Cara Mudah Membuat Tabel Agar Postingan Blog Lebih Menarik

Cara Membuat Tabel di Blog

ARDINTORO |dot| COM - Hae Sobat, bagaimna kabarnya hari nie? Pasti baik-baik kan. Di kesempatan kali ini saya akan berbagi dengan Kalian seputar tutorial blogger, apa itu? Yups, sesuai judul di atas yaitu membuat tabel keren di postingan blog dengan sangat mudah.

Membuat tabel bagi seorang blogger adalah sesuatu hal yang wajib dilakukan, apalagi mereka yang biasa posting tentang data-data pasti memerlukan tebel, agar penyajian data lebih rapi dan terlihat Profesional, karena memang dalam menu blogger sendiri nggak di sediakan opsi membuat tabel, itu artinya kita harus membuatnya sendiri dengan kode-kode bahasa pemrograman misalnya HTML, CSS, Java Script dll.

Tapi tenang Sobat untuk membuat tabel di postingan blog nggak perlu coding kok, cukup memanfaatkan aplikasi yang biasa Kalian gunakan untuk ketik-ketik dokumen. Yaitu Microsoft Word, tinggal pengaturannya di sesuaikan untuk websaite atau blog. Bagaimana caranya? yuk di simak baik-baik.

1. Langkah Pertama

Cara Membuat Tabel di Blog
Contoh Tabel

Seperti biasa buat saja tabel di Ms Word, Kalian buat serapi mungkin misalnya dengan merubah warna kolom, menggati jenis huruf pilih sesuai selera dan sesuaikan saja tabelnya dengan lebar blog Kalian agar jadinya serasi. Jenis tabel ini bila di terapkan di blog dengan template yang responsive maka hasilnya akan lebih bagus, ini contoh penerapannya di postingan saya silahkan di klik DISINI.

2. Langkah Kedua

Setelah tabel jadi maka Kalian simpan dengan mengklik di “Office Button”. > seve as > pilih > type web page, filtered (*.html;*.html). Saat menyimpan biasanya muncul dialog “Saving … bla … bala. Do yaou want to seve the document in this format?”, klik aja yes. Kalau binggung lihat gambar dibawah.
 
Cara Membuat Tabel di Blog

3. Langkah Ketiga

Kalian cari file yang sudah di simpan tadi dan coba klik dua kali, maka file tadi akan terbuka ke jendela browser. Setelah terbuka tekan Ctrl+U di keybord, maka akan terlihat kode HTML yang sangat banyak, copy saja sebagian dari <table class … hingga … </table> kalau bingung lihat gambar.
 
Cara Membuat Tabel di Blog
Kode HTML yang Harus di Copy

  4. Langkah Keempat

Kalian pastekan saja di layer dashboard blogger dengan mode HTML bukan compose atur dengan posisi yang Kalian inginkan (Tips: agar hasilnya maksimal Kalian bisa melakukan percobaan dengan membuat postingan baru, Kode HTML yang Kalian buat tadi di tes di postingan baru, kalau sudah oke baru di pindah di postingan aslinya) Jika pekerjaan berhasil maka akan tampak seperti yang Kalian buat sebelumnya di Ms Word. Seperti contoh di bawah ini.
NO
NAMA
HOBY
UMUR
1
Arman Maulana
Sepak bola
18 Tahun
2
Muhammad Darmanto
Menulis
20 Tahun
3
Erwin Susanti
Memasak
23 Tahun
4
Ricky Hakim
Bersepeda
25 Tahun
Ternyata membuat tabel di blog itu mudah ya?. Ya jelas mudah lah hehe, asal di praktekkan dengan benar tahap demi tahap, dan ahirnya kamu sudah bisa membuat tabel di postingan blog hore, berhasil-berhasil. Mungkin sekian ya Sobat tutorial dari saya bila ada yang belum mengerti dan ada yang di tanyakan, bisa tulis di kolom komentar.


29 Ramadhan 1440

5 comments for "Cara Mudah Membuat Tabel Agar Postingan Blog Lebih Menarik"

  1. Baru tahu sy carinya. Tak kirain melulu menggunakan kode HTML. Soale bingung sendiri kalau harus edit HTML. Makasih Gan infonya

    ReplyDelete
  2. Wah iya ternyata mudah ya. Aku sangka sulit banget karena belum pernah coba. Makasih ya udah berbagi ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hia Gan, nggak ada yg sulit, klo mau di coba, trims ya uda berkunjung,

      Delete

Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi. Bila berkomentar nggak sesuai dengan kebijakan Blogger maka nggak di terbitkan!
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
4. Happy Blogging 🙂.