Cara Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

8 Tips Pintar Menjaga Kesehatan Saat Musim Penghujan
Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan - Indonesia adalah Negara yang beriklim tropis yang mana sebagian wilayahnya terdiri dari dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Bila musim hujan tiba maka kita harus siap-siap dengan berbagai kemungkinan buruk misalnya: Banjir, Tanah longsor, Angin puting beliung dll. Selain itu di kala musim hujan tiba biasanya terjadi yang namanya Pancaroba yaitu peralihan musim dari kemarau ke musim hujan.

Di peralihan musim dari kemarau ke musim hujan (pancaroba) biasanya banyak penyakit yang mengiringi misalnya: Batuk, Pilek, Demam berdarah dll. Maka dari Itu kita harus menjaga kesehatan agar nggak sakit di kala musim hujan tiba. Ada beberapa tips menjaga kesehatan saat musim hujan, yuk di simak.

1. Mengkonsumsi Vitamin

Dikala awal musim hujan atau periode pergantian dari musim kemarau ke musim hujan (pancaroba), biasanya badan belum bisa menyesuaikan diri dengan keadaan, karena harus beradaptasi terlebih dahulu, proses inilah yg kebanyakan mempengaruhi sistem imun atau daya tahan tubuh manusia  menjadi lebih lemah.

Maka dari itu mengonsumsi nutrisi atau vitamin sangat penting bagi kesehatan tubuh kita, agar daya tahan tubuh atau system (imun) kita menjadi lebih kuat, dan kita terhindar dari serangan penyakit.

2. Biasakan Gaya Hidup Higienis

Kebanyakan disaat musim hujan, bibit penyakit dan bakteri berkembang biak lebih banyak dikarenakan kadar kelembapan udara yang cukup untuk bakteri dan kuman berkembang biak. Maka Biasakanlah hidup bersih atau higienis. contohnya bersihkan tangan sebelum makan, mencuci buah dan sayur sebelum di makan dll. Janganlah biarkan anak-anak main dengan tanah, karena pada musim hujan, air hujan kadang membawa kotoran hewan atau sejenisnya yang membawa bakteri yang nggak baik untuk kesehatan. dan bermain tanah itu terkesan jorok.

3.Selalu membawa Payung dan Jas Hujan

Membawa payung atau jas hujan. Kedua benda ini sangat penting sekali dibawa ke mana pun Kalian pergi apalagi di saat musim hujan. Meski pagi hari matahari tampak sangat cerah, Kalian nggak akan pernah tahu cuaca di sore hari. Bisa jadi Kalian terjebak hujan hingga malam karena menganggap nggak akan turun hujan hari itu. oleh sebab itu membawa payung dan jas hujan sangat di sarankan di kala musim hujan.

4. Jika Kalian Kehujanan, Segeralah Mandi

Jika saat perjalanan Kalian mengalami kehujanan, maka saat sampai di rumah segeralah mandi. Karena saat Kalian kehujanan, suhu tubuh berubah secara drastis dan perubahan suhu mendadak itu bisa mendatangkan penyakit misalnya: Batuk, pilek, demam dll. Maka dari itu segeralah mandi untuk mengembalikan suhu tubuh Kalian.

5. Jaga Asupan Makanan

Tetaplah untuk menjaga asupan makanan sehat Kalian, terutama disaat musim penghujan. Ada baiknya, perbanyaklah mengkonsumsi makanan hangat dan berkuah agar tubuh tetap terasa hangat meski udara diluar terasa dingin. Misalnya: Mengkonsumsi wedang jahe, sop kuah, sayuran dengan kuah hangat, soto ayam dan makanan berkuah sehat lainnya.

6. Makan saat terasa Lapar saja

Suhu yang dingin  saat musim penghujan biasanya bisa membuat nafsu makan kita menjadi lebih besar. Namun sayangnya metabolisme saat musim hujan ini menjadi lebih lambat dari pada biasanya di musim kemarau. Dan bisa di bayangkan jika Kalian terus-terusan menuruti nafsu makan yang begitu besar tanpa didukung dengan metabolisme yang baik atau berolah raga, hal tersebut tentunya akan berujung pada kegemukan atau yang kita kenal dengan istilah obesitas. 

Kalian tentu nggak ingin jika hal ini terjadi pada diri Kalian bukan? untuk itu segeralah atur pola makan dan porsi makan saat musim hujan, jangan sampai nafsu makan Kalian yang terlalu besar mengantarkan Kalian pada kegemukan. Selain itu usahakan pula untuk nggak terus menuruti nafsu ngemil ketika perut belum terlalu merasa lapar. Perut yang secara terus-menerus diisi tanpa ada sebuah proses pembakaran yang seimbang tentunya akan membawa dampak buruk untuk kesehatan tubuh Kalian.

7. Perhatikan Pola Tidur

Udara yang dingin saat musim penghujan mengundang rasa kantuk yang terus menerus. Namun jangan pernah untuk menghiraukan rasa kantuk ini. Ambilah waktu istirahat dan tidur secukupnya, namun jangan pula tidur dengan waktu atau porsi yang berlebih. Tubuh yang mendapatkan waktu tidur yang berlebih akan membuat tubuh menjadi lebih lemas dan kaku pada otot-otot. Selain itu, hindari pula begadang atau melek hingga larut malam. Tidur yang cukup bisa memulihkan kembali stamina dan memperbaiki sistem imun atau kekebalan tubuh. Untuk itulah, pastika jika Kalian memiliki waktu tidur yang cukup dimalam hari.

8. Kenakan Pakaian yang Tebal dan Hangat

Pakaian juga akan mempengaruhi kesehatan Kalian disaat musim penghujan. Baju tipis dan transparan kurang cocok untuk digunakan saat musim ini, terutama jika aktifitas yang Kalian lakukan lebih banyak diluar ruangan. Untuk itu, alangkah baiknya memakai pakaian yang lebih tertutup dan tebal agar terasa hangat di tubuh Kalian. Pakaian dengan model tertutup dan tebal tentunya akan menjaga Kalian dari suhu udara dingin saat musim penghujan.

Sekian tips-nya ya Sobat. Semoga Sobat dapat mengambil manfaat dari artikel kali ini. Tetap jaga kesehatan, semangat dan jangan lupa bahagia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Cara Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan"

  1. Haha, saya merasa tertampar di bagian "makan saat lapar saja" :v. Biasanya aja meskipun gak hujan dan gak lapar ya tetep makan soalnya saya :vvv.

    ReplyDelete

Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini!, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi, bila berkomentar tidak sesuai dengan kebijakan Blogger maka tidak di terbitkan!.
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
4. Happy Blogging 🙂.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel