik verifikasi.

Di bagian distribusi. Negara silahkan pilih “Izinkan negara tertentu” dan pilih negara “Indonesia”. Bila blog Sobat menggunakan bahasa tertentu bisa juga di pilih nama negara berdasarkan bahasa penulisan. Properti google silahkan pilih “Izinkan semua properti”.

Bagian pelacakan, silahkan Sobat isi ID pelacakan Google Analytics masin-masing. Bila di antara Sobat ada yang belum punya akun Google Analytics silahkan mendaftar DISINI.

Cara Daftar Google News

2. Menu Konten

(a). Rubik

Rubik adalah tampilan blog kita yang muncul ketika daftar google news di terima. Pengaturannya, klik “Rubik baru” selanjutnya pilih “Feed”. Pada judul rubik isi sesuai dengan keinginan (lebih baiknya isi sesuai kategori) untuk URL feed perhatikan contoh di bawah ini.

https://ardintoro.com/feeds/posts/default/-/Health?max-results=999999&alt=json-in-script&callback=loadtoc
URL yang saya tandai warna "Merah" silahkan isi alamat blog masing-masing, sedangkan yang saya tandai warna "Biru" silahkan isi dengan nama kategori sesuai blog Sobat. Agar nggak terjadi error, judul rubik harus di sesuaikan dengan url-nya, misalnya judul rubik saya “Health” di dalam url feed juga harus di ganti Health. Sedangkan untuk "Akses lihat" Sobat pilih “Siapa saja”.

Untuk "Opsi feed" Kalian pilih “Buat artikel langsung dari feed”. Sedangkan "Preferensi rendering" centang “Gunakan konten feed” dan yang terakhir pada "Penghapusan gambar duplikat" Sobat centang “Ijinkan penghapusan gambar duplikat berdasrkan URL”. Kalau semua sudah di atur, tinggal Sobat klik “Terapkan”. Perhatikan Gambar. 

Cara Daftar Google News

(b). Lebel Konten dan Verifikasi Kepemilikan URL

Lebel konten adalah penggambaran dari blog Sobat agar pengunjung mudah menemukan artikel. Di situ terdapat beberapa pilihan, di antranya opini, buatan pengguna, satir, siaran pers dan blog. Tapi kalau Sobat seorang blogger isi saja “Blog” dan untuk URL “Isi url atau alamat blog Sobat masing-masing”.

Sedangkan "Verifikasi kepemilikan URL" harus bersetatus “Terverivikasi”. Agar semua terhubung, antara blog dan google news. Cara mengisinya tinggal tambah “Sumber konten baru”  Sobat isi dengan URL masing-masing dan klik “Verifikasi”. 

Cara Daftar Google News

3. Menu Gambar

Pada menu ini Sobat di suruh menyiapkan logo blog, ada 2 tipe logo yang di minta. Model pertama gambar persegi dengan ukuran yang di rekomendasikan 1000x1000 piksel dengan format PNG. Sobat tinggal edit saja menggunakan Adobe Photoshop.

Model logo yang kedua adalah logo lebar. Di sarankan mengunakan 2 logo, yaitu logo versi gelap dan terang. Ukuran logo dengan perbandingan 10 dibanding 1 (di rekomendasikan lebar 400×40 piksel dengan format PNG).

4. Menu Iklan

Pada menu ini Sobat sesuaikan saja dengan akun AdSense masing-masing dengan menuliskan ID AdSense di bagian “Penghasilan”. Sedangkan untuk bagian “Iklan yang di kelola google” isi saja "30" dengan mencentang “Lengkapi investaris tersisa dengan iklan bla bla bla”. Untuk bagian “Iklan di kelola penerbit” centang saja “Google Ad Manager” dan terakhir untuk “Pilih akun Google Ad Manager Anda”  Sobat pilih “Akun”. Lihat gambar.

Cara Daftar Google News

5. Menu Lanjutan

Di menu ini terdapat tiga pengaturan, yaitu: Grup akses, gaya artikel dan font yang diupload. Untuk “Grup akses” silahkan Sobat lewati saja, soalnya nggak berpengaruh bila nggak di isi.

Sedangkan untuk “Gaya artikel” bisa di lewati atau di isi kolom kode CSS-nya, dengan menyesuaikan kode CSS blog Sobat masing-masing. Bila pengisian kede CSS benar biasanya tertera “Tidak ada error” di kolom koreksi. Untuk pengaturan “Font yang diupload” silahkan sesuaikan dengan keinginan.

