Teknik Mencari Gambar Gratis di Internet dan Cara Mengeditnya Agar 100% Tidak Melanggar Hak Cipta

Daftar situs penyedia gambar gratis dan cara mengeditnya agar tidak melanggar hak cipta
Gambar atau foto sering kali menjadi sebuah pemanis suatu konten, baik artikel Website, Buku, Komik atau yang lain. Tidak hanya itu gambar atau foto juga bisa berfungsi untuk melengkapi presentasi yang akan di paparkan, agar lebih lengkap dan mudah di fahami.


Pendahuluan


Tetapi apa jadinya jika gambar yang kalian peroleh memiliki Hak Cipta?. Pasti urusanya bakal panjang, yang paling buruk akan berurusan dengan pihak hukum. Lisensi gambar di atur oleh sebuah organisasi bernama Creative Commons (CC) yang menentukan tipe atribut suatu gambar yang memilik hak cipta.

Seperti contoh pada tahun 2013 (dikutip dari situs: id.techinasia.com). Seorang fotografer mengajukan gugatan terhadap BuzzFeed. Ia mengklaim bahwa BuzzFeed telah melanggar hak cipta salah satu foto yang ia pos di Flickr pada tahun 2009. Fotografer tersebut meminta BuzzFeed untuk membayar ganti rugi hingga mencapai US$3,6 juta (sekitar Rp48,2 miliar) wau mehong

Agar itu tidak terjadi maka ada beberapa cara agar foto yang kalian ambil misalnya dari internet tidak melanggar hak cipta. Bagaimana caranya? Untuk mendapatkan gambar di internet secara gratis sekarang ini sangat mudah, tinggal masuk ke website penyedia gambar gratis, dengan mengetik kata kunci di kolom pencarian. Gratis di sini dengan tanda kutip, tidak menggunakan dengan se-enaknya.

Tetapi harus melihat sarat dan ketentuan yang tertera di website penyedia gambar tersebut, setiap website biasanya memiliki peraturan yang berbeda-beda. Maka-nya sebelum menggunakan gambar sebaiknya baca dulu “Terms and Conditions” di setiap website penyedia gambar gratis.

Website Penyedia Gambar atau Foto Gratis


Berikut ini 5 rekomendasi website pentyedia gambar geratis yang patut kalian coba, karena gambar di website ini beresolusi tinggi namun size atau ukuran gambar tergolong kecil, jadi sangat cocok di gunakan untuk berbagai keperluan.

(1). Pixabay
Daftar situs penyedia gambar gratis dan cara mengeditnya agar tidak melanggar hak cipta
Jika kalian memerlukan gambar beresolusi tinggi di Pixabay solusinya, di website ini terdapat ribuan gambar beresolusi tinggi berbagai jenis misalnya: abstrak, landscape, kontemporer dll.

Gambar bisa kalian download dengan format JPG dengan beberapa pilihan resolusi, semakin tinggi resolusi maka semakin besar pula size atau ukuran gambar tersebut, tinggal kalian sesuaikan kebutuhan, di website ini kalian bisa menggunduh-nya secara langsung tanpa mendaftar terlebih dahulu, selain itu bisa juga menjadi member mereka. Untuk menggunakan silahkan masuk ke website Pixabay.

(2). Pexels
Daftar situs penyedia gambar gratis dan cara mengeditnya agar tidak melanggar hak cipta
Yang kedua adalah Pexels situs ini di dirikan pada tahun 2014 oleh tiga sahabat Bruno Joseph, Ingo Joseph dan Daniel Frese, mereka mengklaim di situsnya terdapat ratusan ribu setok foto beresolusi tinggi yang dapat di unduh secara gratis dengan lisensi Pexels. Untuk menggunakan silahkan kalian masuk di website Pexels.

Pexels memiliki misi untuk membantu jutan seniman, desainer, penulis, programmer, creator dan yang lain untuk mendapatkan foto yang dapat digunakan secara gratis, untuk keperluan membuat produk mereka.

(3). Flickr
Daftar situs penyedia gambar gratis dan cara mengeditnya agar tidak melanggar hak cipta
Flickr adalah penyedia foto online salah satu yang terbaik di dunia. Flickr juga menyediakan foto beresolusi tinggi yang bisa di unduh secara gratis untuk berbagai keperluan, kalian bisa memilih foto sesuai kategori yang di inginkan, untuk menggunakan silahkan masuk ke situs Flickr.

Situs ini memiliki misi untuk membantu setiap orang untuk menampilkan foto, pada orang yang mereka sayangi dan Flickr ingin menghadirkan cara baru dalam pengelolan baik foto maupun video.

(4). Freepik
Daftar situs penyedia gambar gratis dan cara mengeditnya agar tidak melanggar hak cipta
Yang berikutnya adalah Freepik. Website penyedia foto ini didirikan tahun 2010 oleh Alejandro dan Pablo Blanes, bersama dengan teman mereka Joaquín Cuenca yang memiliki tujuan menawarkan konten berkualitas tinggi terbaik yaitu: ilustrasi, foto, ikon, maket, dan template presentasi yang bisa di unduh secara gratis.

Untuk mendapatkan gambar atau foto bisa langsung unduh di website Freepik. Kalian tidak perlu menjadi anggota terlebih dahulu, rekomendasi untuk sobat yang membutuhkan template undangan, logo, gambar ilusntasi tertentu dll. di website ini menyediakan banyak pilihan.

(5).Gratisography
Daftar situs penyedia gambar gratis dan cara mengeditnya agar tidak melanggar hak cipta
Jika kalian ingin menemukan gambar unik berkualitas tinggi disini tempatnya. Koleksi gambar yang ada di website ini dibuat oleh seorang desainer grafis kreatif yang bernama Ryan McGuire. Walaupun Gratisography memiliki variasi stok gambar gratis yang relative sedikit, namun kualitas dan keunikan gambar patut di acungi jempol.

Namun sebuah gambar yang baru, biasanya muncul satu minggu sekali. Gambar-gambar yang tersedia di sini bebas untuk digunakan kembali, tanpa memerlukan kredit pemiliknya Ryan McGuire. Untuk mengunduhnya silahkan mengunjungi ke website  Gratisography.

Mengedit Gambar atau Foto


Setelah memperoleh gambar dari salah satu website penyedia gambar di atas, kini saatnya meng-edit gambar agar benar-benar unik, yang tema-nya bisa di sesuaikan dengan kebutuhan kalian dan tentunya agar gambar yang di unduh tidak sama dengan orang lain, karena memang di situs penyedia gambar gratis biasanya sudah banyak yang mengunduh-nya.

Untuk mengedit foto, sekarang ini juga sangat mudah!. Pertanyaan-pertanyaan umum yang sering di lontarkan seseorang yang akan mengedit foto:

Saya nggak bisa pakai Adobe Photoshop…

Spek leptop saya rendah, nggak bisa instal CorelDRAW…

Saya malas ngedit foto, bikin ribet…

What?

Itu pemikiran lama ya Sob wajib diganti!. Sekarang jaman-nya instan, tak terkecuali dalam edit-mengedit foto. Edit foto bisa dilakukan secara instan, tidak perlu instal aplikasi, mahir mengunakan (Photoshop atau CorelDRAW, dll).

Lalu bagaimna caranya?

Menggunakan edit foto online! Jawaban-nya.

Canva
Daftar situs penyedia gambar gratis dan cara mengeditnya agar tidak melanggar hak cipta
Apa itu Canva?
Canva adalah salah satu tools yang dapat kalian gunakan untuk membuat berbagai macam gambar dan konten visual baik untuk website, cover buku, gambar pelengkap presentasi dll. Yang membuat konten kalian semakin menarik tanpa harus memiliki skill design.

Canva memiliki fitur tools yang mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun, saat ini Canva adalah salah satu tools yang paling popular di dunia, tentunya dapat membantu kalian dalam membuat bisnis-bisnis baru, untuk menerapkan sebuah content marketing yang efektif dan efisien. Untuk menggunakan silahkan masuk ke wabsite Canva.
Daftar situs penyedia gambar gratis dan cara mengeditnya agar tidak melanggar hak cipta
Hasil Edit Mengunakan Canva

Kesimpulan


Untuk menggunakan foto atau gambar dari internet secara cuma-cuma alangkah baiknya baca dulu “Terms and condition” di setiap website penyedia foto tersebut dan belajar mengenai lisensi foto digital, agar kalian bisa menghindari resiko pelanggaran hak cipta. 