6. Menu Tinjau & Publikasikan

Ini adalah menu terakhir bila Sobat akan mengajukan ke google news. Bila terjadi kesalahan dalam mengisi atau kurang dalam pengisian biasanya akan tertera di “Status publikasi aplikasi google berita” dan Sobat di suruh memperbaiki data-data yang belum terisi dengan mengklik “Tinjau”.

Bila semua issue sudah benar atau sudah Sobat review, akan muncul tombol review kecil yang ada di bawah, Sobat klik saja. Selanjutnya Sobat akan di bawa ke halaman TOS (Terms of service) itu adalah kebijakan google news silahkan di baca dan merupakan data persetujuan.

Langkah berikutnya silahkan isi kolom kosong di sebelahnya. Silahkan Sobat isi sesuai dengan data blog masing-masing. Yang terdiri dari: Nama anda, email kontak, jabatan atau status kepemilikan situs dan nama organisasi yang mengelola situs.

Jika data-data di atas sudah diinput dan benar, silahkan Sobat centang “I have read and accepted the Google Publishercenter Tems of Service”, dan klik “Submit”. Setelah klik submit Sobat akan di arahkan ke laman Reviev & Publish. Bila di rasa sudah bagus klik “Publish”.

Inilah saatnya menunggu review dari pihak google news, apakah blog Sobat di terima atau di tolak. Setiap orang berbeda-beda masa review-nya, ada yang 1 minggu, 2 minggu bahkan 1 bulan. Tapi blog saya kemaren tergolong cepat masa review-nya, yaitu sekitar 2 hari langsung di terima. Bila blog Sobat di terima, bentuknya akan seperti gambar di bawah ini.

Cara Daftar Google News

E. Mengatasi Gambar dan Link Nggak Muncul Ketika di Terima Google News

Ini permasalahan umum ketika baru di terima google news, biasanya gambar dan link nggak muncul. Bila hal itu terjadi jangan panik 😅 masih ada solusi, untuk mengatasi hal itu silahkan Sobat masuk ke laman “Blogger” masing-masing.

Setelah masuk silahkan atur “Feed situs”  bagian izinkan feed blog, Sobat atur menjadi “Penuh”. Tetapi cara ini memiliki kelemahan, yaitu blog Sobat dengan mudah menjadi sasaran empuk pencuri konten, yaitu “Auto Generated Content”. Sudah resiko 😅.
 

F. Cara Menambahkan Navigasi Google News Agar Tampilannya Menarik

Saat pertama di terima google news tampilanya biasanya cuma 1 kolom, belum ada menu navigasi seperti home, healty, parenting dll. Sobat perlu menambahkanya agar menu label bisa keluar.

Untuk menambahkan lebel navigasi, silahkan kembali keatas dan masuk kepengaturan google news di bagian “Konten”. Dengan memasukkan feed sesuai dengan lebel blog masing-masing, lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.
 
Silahkan Sobat mesuk kembali ke bagian “Konten” untuk menambahkan “Rubik baru”. 

Cara Daftar Google News

Selanjutnya klik tombol “Rubik baru” pilih “Feed” seperti yang sudah Sobat atur di atas. Lebih jelasnya lihat gambar.

Cara Daftar Google News

Untuk mengisi kotak yang kosong “Judul rubik”. Isikan dengan nama lebel yang Sobat mau tambahkan, misalnya Health. Untuk URL feed RSS Atom isikan dengan kode URL berikut.
https://ardintoro.com/feeds/posts/default/-/Health?max-results=999999&alt=json-in-script&callback=loadtoc
Keterangan: Link yang berwarna "Merah" silahkan ganti dengan
alamat atau url blog Sobat. Sedang yang berwarna "Biru" silahkan sesuaikan dengan nama kategori blog masing-masing. Pastikan besar kecilnya huruf yang di tulis sama.

Jika nama lebel mengunakan sepasi misalnya “Tutorial Blogging”  tinggal Sobat tambahkan (%20) untuk menggantikan spasi. Silahkan lihat contohnya di bawah ini.
https://ardintoro.com/feeds/posts/default/-/Tutorial%20Blogging?max-results=999999&alt=json-in-script&callback=loadtoc
Setelah semua proses berhasil di tambahkan, silahkan Sobat klik "Simpan" di pojok kananatas. Bila Sobat masih ingin menambahkan beberapa menu navigasi lain, silahkan ulangi sesuai langkah di atas. Berikut ini tampilan blog saya ketika di google news.
 

G. Penutup

Itulah cara mendaftarkan blog atau website ke google news. Lumayan panjang ya artikelnya hehe, nulis-nya juga sampai nggantuk-ngantuk 😅. Silahkan Sobat praktikkan dengan teliti agar blog Sobat bisa di terima google news.

Semoga dengan di terimanya blog Sobat di google news, traffic blog semakin meningkat dan tentunya penghasilan juga Insaallah meningkat 😅. Mungkin sampai di sini ya Sobat pembahasannya, bila ada yang ingin di tanyakan silahkan komen di kolom komentar atau melalui email yang tersedia di kontak, terimakasih.

21 comments for "Terbaru: Cara Daftar Google News dan Manfaatnya"

  1. waaah menarik juga ya, Mas. aku baru tahu nih, jadi pengen daftarin blog ke google news jugak. semoga bisa diterima ah lumayan bisa bantu trafficnya naik, hihi
    thank you tutorialnya ya, Mas

    ReplyDelete
  2. Artikel yang sangat menarik, tetapi susah dipraktikkan buat emak gaptek kayak saya🤭
    Saya harus membacanya secara pelan-pelan dan mengikuti caranya dengan hati-hati. Mungkin saya harus menyiapkan waktu khusus, hehehe.
    Btw, terima kasih tulisannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah Kok Mbak, langsung di praktekkan saja yg penting teliti.

      Delete
  3. Wow! Menarik sekali infonya, Pak. Sudah berapa lama daftar di google newsnya? Apa ada perubahan yang signifikan terhadap pengunjung blog? Saya jadi penasaran dan pengen coba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru sekitar Sebulan Mbak,
      Alhamdullilah ada peningkatan traffic,
      Silahkan di coba, mayan hehe

      Delete
  4. Boleh juga ya. Jadi pengen cobain masukin blog ke google news. Thank you infonya ya

    ReplyDelete
  5. Waaaaww selamat, Mas Arif, sudah tayang blognya di Google News.
    Baca tulisan ini saya kok jadi ingat masa-masa jadi penulis artikel di beberapa platform online. :)
    Pengen coba daftar juga sih, tapi masih bingung petunjuk akhirnya yang harus masukkan link gitu. *maklumm rada gaptek heheee.. Semoga bisa besok klo lagi senggang. Makasih ya infonya.

    ReplyDelete
  6. Informasi yang sangat menarik dan saya juga baru tau tentang ini

    Mksh ya Mas Arif, InsyaAllah juga mau nyoba daftar ahh

    ReplyDelete
  7. wah, menarik sekali kontennya. jadi sebuah info baru, nih. makasih mas...jadi pengen nyoba tapi blog saya baru mulai "bangun" dari tidur pulasnya. kira-kira bisa diterima gak, mas?

    ReplyDelete
  8. Masih perlu memahami lebih lanjut nih tentang google news, sehingga pas daftar nanti sudah mengerti hehe. Trims kak info update nya ini jadi rekomen

    ReplyDelete
  9. Baru tahu tentang Google News ini. Mau daftar juga tapi kenapa pas buka linknya tampilannya gak kayak di atas ya. Gak ada form buat isi data gitu

    ReplyDelete
  10. Jadi tahu ada google news. Rezeki banget ya, proses diterimanya bisa cepat, dua hari langsung diterima.

    Menarik dan jadi ingin coba. Semoga nantinya bisa berhasil seperti Mas Ardi.

    ReplyDelete
  11. Jadi tahu ada google news. Rezeki banget ya, proses diterimanya bisa cepat, dua hari langsung diterima.

    Menarik dan jadi ingin coba. Semoga nantinya bisa berhasil seperti Mas Ardi.

    ReplyDelete
  12. Menarik banget infonya nih ka, saya jadi nambah wawasan banget. Makasihh ya sukses selalu

    ReplyDelete
  13. Berarti google news ini bisa buat personal blog asalkan ada blog beritanya ya mas?begitu yg saya tangkap. Coba daftar juga ah, makasih banget mas, informasinya berharga banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada artikel berita atau nggak kyaknya bisa di terima Mbak, tapi lebih baik klo blognya bertema berita.

      Delete
  14. oh...baru tahu saya....
    terima kasih atas infonya.....
    bermanfaat

    ReplyDelete
  15. Wahhh, aku baru tahu lho ada google news dan impactnya bisa meningkatkan traffic pada blog. Keren nih. Jadi pengen praktik langsung hehe

    ReplyDelete

Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi. Bila berkomentar nggak sesuai dengan kebijakan Blogger maka nggak di terbitkan!.
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
4. Happy Blogging 🙂.