Jangan sampai suatu saat mengalami sandungan, ada orang lain yang menggugat karena penyalah gunaan foto atau gambar tertentu. Demikian rekomendasi website penyedia gambar gratis dan cara mengedit-nya, agar kalian tidak melakukan pelanggaran hak cipta. 

Apabila ada referensi lain, jangan ragu kalian bisa menambahkanya di kolom komentar, agar teman-teman lain yang membutuhkan gambar atau foto secara gratis bisa terbantu. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

19 Responses to "Teknik Mencari Gambar Gratis di Internet dan Cara Mengeditnya Agar 100% Tidak Melanggar Hak Cipta"

  1. Ilustrasi gambar pada sebuah artikel memang harus diperhatikan agar tidak melanggar hak cipta ya mas... saya seringnya jepret sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hia Gan :)
      Kalau jepret sendiri lebih bagus, jerjamin ke-original-annya, pastinya ngak was-was hehe

      Delete
  2. Wah terimakasih nih infonya, aku cuma berani pake pixabay, ternyata banyak, asiiik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di coba sob :)
      Trims sudah berkunjung :)

      Delete
  3. Mantap kaka share infonya yang sangat membantu ini :D

    ReplyDelete
  4. Saya biasanya ambil gambar kalau gak di Pixabay, ya di Unsplash.
    Kalau untuk vektor memang banyak di Freepik, cuma mereka minta ditambahkan kredit pada vektor gratis. Kalau yang boleh tanpa kreditnya ada di rawpixel.com
    Terima kasih sharingnya, Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saya juga seneng ambil di Pixabay, pilihannya banyak hehe
      Terimakasih Gan sdah ikut sharing & nimrung di mari :)

      Delete
  5. Siang mas... Jumatan ndisekk too.. Sy biasanya pk pixabay.. Tp sekarangbudh jarang" tuh.. Kebanyakan pk flyer maker... Ato ft sendiri kalo nulis ttg jalan"

    ReplyDelete
    Replies
    1. he mbak heni baru nongol =D, area Papua uda duluan mbak juatanya :)
      malah enak foto dewe mbak lebih original ngak mikir macem - macemnya hehe

      Delete
  6. Sekarang saya juga sudah mulai hati-hati meminjam gambar di internet. Jangan sampai melanggar hak cipta karena setiap karya ada pemiliknya. Walaupun tetap menyertakan sumber tetap saja harus selektif gambar mana yang akan di pinjam. Terlebih untuk artikel yang sifatnya komersial

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hia sob mencegah lebih baik dari pada mengobati wkwk
      Lebih amanya jepret sendiri terjamin ke-origina-annya :)

      Delete
  7. Saya juga suka cari gambar di website-website tersebut, tapi paling sering sih di pixabay.... Atau kadang juga pexel kalau di pixabay nggak ada.
    Dulu bingung banget mau cari gambar dimana, untung ada pixabay dan kawan-kawan he...he...😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sering ambil gambar Pixabay pilihanya banyak ...

      Sekarang kita sangat di mudahkan ye Mbak khususnya dalam mencari gambar, bukan mengandalkan google melulu :)

      Trims uda berkunjung :)

      Delete
  8. Ribet ya kalo udh urusan sama klaim meng klaim hehe. Thanks mas info nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sudah sob, padahal foto-foto itu terkadang nyomot di tempat lain wkwk

      Delete
  9. wah begini toh caranya, bisa belajar nich buat gambar postingan blog agar tidak melanggar hak cipta

    ReplyDelete
  10. Kalau saya lebih memilih bikin gambar sendiri untuk menjaga keaslian artikel.

    ReplyDelete

Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini!, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi, bila berkomentar tidak sesuai dengan kebijakan Blogger maka tidak di terbitkan!.
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
4. Happy Blogging 🙂.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel